• usaha kriyik jamur



    RENCANA BISINIS


    KRIYIK JAMUR
    USAHA KULINER









    1.                  RINGKASAN EKSEKUTIF                                       
    Salah satu jenis bisnis cemilan yang sedang marak saat ini adalah berjualan jamur crispy. Cemilan ini menggunakan bahan dasar tepung terigu jamur tiram yang juga saat ini bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran karena berkembangnya budidaya jamur ada dimana-mana sehingga kita tidak susah mendapatkannyaa. 

    Rasa dari jamur crispy yang gurih, renyah, serta sehat membuat jenis cemilan ini bisa dengan mudah diterima masayarakat umum. Apalagi dengan tedmark makanan sehat dan bebas kolesterol yang diusung oleh segala jenis masakan berbahan dasar jamur ini membuat permintaan akan jamur crispy ini semakin meningkat.
    Meninjau dari keterangan diatas, saya begitu tertarik membuat usaha membuat jamur crispy ini. Namun, saya ingin ada sebuah inovasi dari produk ini sehingga para konsumen akan merasa tidak bosan. Saya tidak akan membuat inovasi yang bersifat ekstrim. Dari segi bentuk, yang biasanya berbentuk suwiran kecil-kecil, saya ubah menjadi bentuk jamur yang sebenarnya, sehingga rasa dari jamurnya begitu terasa dan para konsumen akan lebih merasa puas. Dari segi rasa juga, saya akan menyajikan jamur crispy ini kedalam beberapa varian rasa dari yang biasanya hanya berupa rasa original saja. Dari pembaharuan tersebut, maka saya akan memberi nama khusus dari produk jamur crispy ini yaitu “KRIYIK JAMUR”.
    Text Box: - [NAMA PERUSAHAAN]   : KRIYIK JAMUR
- [BIDANG USAHA]    : KULINER
- [JENIS PRODUK/JASA]   : MAKANAN
- [PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA] : MENJAJIKAN
- [RENCANA PENGEMBANGAN USAHA] : Membuka Cabang Dipusat Keramaian        Kota Purbalingga Dan Membuka         Pemesanan 
- [PROYEKSI NILAI PENJUALAN]  : Rp. 15.000.000,-
- [KEBUTUHAN DANA]   : Rp. 20.000.000,-
- [RENCANA PENGGUNAAN DANA] : Rp. 15.000.000,-
- [JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN] : 4 kali pengembalian



    2.                 LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
    2.1.            CONTOH DATA PERUSAHAAN
    1.         Nama Perusahaan
    Kriyik Jamur

    2.         Bidang Usaha
    Kuliner

    3.         Jenis Produk / Jasa
    Makanan Ringan

    4.         Alamat Perusahaan
    Jalan Bodaskarangjati, RT 03 RW 04, Kec. Rembang. Kab. Purbalingga 53356

    5.         Nomor Telepon/Fax
    081 -  2524 – 8843

    6.         Alamat E-mail
    kjkj@gmail.com

    7.         Bank Perusahaan
    Bank BNI dan BRI

    8.         Bentuk Badan Hukum
    Perseorangan                                    

    9.         Nomor Akte Pendirian
    -

    10.     N P W P
    -

    11.     Mulai Berdiri
    1 oktober 2016

    2.2.             CONTOH BIODATA PEMILIK
    1.         Nama
    Ardian

    2.         Jabatan
    Pemilik

    3.         Tempat dan Tanggal Lahir
    Purbalingga, 9 Mei 1996

    4.         Alamat Rumah
    Jalan Bodaskarangjati RT 3 RW 4,No 2. Kec. Rembang. Kab. Purbalingga 53356

    5.         Nomor Telepon
    0812 2524 8843

    6.         Nomor Fax
    -

    7.         Alamat E-mail
    ardian@gmail.com

    8.         Pendidikan Terakhir
    SMA

    9.         Pengalaman Kerja
    -

    2.3.             STRUKTUR ORGANISASI













     
























    2.4.             SUSUNAN PEMILIK

    Nama
    Jabatan
    Jumlah Saham
    Nilai
    Persentase
    Ardian
    PEMILIK
    1

    100%

    3.                 ANALISIS PASAR
    3.1.            Produk/Jasa Yang Dihasilkan
    Produk yang berbahan baku jamur disajikan dalam bentuk keripik (gorengan).Usaha kami bergerak dalam bidang pembuatan kriyik jamur, karena jamur tiram bisa kita jumpai dengan mudah, jadi kami sepakat untuk mengolah kriyik jamur sebagai bisnis yang nantinya akan kami jalankan. Kami juga menyediakan kriyik jamur dengan berbagai varian rasa dengan harga yang terjangkau khusus nya untuk kantong Mahasiswa/i.
    Produk Kriyik Jamur ini kami sediakan dalam kemasan ukuran  Kg per bungkus, tetapi bagi konsumen yang ingin membeli dengan ukuran lain dapat disesuaikan sehingga konsumen dapat membeli dalam ukuran timbangan bentuk matang sesuai keinginan. Produk kriyik jamur yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Inilah manfaat inti (core benefit) dari produk kriyik jamur. Jamur (Jamur Tiram) yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Produk Kriyik jamur juga memiliki Potential Benefit (manfaat potensial) seperti menjaga lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan.

    -        mengandung asam amino essensial, protein tinggi (19-35%)
    -        lemak tidak jenuh (unsaturated) yang aman bila dikonsumsi karena tidak menyebabkan timbulnya kolesterol darah
    -        vitamin, mineral dan serat yang cukup tinggi (7,4-27,6%)

    Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan dan bergizi dan disajikan dengan berbagai jenis, di antaranya yaitu :
    1.      Kriyik Jamur rasa balado.
    2.      Kriyik Jamur rasa jagung bakar.
    3.      Kriyik Jamur rasa barbeque.
    4.      Kriyik Jamur rasa pedas.
    5.      Kriyik Jamur rasa manis
    KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
    ” Kriyik Jamur” bukan usaha yang pertama, melainkan usaha follower yang mengikuti usaha sejenis lainnya yang sudah lebih dulu ada. Keunggulan kompetitif produk kami antara lain :
    a.       Bahan baku berkualitas.
    b.      Rasa yang sangat gurih di setiap gigitan.
    c.       Tanpa pengawet dan bahan kimia berbahaya.
    d.      Kesegaran dari jamur sangat terasa.
    e.       Kemasan yang ramah lingkungan.
    f.       Harga yang terjangkau untuk produk ini.
    g.      Terjamin kehalalannya.
    h.      Terjamin kehigienisannya.

    3.2.             GAMBARAN PASAR

    Target pasar yang dituju adalah semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Keberadaan dari penjualan Kriyik Jamur di daerah Kota purbalingga, Kabupaten Purbalingga ini masih belum ada yang bisa membuka usaha ini sampai besar. Sehingga kami melihat peluang untuk membuka uasaha ini agar semakin besar. Disamping itu melihat dari melihat dari letak tempat yang akan didirikan didaerah strategis dan mampu dijangkau oleh masyarakat setempat yang hendak mau berpergian ataupun sekitarnya. Ditambah lagi Kriyik Jamur sangat disukai oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa, selain itu dengan varian rasa yang ada membuat pemasaran dalam pemproduksian makanan ini sangat berkembang dengan baik. Dari segi rasa tersebut disesuaikan dengan pemesanan yang ditawarkan. Jadi, pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat produksi langsung atau dengan menghubungi melalui contac person.



    KEGIATAN PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN
    Personal Selling
    Kegiatan pemasaran ini (promosi) merupakan kegiatan promosi yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya mahal dalam melakukannya. Cukup dengan menggunakan relasi dari kerabat terdekat untuk mempromosikan Kriyik jamur kami ke orang banyak secara personal yaitu mulut ke mulut.
    Bosur
    Untuk menyokong rencana promosi, kami juga membuat brosur yang kami tempelkan di tempat-tempat keramaian dan membagikan secara langsung ke konsumen. Selain itu menyebarkan ke perumahan, sekolah, dan kampus.
    Social Media
    Kami juga melakukan promosi dengan membuat beberapa akun sosial media untuk menambah kedekatan dan untuk mengetahui minat pasar secara berkala melalui pemasaran dengan media sosial.
    Direct Selling
    Menjual langsung Kriyik Jamur ke semua kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan masyarakat sekitar Kota Purbalingga.

    3.3.             TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

    GAMBARAN KARAKTERISIK PEMBELI / PENGGUNA
    Target atau segmen pasar yang kami tuju adalah pusat keramaian sekitar Kota Purbalingga. Dalam hal ini, pusat keramaian termasuk lokasi yang sangat baik untuk mengundang banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli makanan kami. Pembeli atau masyarakt setempat berspekulasi bahwa, jamur yang biasa dijadikan masakan sayur untuk lauk, bisa dimanfaatkan dengan cara lain untuk mendapatkan nilai jual, rasa dan gizi yang lebih. Selain itu melihat dari lokasi kami ini dekat dengan jalan raya, sehingga dapat diakses setiap pengendara yang beristirahat bisa singgah terlebih dahulu ke toko Kriyik jamur kami. Diharapkan dengan strategisnya lokasi Kriyik Jamur dapat menunjang jumlah pelanggan dari masyarakat yang berada dilingkungan sekitarnya.
    Segmen pasar terdiri dari 3 faktor:
    a.       Faktor geografis    : Pusat keramaian sekitar kota Purbalingga
    b.      Fakor Demografis :
    -          Usia                 : Semua usia
    -          Jenis kelamin   : pria dan wanita
    -          Agama             : semua agama
    -          Profesi             : semua profesi
    c.       Faktor kebutuhan
    Area pusat keramaian jarang sekali sepi oleh pengunjung yang datang untuk membeli krispi jamur kami, disamping dengan harga yang dipatok sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan terjangkau pula.



    3.4.             TREND PERKEMBANGAN PASAR

    Text Box: Diperkirakan lajur perkembangan permintaan produk per tahun akan semakin bertambah dikarenakan pada tahun-tahun berikutnya produk kami akan terus dikenal oleh masyarakat, selain itu kami juga akan selalu menjaga cita rasa agar konsumen akan selalu ketagihan dan mengkonsumsi produk kami. Produk kami yang memiliki varian rasa akan kami tambah dengan varian rasa yang lebih banyak lagi. Dalam melihat permintan produk per tahun, misalnya diasumsikan permintaan konsumen per hari 30 porsi, dalam sebulan permintaan konsumen sebanyak 900 porsi   ukuran ½ Kg  ( 30 porsi x 30 hari), sehingga dalam setahun permintaan konsumen sebanyak 9000 porsi ( 900 x 12 bulan ), maka peningkatan permintaan konsumen yang diharapkan tahun berikutnya harus bisa mencapai 10. 800 porsi (30 bungkus/hari x 30 hari x 12 bulan) dan akan terus meningkat setiap tahunnya.PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN











    3.5.             PROYEKSI PENJUALAN








    Text Box: Berdasarkan proyeksi penjualan “Kriyik Jamur” perkiraan dari jumlah permintaan pada Tahun 1 sebanyak  900 porsi perbulan dengan angka pembanding 1, dan akan naik terus setiap tahunnya. Disebabkan karena hadirnya varian rasa dan ukuran yang berbeda dan bervariasi dari Kriyik Jamur sebelumnya, sehingga biasanya dapat menembus pasar makanan dan dapat bersaing dengan produk yang sejenisnya.
    3.6.             STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK

    Brand    : Kriyik Jamur
    Quality  : Tanpa bahan pengawet
    Packing : Pengemas Plastik ( ukuran ½ Kg)
                    Pengemas Kertas
    Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk kripik jamur tiram yang memiliki kualitas terbaik dengan kadar gizi yang tinggi dan aman bagi kesehatan. Dan membuat variasi rasa yang baru agar konsumen tidak merasa bosan dengan rasa dan ukuran yang cenderung sama.

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
    Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kami untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan secara langsung ke konsumen dan tempat produksi. Tempat yang dipilih yaitu daerah kecamatan rembang, karena daerah tersebut merupakan pusat keramaian dengan adanya pasar tradisional, terminal bus, kantor pemerintahan, dan daerah dengan aktifitas masyarakat yang ramai, sehingga tempat tersebut dipilih karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
    Harga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan mebandingkan dengan harga bahan pokok dan produksi:

    No
    Nama Menu
    Ukuran
    Harga
    1.
    Kriyik Jamur
    ½ Kg
    Rp.12.000,-
    2.
    Kriyik Jamur (rasa balado)
    ½ Kg
    Rp.12.000,-
    3.
    Kriyik Jamur
    1 Kg
    Rp.22.000,-
    4.
    Kriyik Jamur
    Ukuran menyesuaikan
    Harga menyesuaikan ukuran 1 Kg

    3.7.             ANALISIS PESAING

    PESAING
    KEUNGGULAN
    KELEMAHAN
    Ayam Goreng
    Lebih Mengenyangkan
    Harga relatif mahal
    Gorengan
    Sama seperti produk yang kami buat
    Tidak ada varian rasa

    3.8.             SALURAN DISTRIBUSI

    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
    a.       Wilayah Pemasaran

    Pusat Keramaian Kota Purbalingga, dan daerah Kecamatan Rembang khususnya

    b.      Alamat Showroom/Counter Penjualan (Milik Perusahaan)

    Jln. Bodaskarangjati, RT 03 RW 04, No 2.  Desa Bodaskarangjati, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga 53356

    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
    a.)    Wilayah Pemasaran

    Seluruh Kota Purbalingga dan Kecamatan Rembang pada khusunya, serta daerah sekitarnya

    b.)   Rencana lokasi / counter penjualan

    1.      Alun-alun kota Purbalingga
    2.      Pasar Segamas Purbalingga
    3.      Pasar Manis Losari & terminal Bus Losari
    4.      Puskesmas Losari sebelah lapangan Desa Losari
    5.      Pasar Kepawon Bantarbarang
    6.      Jln Ahmad Yani, sebelah SMK Muhammadiyah, MAN Purbalingga dan Kantor Kedinasan.
    7.      Jln. Moh. Hatta, Kawasan Pabrik Bulu Mata
    8.      Jln. Kandang Gampang, Kawasan taman kota dan pabrik (pasar lama)
    9.      Jln. Losari 1. Kawasan Sekolah




    4.            ANALISIS PRODUKSI
    4.1.            PROSES PRODUKSI
    PROSES PRODUKSI
    BAHAN BAKU
    TEKNOLOGI
    MESIN
    Pemilihan Bahan Baku
    Jamur tiram mentah
    Tradisional
    keranjang / wadah
    Pencucian Bahan Baku sekaligus pemilihan jamur yang berkualitas buruk seperti dimakan ulat atau busuk
    Jamur tiram mentah
    Tradisional
    Keranjang cuci / wadah, air bersih
    Ditiriskan
    Jamur tiram mentah
    Tradisional
    Keranjang / wadah
    Penyortiran jamur secara tradisional dilakukan agar mendapatkan ukuran yang sama
    Jamur tiram mentah
    Tradisional
    Keranjang/ baskom
    Pembuatan adonan
    Tepung beras , telur dan bumbu
    Modern
    Mixer, wadah / baskom besar
    Pengulenan adonan, jamur tiram yang sudah ditiriskan dicampurkan dengan adonan yang sudah diberi bumbu
    Adonan dan bumbu, jamur tiram
    Tradisional
    (menghindari rusaknya bentuk jamur)
    Wadah / baskom besar
    Penggorengan jamur yang sudah dilumuri dengan adonan dilakukan dengan benar supaya jamur tidak saling menempel satu sama lain
    Adonan, jamur tiram, minyak goreng
    Modern
    Wajan besar, keranjang penirisan, wadah besar / baskom
    Ditiriskan dari minyak goreng
    Jamur yang sudah matang
    Modern
    Mesin pengering minyak
    Penyajian dalam kemasan
    Jamur yang sudah matang dan tidak berminyak
    Tradisional
    Pembungkus plastik
    Penyajian sesuai keinginan konsumen tidak langsung dibungkus
    Jamur yang sudah matang dan tidak berminyak
    Tradisional
    Timbangan, pembungkus plastik, pembungkus kertas

    Gambar Alur Proses Produksi

     

    4.2.             BAHAN BAKU DAN PENGGUNAAN

    Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan bahan baku dan penggunaan untuk pembuatan Kriyik Jamur dengan Ukuran Bahan Jadi 2 Kg, diasumsikan bahan mentah 4 Kg, karena biasanya setelah melalui penggorengan bahan akan menyusut.

    URAIAN BAHAN
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Jamur Tiram Mentah
    4 Kg
    Rp. 30.000,-
    Rp. 120.000,-
    Pasar
    Tepung Beras
    2 Kg
    Rp. 7000,-
    Rp. 14.000,-
    Pasar
    Tepung Terigu
    1 Kg
    Rp. 6.500,-
    Rp. 6.500,-
    Pasar
    Tepung Maizena
    1 Kg
    Rp. 7.000,-
    Rp. 7000,-
    Pasar
    Telur
    5 Kg
    Rp. 20.000,-
    Rp. 100.000,-
    Pasar
    Minyak Goreng
    5 Kg
    Rp. 23.000,-
    Rp. 115.000,-
    Pasar
    Bawang Putih
    1,5 Kg
    Rp. 20.000
    Rp. 30.000,-
    Pasar
    Bawang Merah
    0,5 Kg
    Rp. 30.000,-
    Rp. 15.000,-
    Pasar
    Garam
    1 Pcs
    Rp. 1.500,-
    Rp. 1.500,-
    Pasar
    Gula Pasir
    1 Kg
    Rp. 18.000,-
    Rp. 18.000,-
    Pasar
    Ketumbar
    ¼ Kg
    Rp. 5.000,-
    Rp. 1.250,-
    Pasar
    Merica
    1 Ons
    Rp. 5.000,-
    Rp. 5.000,-
    Pasar
    Bumbu balado
    1 pcs
    Rp. 6.250,-
    Rp. 6. 250,-
    Pasar
    Bumbu Barbeque
    1 Pcs
    Rp. 5.000,-
    Rp. 5.000,-
    Pasar
    Bumbu Jagung bakar
    1 Pcs
    Rp. 3.000,-
    Rp. 3.000,-
    Pasar
    Bumbu pedas
    1 Pcs
    Rp. 3.000,-
    Rp. 3.000,-
    Pasar
    JUMLAH
    Rp. 450.500,-


    URAIAN ALAT
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Kompor gas
    1
    Rp. 400.000,-
    Rp. 400.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Mesin spinner
    1
    Rp. 1.200.000,-
    Rp. 1. 200.000,-
    Toko Peralatan pabrik
    Gas LPG 12 Kg
    1
    Rp. 120.000,-
    Rp. 120. 000,-
    Dealer Resmi
    Nampan
    2
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30.000,-
    Pasar
    Pisau
    2
    Rp. 5.000,-
    Rp. 10.000,-
    Pasar
    Mixer / Blendder
    1
    Rp. 200.000,-
    Rp. 200.000,-
    Toko peralatan masak
    Wajan ukuran 60 cm
    1
    Rp. 98.000,-
    Rp. 98.000,-
    Toko peralatan masak
    Baskom ukuran 58 cm
    2
    Rp. 38.000,-
    Rp. 76.000,-
    Toko peralatan masak

    Timbangan
    1
    Rp. 100.000,-
    Rp. 100.000,-
    Toko peralatan masak
    Pengemas plastik
    1
    Rp. 10.000,-
    Rp. 10. 000,-
    Toko plastik
    Pembungkus kertas
    2
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30. 000,-
    Toko plastik
    JUMLAH
    Rp. 2. 274.000,-


    4.3.             KAPASITAS PRODUKSI
    Fasilitas dan mesin produksi yang dimiliki. Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan untuk kapasitas produksi:

    KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
    900 porsi ukuran ½ Kg

    URAIAN
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    Pengemas Plastik
    10
    Rp. 10.000,-
    Rp. 100.000,-
    Pengemas kertas
    15
    Rp. 15.000,-
    Rp. 225.000,-
    Toples Plastik
    3
    Rp. 4.000,-
    Rp. 12.000,-
    JUMLAH
    Rp. 337.000

    4.4.             RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

    STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
    -          Memiliki mesin penggorengan otomatis yang dapat menggorang dan meniriskan secara otomatis yang berkapasitas >5 Kg, sehingga menghemat biaya produksi di pembelian Gas LPG dan Kompor.
    -          Memiliki karyawan untuk menjual produk secara keliling sehingga tidak hanya dipasarkan disatu tempat saja sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

    RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS MESIN PRODUKSI
    FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    Mesin Spinner
    (mesin penggoreng dan peniris minyak otomatis)
    1
    Rp. 6.000.000
    Rp. 6.000.000
    JUMLAH
    Rp. 6.000.000,-

    Dengan dimilikinya mesin spinner otomatis, diharapkan jumlah permintaan dan kapasitas produksi semakin optimal sehingga mengefisiensikan biaya dan waktu. Sehingga:

    TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN*)
    1.800 porsi ukuran ½ Kg
    *) setelah penambahan fasilitas mesin spinner otomatis



    5.                  ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
    5.1.            ANALISIS KOMPETENSI SDM
    -          Ahli akunting dalam pembukuan dan keuangan
    -          Ahli dalam promosi/penjualan
    -          Ahli dalam mengolah jamur
    -          Ahli dalam menginofasi
    -          Ahli dalam memberikan ide-ide baru

    5.2.            ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
    Jabatan
    Tingkat Pendidikan
    Pengalaman
    Keterampilan Khusus
    Pemasaran
    S1 (Fakultas Ekonomi)
    1 Tahun
    Cakap dan kreatif dalam memasarkan sebuah produk
    Koki
    SMK Tata Boga
    6 Bulan
    Dapat memasak
    Kasir
    SLTA
    6 Bulan
    Dapat menjaga kasir, berhitung, dan pembukuan

    5.3.            RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
    Jabatan
    Jumlah Kebutuhan
    Tenaga Yang Tersedia
    Tenaga Yang Harus Direkrut
    Pemasaran
    1
    Belum tersedia
    1
    Koki
    4
    2
    2
    Kasir
    1
    1
    0

    6.                 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    6.1.            RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    STRATEGI PEMASARAN
    a.       Menyebar brosur tentang produk diwilayah kecamatan Rembang.
    b.      Menawarkan langsung kepada konsumen.
    c.       Memberikan tester bagi konsumen yang penasaran
    d.      Membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Situs, Web, dll.

    STRATEGI PRODUKSI
    a.       Menggunakan perlengkapan yang higienis.
    b.      Proses pengolahan makanan diserahkan kepada ahlinya (koki).
    c.       Menjaga citarasa agar terjaga kenikmataannya.
    d.      Pengemasan menggunakan plastik tebal yang aan dan bukan styrofom sehingga tetap renyah.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
    a.       Pemberian peraturan dan perjanian bekerja oleh peimilik kepada tenaga kerja
    b.      Penjelasan sistem produksi
    c.       Penjelasan sistem pemasaran
    d.      Menjelaskan pembukuan keuangan harian, bulanan, dan tahunan

    STRATEGI KEUANGAN
    a.       Menulis pemasukan harian, bulanan, dan tahunan
    b.      Menulis pengeluaran harian, bulanan, dan tahunan
    c.       Menulis keuntungan harian, bulanan, dan tahunan

    6.2.            TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
    Pada pengembangan usaha kami merencanakan tahap-tahapnya sebagai berikut:
    1.      Melakukan promosi yang secara terus-menerus, upaya ini dilakukan agar produk yang kami tawarkan semakin terkenal dikalangan masyarakat, dengan upaya ini maka masyarakat luas akan semakin mengenal produk kami.
    2.      Menjaga cita rasa kenikmatan resep, bila dari awal penjualan kami sudah bisa menyuguhkan makanan yang unik dan nikmat ke konsumen maka konsumen pasti akan ketagihan untuk membeli produk kami kembali dan pasti konsumen akan men-share pengalaan makan dari produk kami yang memiliki rasa yang nikmat ke orang lain dan mengajak kerabatnya ke toko kami.
    3.      Pelayanan yang ramah, dalam pelayanan yang kami suguhkan ke pelanggan.
    4.      Bila masyarakat sudah percaya dengan produk kami, maka masyaarakat selaku konsumen/ pelanggan pasti akan rajin mampir ke toko Kriyik Jamur. Dengan demikian permintaan akan produk kami pasti menjadi meningkat dan akan menambah keuntungan. Bila keuntungan semakin bertambah maka toko ini dapat menambah peralatan yang lebih canggih untuk memaksimalkan hasil produksi membuka cabang toko Kriyik Jamur.



    7.                 ANALISIS KEUANGAN
    7.1.            RENCANA PERMODALAN
    HARGA PER UNIT
    Ukuran
    Jumlah Harga
    Total
    ½ Kg

    1 Kg
    Rp.12.000,-

    Rp.22.000,-
    Rp.34,000,-

    Harga per unit diasumsikan dalam bentuk ½  Kg dan 1 Kg dengan harga untuk porsi ½ Kg dihargai Rp. 12.000,-, dan untuk porsi 1 Kg dihargai Rp.22.000,-. Sehingga didapatkan total biaya pembuatan Rp. 34.000,-

    Masing masing ukuran disediakan sebanyak 30 porsi sehingga
    30 porsi x (Rp.34.000) = Rp. 1.020.000,-  (pendapatan kotor per hari)

    7.2.            BIAYA PEMBUATAN
    1.      Pembuatan Gerobak                            : Rp. 3.000.000
    2.      Harga jual ( 30 porsi/hari)                   : Rp. 12.000 (1/2 Kg)
      Rp. 22.000 (1 Kg)
    3.      Target penjualan 900 porsi/bulan
    Sehingga didapatkan modal awal
    (Modal Pembuatan Gerobak) + (Modal Bahan baku) + (Modal Alat/mesin)
    Rp.3.000.000 + Rp. 450.500 + Rp. 2.274.000 = Rp. 5.724.500,-

    4.      Biaya per bulan = (modal bahan baku x 26 hari )
      = Rp.450.500 x 26 hari produksi
      = Rp. 11.700.000,-

    7.3.            ANALISIS KEUNTUNGAN
    -          Tempat
    Kami tidak menyewa tempat khususnya untuk lokasi toko karena keseluruhan bangunan sudah milik sendiri sehingga tidak memerlukan biaya sewa. Namun tetap mengeluarkan biaya renofasi dengan estimasi rincian:
    Pengadaan Rak           =          Rp. 3.000.000,-
    Cat tembok                  =          Rp. 500.000,-
    Perbaikan pintu           =          Rp. 2.500.000,-

    -          Waktu berjualan yaitu:
    a.       Khusus untuk toko mulai dari hari senin sampai sabtu.
    b.      Khusus untuk gerobak mulai dari hari senin sampai sabtu dan disaat ada acara-acara daerah yang mengundang keramaian





    -          Penjualan (60 porsi per hari).
    Ukuran ½ Kg              Rp. 12.000,- x 30 porsi = Rp. 360.000,-
    Ukuran 1 Kg               Rp. 22.000,- x 30 porsi = Rp. 660.000,-
    Jumlah total                                                       = Rp. 1.020.000,- (per hari)

    Didapatkan pendapatan kotor per hari sebanyak Rp. 1.020.000,-
    Maka untuk pendapatan kotor perbulan didapatkan
    ( Pendapatan per hari x 26 hari ) = Rp. 1.020.000 x 26 hari
                                                                         = Rp. 26. 520.000,-
    Maka keuntungan / laba kotor per bulan dapat diketahui
    (pendapatan kotor per 26 hari - Biaya produksi per 26 hari)

    = Rp. 26.520.000 - Rp. 11.700.000
    = Rp. 14.820.000,-

    Sehingga didapatkan laba kotor per 26 hari sebanyak Rp. 14.820.000,-

    7.4.            ANALISIS LABA RUGI

    JUMLAH MODAL AWAL                                      =          Rp. 5. 724.500,-


    ESTIMASI KEUNTUNGAN                                 =          Rp. 14. 820.000,-

    ESTIMASI PEMBAYARAN BULAN KE – 1

    a.       Karyawan (Rp.1.000.000,- x 3 orang)           =          Rp. 3.000.000,- / 26 hari
    b.      Listrik dan air                                                  =          Rp. 300.000,-
    c.       Keperluan lain                                                 =          Rp. 100.000,-
    d.      Renofasi (bulan ke – 1)                                   =         Rp. 6.000.000,-







     
    Sehingga didapatkan keuntungan bersih (bulan ke 1) =         Rp. 5. 420.000,-





    8.                  ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

    8.1.            ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
    STRENGTH
    Potensi lain yang dimiliki oleh usaha kriyik jamur ini yaitu penjualan bahan dasar jamur tiram masih jarang ehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan baku produk dapat dengan mudah ditemui karena banyak petani jamur yang membudidayakannya, serta yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai rasaberbeda serta harga yang cukup terjangkau.

    WEAKNESS
    Produknya mudah ditiru dan pelanggan yang tidak tetap dimana setiap tahunnya selalu berganti. Selain itu desain kemasan produk belum terlalu menarik. Kemampuan karyawan yang belum ahli namun berpengalaman.

    OPPORTUNITY
    Selain rasanya yang enak yang mempunyai lima varian rasa yang berbeda-beda dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kriyik jamur. Melihat dari hari-hari besar seperti idul fitri dan hari berlibur karena kriyik jamur ini tidak hanya dijadikan makanan ringan saja tetapi juga bisa untuk lauk.

    TREATH
    Banyaknya saingan yang namanya sudah lebih melambung. Modal yang selalu berubah-ubah pada waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah menyebabkan harga berubah. Perubahan selera konsumen. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.

    8.2.            DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
    Menurut kami dari dampak dari penjualan kriyik jamur itu tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Hanya saja dampaknya terhadap masyarakat sekitar.

    8.3.            ANALISIS RESIKO USAHA
    Pada minggu-minggu pertama penjualan resiko sepinya pelanggan karena produk kriyik jamur ini masih terdengar asing oleh masyarakat seitar Purbalingga. Selain itu maraknya persaingan pada produk-produk yang sejenisnya. Hal ini menjadi resiko yang riskan dalam berwirausaha.

    8.4.            ANTISIPASI RESIKO USAHA
    Untuk menghindari efek rugi karena pada minggu-minggu awal pelanggan kurang mengetahui maka kami akan gencar melakukan promosi tentang produk kami. Dan kami melakukan berbagai promosi yang memungkinkan dengan melakukan diskon/potongan harga guna menarik minat pelanggan agar tidak sepi. Selain itu kami juga memberikan pelayanan terbaik setiap harinya



    LAMPIRAN
    A.    LOKASI
    10
     
    Text Box: UText Box: 9Text Box: 8Text Box: 7Text Box: 6Text Box: 5Text Box: 4Text Box: 1Text Box: 2Text Box: 3

    Keterangan:
    1.      Toko dan tempat produksi “Kriyik Jamur”
    2.      SMP N 1 Rembang
    3.      Teminal Bus
    4.      Ruko A Pasar Manis Losari
    5.      BANK BRI Unit Rembang
    6.      Ruko B Pasar Manis Losari
    7.      Swalayan Ananda
    8.      Puskesmas Kecamatan Rembang
    9.      Swalayan Jatmo
    10.  Masjid
    11.  Dari Arah Purbalingga, Banjarnegara (       )
    12.  Dari Arah Bobotsari, Pemalang (     )

    B.                 Miniatur Rencana Tempat Usaha (Tata Ruang)

    Text Box: Pintu belakangText Box: KasirText Box: Rak Pemajangan produkText Box: Rak Pemajangan produkText Box: Rak Pemajangan produkText Box: Rak Pemajangan produkText Box: GerobakText Box: Pintu depan toko




    C.                FOTO PRODUK

     























  • 0 comments:

    Post a Comment

    Blogger templates

    Popular Posts