RENCANA BISINIS
USAHA KULINER
1.
RINGKASAN EKSEKUTIF
Salah satu jenis bisnis
cemilan yang sedang marak saat ini adalah berjualan jamur crispy. Cemilan
ini menggunakan bahan dasar tepung terigu jamur tiram yang juga saat
ini bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran karena berkembangnya budidaya
jamur ada dimana-mana sehingga kita tidak susah mendapatkannyaa.
Rasa dari jamur
crispy yang gurih, renyah, serta sehat membuat jenis cemilan ini bisa
dengan mudah diterima masayarakat umum. Apalagi
dengan tedmark makanan sehat dan bebas kolesterol yang diusung oleh
segala jenis masakan berbahan dasar jamur ini membuat permintaan akan jamur
crispy ini semakin meningkat.
Meninjau dari keterangan
diatas, saya begitu tertarik membuat usaha membuat jamur crispy ini. Namun,
saya ingin ada sebuah inovasi dari produk ini sehingga para konsumen akan
merasa tidak bosan. Saya tidak akan membuat inovasi yang bersifat ekstrim. Dari
segi bentuk, yang biasanya berbentuk suwiran kecil-kecil, saya ubah menjadi
bentuk jamur yang sebenarnya, sehingga rasa dari jamurnya begitu terasa dan
para konsumen akan lebih merasa puas. Dari segi rasa juga, saya akan menyajikan
jamur crispy ini kedalam beberapa varian rasa dari yang biasanya hanya berupa
rasa original saja. Dari pembaharuan tersebut, maka saya akan memberi nama
khusus dari produk jamur crispy ini yaitu “KRIYIK JAMUR”.
![Text Box: - [NAMA PERUSAHAAN] : KRIYIK JAMUR
- [BIDANG USAHA] : KULINER
- [JENIS PRODUK/JASA] : MAKANAN
- [PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA] : MENJAJIKAN
- [RENCANA PENGEMBANGAN USAHA] : Membuka Cabang Dipusat Keramaian Kota Purbalingga Dan Membuka Pemesanan
- [PROYEKSI NILAI PENJUALAN] : Rp. 15.000.000,-
- [KEBUTUHAN DANA] : Rp. 20.000.000,-
- [RENCANA PENGGUNAAN DANA] : Rp. 15.000.000,-
- [JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN] : 4 kali pengembalian](file:///C:\Users\inullll\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.png)
2.
LATAR
BELAKANG PERUSAHAAN
2.1.
CONTOH DATA
PERUSAHAAN
1.
Nama
Perusahaan
|
Kriyik Jamur
|
2.
Bidang Usaha
|
Kuliner
|
3.
Jenis Produk
/ Jasa
|
Makanan Ringan
|
4.
Alamat
Perusahaan
|
Jalan Bodaskarangjati, RT 03 RW 04,
Kec. Rembang. Kab. Purbalingga 53356
|
5.
Nomor
Telepon/Fax
|
081 - 2524 – 8843
|
6.
Alamat
E-mail
|
kjkj@gmail.com
|
7.
Bank
Perusahaan
|
Bank BNI dan
BRI
|
8.
Bentuk Badan
Hukum
|
Perseorangan
|
9.
Nomor Akte
Pendirian
|
-
|
10. N
P W P
|
-
|
11. Mulai
Berdiri
|
1 oktober 2016
|
2.2.
CONTOH BIODATA
PEMILIK
1.
Nama
|
Ardian
|
2.
Jabatan
|
Pemilik
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Purbalingga,
9 Mei 1996
|
4.
Alamat Rumah
|
Jalan
Bodaskarangjati RT 3 RW 4,No 2. Kec. Rembang. Kab. Purbalingga 53356
|
5.
Nomor Telepon
|
0812
2524 8843
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
ardian@gmail.com
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
9.
Pengalaman Kerja
|
-
|
2.3.
STRUKTUR ORGANISASI
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
2.4.
SUSUNAN PEMILIK
Nama
|
Jabatan
|
Jumlah Saham
|
Nilai
|
Persentase
|
Ardian
|
PEMILIK
|
1
|
100%
|
3.
ANALISIS
PASAR
3.1.
Produk/Jasa
Yang Dihasilkan
Produk yang berbahan baku jamur disajikan dalam
bentuk keripik (gorengan).Usaha kami bergerak dalam bidang pembuatan kriyik
jamur, karena jamur tiram bisa kita jumpai dengan mudah, jadi kami
sepakat untuk mengolah kriyik jamur sebagai bisnis yang nantinya akan kami
jalankan. Kami juga menyediakan kriyik jamur dengan
berbagai varian rasa dengan harga yang terjangkau khusus nya untuk
kantong Mahasiswa/i.
Produk Kriyik
Jamur ini kami sediakan dalam kemasan ukuran
Kg per bungkus, tetapi
bagi konsumen yang ingin membeli dengan ukuran lain dapat disesuaikan sehingga
konsumen dapat membeli dalam ukuran timbangan bentuk matang sesuai keinginan. Produk kriyik jamur yang
ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Inilah
manfaat inti (core benefit) dari produk kriyik jamur. Jamur (Jamur Tiram) yang
diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Produk Kriyik jamur juga
memiliki Potential Benefit (manfaat potensial) seperti menjaga
lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan.

-
mengandung
asam amino essensial, protein tinggi (19-35%)
-
lemak
tidak jenuh (unsaturated) yang aman bila dikonsumsi karena tidak menyebabkan
timbulnya kolesterol darah
-
vitamin,
mineral dan serat yang cukup tinggi (7,4-27,6%)
Jenis
usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan dan bergizi
dan disajikan dengan berbagai jenis, di antaranya yaitu :
1.
Kriyik
Jamur rasa balado.
2.
Kriyik
Jamur rasa jagung bakar.
3.
Kriyik
Jamur rasa barbeque.
4.
Kriyik
Jamur rasa pedas.
5.
Kriyik
Jamur rasa manis
KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
” Kriyik
Jamur” bukan usaha yang pertama, melainkan usaha follower yang
mengikuti usaha sejenis lainnya yang sudah lebih dulu ada. Keunggulan
kompetitif produk kami antara lain :
a.
Bahan
baku berkualitas.
b.
Rasa
yang sangat gurih di setiap gigitan.
c.
Tanpa
pengawet dan bahan kimia berbahaya.
d.
Kesegaran
dari jamur sangat terasa.
e.
Kemasan
yang ramah lingkungan.
f.
Harga
yang terjangkau untuk produk ini.
g.
Terjamin
kehalalannya.
h.
Terjamin
kehigienisannya.
3.2.
GAMBARAN PASAR
Target
pasar yang dituju adalah semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Keberadaan
dari penjualan Kriyik Jamur di daerah Kota purbalingga, Kabupaten Purbalingga
ini masih belum ada yang bisa membuka usaha ini sampai besar. Sehingga kami
melihat peluang untuk membuka uasaha ini agar semakin besar. Disamping itu
melihat dari melihat dari letak tempat yang akan didirikan didaerah strategis
dan mampu dijangkau oleh masyarakat setempat yang hendak mau berpergian ataupun
sekitarnya. Ditambah lagi Kriyik Jamur sangat disukai oleh banyak kalangan dari
anak-anak sampai orang dewasa, selain itu dengan varian rasa yang ada membuat
pemasaran dalam pemproduksian makanan ini sangat berkembang dengan baik. Dari
segi rasa tersebut disesuaikan dengan pemesanan yang ditawarkan. Jadi,
pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat produksi
langsung atau dengan menghubungi melalui contac person.
KEGIATAN
PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN
Personal
Selling
Kegiatan pemasaran ini (promosi)
merupakan kegiatan promosi yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya mahal
dalam melakukannya. Cukup dengan menggunakan relasi dari kerabat terdekat untuk
mempromosikan Kriyik jamur kami ke orang banyak secara personal yaitu mulut ke
mulut.
Bosur
Untuk menyokong rencana promosi, kami
juga membuat brosur yang kami tempelkan di tempat-tempat keramaian dan
membagikan secara langsung ke konsumen. Selain itu menyebarkan ke perumahan,
sekolah, dan kampus.
Social
Media
Kami juga melakukan promosi dengan
membuat beberapa akun sosial media untuk menambah kedekatan dan untuk
mengetahui minat pasar secara berkala melalui pemasaran dengan media sosial.
Direct
Selling
Menjual langsung Kriyik Jamur ke semua
kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan masyarakat sekitar Kota
Purbalingga.
3.3.
TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN
KARAKTERISIK PEMBELI / PENGGUNA
Target
atau segmen pasar yang kami tuju adalah pusat keramaian sekitar Kota
Purbalingga. Dalam hal ini, pusat keramaian termasuk lokasi yang sangat baik
untuk mengundang banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli makanan kami.
Pembeli atau masyarakt setempat berspekulasi bahwa, jamur yang biasa dijadikan
masakan sayur untuk lauk, bisa dimanfaatkan dengan cara lain untuk mendapatkan
nilai jual, rasa dan gizi yang lebih. Selain itu melihat dari lokasi kami ini
dekat dengan jalan raya, sehingga dapat diakses setiap pengendara yang
beristirahat bisa singgah terlebih dahulu ke toko Kriyik jamur kami. Diharapkan
dengan strategisnya lokasi Kriyik Jamur dapat menunjang jumlah pelanggan dari
masyarakat yang berada dilingkungan sekitarnya.
Segmen pasar terdiri dari 3 faktor:
a. Faktor
geografis : Pusat keramaian sekitar
kota Purbalingga
b. Fakor
Demografis :
-
Usia :
Semua usia
-
Jenis kelamin : pria dan wanita
-
Agama : semua agama
-
Profesi : semua profesi
c. Faktor
kebutuhan
Area pusat keramaian jarang sekali sepi
oleh pengunjung yang datang untuk membeli krispi jamur kami, disamping dengan
harga yang dipatok sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan terjangkau
pula.
3.4.
TREND PERKEMBANGAN PASAR

3.5.
PROYEKSI PENJUALAN


3.6.
STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN
PRODUK
Brand :
Kriyik Jamur
Quality :
Tanpa bahan pengawet
Packing : Pengemas Plastik ( ukuran ½ Kg)
Pengemas Kertas
Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita
dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan
merupakan produk kripik jamur tiram yang memiliki kualitas terbaik dengan
kadar gizi yang tinggi dan aman bagi kesehatan. Dan membuat variasi rasa yang
baru agar konsumen tidak merasa bosan dengan rasa dan ukuran yang cenderung
sama.
|
PENGEMBANGAN
WILAYAH PEMASARAN
Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kami
untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan secara
langsung ke konsumen dan tempat produksi. Tempat yang dipilih yaitu daerah
kecamatan rembang, karena daerah tersebut merupakan pusat keramaian dengan
adanya pasar tradisional, terminal bus, kantor pemerintahan, dan daerah
dengan aktifitas masyarakat yang ramai, sehingga tempat tersebut dipilih
karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat
(konsumen).
|
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Harga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan
mebandingkan dengan harga bahan pokok dan produksi:
|
3.7.
ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Ayam Goreng
|
Lebih Mengenyangkan
|
Harga relatif mahal
|
Gorengan
|
Sama seperti produk yang kami buat
|
Tidak ada varian rasa
|
3.8.
SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH
PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
a.
Wilayah Pemasaran
Pusat Keramaian Kota Purbalingga, dan
daerah Kecamatan Rembang khususnya
|
b.
Alamat Showroom/Counter
Penjualan (Milik Perusahaan)
Jln. Bodaskarangjati, RT 03 RW 04, No
2. Desa Bodaskarangjati, Kec. Rembang,
Kab. Purbalingga 53356
|
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG
DIRENCANAKAN
a.)
Wilayah Pemasaran
Seluruh Kota Purbalingga dan Kecamatan
Rembang pada khusunya, serta daerah sekitarnya
|
b.)
Rencana lokasi /
counter penjualan
1.
Alun-alun kota Purbalingga
2.
Pasar Segamas Purbalingga
3.
Pasar Manis Losari & terminal Bus
Losari
4.
Puskesmas Losari sebelah lapangan Desa
Losari
5.
Pasar Kepawon Bantarbarang
6.
Jln Ahmad Yani, sebelah SMK
Muhammadiyah, MAN Purbalingga dan Kantor Kedinasan.
7.
Jln. Moh. Hatta, Kawasan Pabrik Bulu
Mata
8.
Jln. Kandang Gampang, Kawasan taman
kota dan pabrik (pasar lama)
9.
Jln. Losari 1. Kawasan Sekolah
|
4.
ANALISIS
PRODUKSI
4.1.
PROSES
PRODUKSI
PROSES PRODUKSI
|
BAHAN BAKU
|
TEKNOLOGI
|
MESIN
|
Pemilihan Bahan Baku
|
Jamur tiram mentah
|
Tradisional
|
keranjang / wadah
|
Pencucian Bahan Baku sekaligus
pemilihan jamur yang berkualitas buruk seperti dimakan ulat atau busuk
|
Jamur tiram mentah
|
Tradisional
|
Keranjang cuci / wadah, air bersih
|
Ditiriskan
|
Jamur tiram mentah
|
Tradisional
|
Keranjang / wadah
|
Penyortiran jamur secara tradisional dilakukan
agar mendapatkan ukuran yang sama
|
Jamur tiram mentah
|
Tradisional
|
Keranjang/ baskom
|
Pembuatan adonan
|
Tepung beras , telur dan bumbu
|
Modern
|
Mixer, wadah / baskom besar
|
Pengulenan adonan, jamur tiram yang
sudah ditiriskan dicampurkan dengan adonan yang sudah diberi bumbu
|
Adonan dan bumbu, jamur tiram
|
Tradisional
(menghindari
rusaknya bentuk jamur)
|
Wadah / baskom besar
|
Penggorengan jamur yang sudah dilumuri
dengan adonan dilakukan dengan benar supaya jamur tidak saling menempel satu
sama lain
|
Adonan, jamur tiram, minyak goreng
|
Modern
|
Wajan besar, keranjang penirisan,
wadah besar / baskom
|
Ditiriskan dari minyak goreng
|
Jamur yang sudah matang
|
Modern
|
Mesin pengering minyak
|
Penyajian dalam kemasan
|
Jamur yang sudah matang dan tidak
berminyak
|
Tradisional
|
Pembungkus plastik
|
Penyajian sesuai keinginan konsumen
tidak langsung dibungkus
|
Jamur yang sudah matang dan tidak
berminyak
|
Tradisional
|
Timbangan, pembungkus plastik,
pembungkus kertas
|
Gambar
Alur Proses Produksi

4.2.
BAHAN BAKU DAN PENGGUNAAN
Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan
bahan baku dan penggunaan untuk pembuatan Kriyik Jamur dengan Ukuran Bahan Jadi
2 Kg, diasumsikan bahan mentah 4 Kg, karena biasanya setelah melalui
penggorengan bahan akan menyusut.
URAIAN BAHAN
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
SUMBER
|
Jamur Tiram Mentah
|
4 Kg
|
Rp. 30.000,-
|
Rp. 120.000,-
|
Pasar
|
Tepung Beras
|
2 Kg
|
Rp. 7000,-
|
Rp. 14.000,-
|
Pasar
|
Tepung Terigu
|
1 Kg
|
Rp. 6.500,-
|
Rp. 6.500,-
|
Pasar
|
Tepung Maizena
|
1 Kg
|
Rp. 7.000,-
|
Rp. 7000,-
|
Pasar
|
Telur
|
5 Kg
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
Pasar
|
Minyak Goreng
|
5 Kg
|
Rp. 23.000,-
|
Rp. 115.000,-
|
Pasar
|
Bawang Putih
|
1,5 Kg
|
Rp. 20.000
|
Rp. 30.000,-
|
Pasar
|
Bawang Merah
|
0,5 Kg
|
Rp. 30.000,-
|
Rp. 15.000,-
|
Pasar
|
Garam
|
1 Pcs
|
Rp. 1.500,-
|
Rp. 1.500,-
|
Pasar
|
Gula Pasir
|
1 Kg
|
Rp. 18.000,-
|
Rp. 18.000,-
|
Pasar
|
Ketumbar
|
¼ Kg
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 1.250,-
|
Pasar
|
Merica
|
1 Ons
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 5.000,-
|
Pasar
|
Bumbu balado
|
1 pcs
|
Rp. 6.250,-
|
Rp. 6. 250,-
|
Pasar
|
Bumbu Barbeque
|
1 Pcs
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 5.000,-
|
Pasar
|
Bumbu Jagung bakar
|
1 Pcs
|
Rp. 3.000,-
|
Rp. 3.000,-
|
Pasar
|
Bumbu pedas
|
1 Pcs
|
Rp. 3.000,-
|
Rp. 3.000,-
|
Pasar
|
JUMLAH
|
Rp.
450.500,-
|
URAIAN ALAT
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
SUMBER
|
Kompor gas
|
1
|
Rp. 400.000,-
|
Rp. 400.000,-
|
Toko Peralatan Masak
|
Mesin spinner
|
1
|
Rp. 1.200.000,-
|
Rp. 1. 200.000,-
|
Toko Peralatan pabrik
|
Gas LPG 12 Kg
|
1
|
Rp. 120.000,-
|
Rp. 120. 000,-
|
Dealer Resmi
|
Nampan
|
2
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30.000,-
|
Pasar
|
Pisau
|
2
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 10.000,-
|
Pasar
|
Mixer / Blendder
|
1
|
Rp. 200.000,-
|
Rp. 200.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Wajan ukuran 60 cm
|
1
|
Rp. 98.000,-
|
Rp. 98.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Baskom ukuran 58 cm
|
2
|
Rp. 38.000,-
|
Rp. 76.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Timbangan
|
1
|
Rp. 100.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Pengemas plastik
|
1
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 10. 000,-
|
Toko plastik
|
Pembungkus kertas
|
2
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30. 000,-
|
Toko plastik
|
JUMLAH
|
Rp. 2.
274.000,-
|
4.3.
KAPASITAS PRODUKSI
Fasilitas
dan mesin produksi yang dimiliki. Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan untuk
kapasitas produksi:
KAPASITAS
PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
|
900
porsi ukuran ½ Kg
|
URAIAN
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
Pengemas Plastik
|
10
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
Pengemas kertas
|
15
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 225.000,-
|
Toples Plastik
|
3
|
Rp. 4.000,-
|
Rp. 12.000,-
|
JUMLAH
|
Rp.
337.000
|
4.4.
RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN
TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
-
Memiliki mesin penggorengan otomatis
yang dapat menggorang dan meniriskan secara otomatis yang berkapasitas >5
Kg, sehingga menghemat biaya produksi di pembelian Gas LPG dan Kompor.
-
Memiliki karyawan untuk menjual produk
secara keliling sehingga tidak hanya dipasarkan disatu tempat saja sehingga
lebih dikenal oleh masyarakat luas.
|
RENCANA PENAMBAHAN
FASILITAS MESIN PRODUKSI
FASILITAS
DAN MESIN PRODUKSI
|
JUMLAH
|
HARGA
SATUAN
|
JUMLAH
HARGA
|
Mesin Spinner
(mesin penggoreng dan peniris minyak otomatis)
|
1
|
Rp. 6.000.000
|
Rp. 6.000.000
|
JUMLAH
|
Rp.
6.000.000,-
|
Dengan
dimilikinya mesin spinner otomatis, diharapkan jumlah permintaan dan kapasitas produksi
semakin optimal sehingga mengefisiensikan biaya dan waktu. Sehingga:
TARGET
KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN*)
|
1.800
porsi ukuran ½ Kg
|
*)
setelah penambahan fasilitas mesin spinner otomatis
5.
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
(SDM)
5.1.
ANALISIS KOMPETENSI SDM
-
Ahli akunting dalam pembukuan dan
keuangan
-
Ahli dalam promosi/penjualan
-
Ahli dalam mengolah jamur
-
Ahli dalam menginofasi
-
Ahli dalam memberikan ide-ide baru
|
5.2.
ANALISIS KEBUTUHAN DAN
PENGEMBANGAN SDM
Jabatan
|
Tingkat Pendidikan
|
Pengalaman
|
Keterampilan Khusus
|
Pemasaran
|
S1
(Fakultas Ekonomi)
|
1
Tahun
|
Cakap
dan kreatif dalam memasarkan sebuah produk
|
Koki
|
SMK
Tata Boga
|
6
Bulan
|
Dapat
memasak
|
Kasir
|
SLTA
|
6
Bulan
|
Dapat
menjaga kasir, berhitung, dan pembukuan
|
5.3.
RENCANA KEBUTUHAN
PENGEMBANGAN SDM
Jabatan
|
Jumlah Kebutuhan
|
Tenaga Yang Tersedia
|
Tenaga Yang Harus Direkrut
|
Pemasaran
|
1
|
Belum
tersedia
|
1
|
Koki
|
4
|
2
|
2
|
Kasir
|
1
|
1
|
0
|
6.
RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
6.1.
RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI
PEMASARAN
a.
Menyebar brosur tentang produk
diwilayah kecamatan Rembang.
b.
Menawarkan langsung kepada konsumen.
c.
Memberikan tester bagi konsumen yang
penasaran
d.
Membuat akun media sosial seperti
Facebook, Twitter, Situs, Web, dll.
|
STRATEGI
PRODUKSI
a.
Menggunakan perlengkapan yang
higienis.
b.
Proses pengolahan makanan diserahkan
kepada ahlinya (koki).
c.
Menjaga citarasa agar terjaga
kenikmataannya.
d.
Pengemasan menggunakan plastik tebal
yang aan dan bukan styrofom sehingga tetap renyah.
|
STRATEGI
ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
a.
Pemberian peraturan dan perjanian
bekerja oleh peimilik kepada tenaga kerja
b.
Penjelasan sistem produksi
c.
Penjelasan sistem pemasaran
d.
Menjelaskan pembukuan keuangan harian,
bulanan, dan tahunan
|
STRATEGI
KEUANGAN
a.
Menulis pemasukan harian, bulanan, dan
tahunan
b.
Menulis pengeluaran harian, bulanan,
dan tahunan
c.
Menulis keuntungan harian, bulanan,
dan tahunan
|
6.2.
TAHAP-TAHAP
PENGEMBANGAN USAHA
Pada pengembangan usaha
kami merencanakan tahap-tahapnya sebagai berikut:
1. Melakukan
promosi yang secara terus-menerus, upaya ini dilakukan agar produk yang kami
tawarkan semakin terkenal dikalangan masyarakat, dengan upaya ini maka
masyarakat luas akan semakin mengenal produk kami.
2. Menjaga
cita rasa kenikmatan resep, bila dari awal penjualan kami sudah bisa
menyuguhkan makanan yang unik dan nikmat ke konsumen maka konsumen pasti akan
ketagihan untuk membeli produk kami kembali dan pasti konsumen akan men-share pengalaan makan dari produk kami
yang memiliki rasa yang nikmat ke orang lain dan mengajak kerabatnya ke toko
kami.
3. Pelayanan
yang ramah, dalam pelayanan yang kami suguhkan ke pelanggan.
4. Bila
masyarakat sudah percaya dengan produk kami, maka masyaarakat selaku konsumen/
pelanggan pasti akan rajin mampir ke toko Kriyik Jamur. Dengan demikian
permintaan akan produk kami pasti menjadi meningkat dan akan menambah keuntungan.
Bila keuntungan semakin bertambah maka toko ini dapat menambah peralatan yang
lebih canggih untuk memaksimalkan hasil produksi membuka cabang toko Kriyik
Jamur.
7.
ANALISIS
KEUANGAN
7.1.
RENCANA
PERMODALAN
HARGA
PER UNIT
|
Ukuran
|
Jumlah Harga
|
Total
|
½
Kg
1
Kg
|
Rp.12.000,-
Rp.22.000,-
|
Rp.34,000,-
|
Harga per unit diasumsikan dalam
bentuk ½ Kg dan 1 Kg dengan harga
untuk porsi ½ Kg dihargai Rp. 12.000,-, dan untuk porsi 1 Kg dihargai
Rp.22.000,-. Sehingga didapatkan total biaya pembuatan Rp. 34.000,-
Masing masing ukuran disediakan
sebanyak 30 porsi sehingga
30 porsi x (Rp.34.000) = Rp. 1.020.000,- (pendapatan kotor per hari)
|
7.2.
BIAYA
PEMBUATAN
1. Pembuatan
Gerobak : Rp.
3.000.000
2. Harga
jual ( 30 porsi/hari) :
Rp. 12.000 (1/2 Kg)
Rp. 22.000 (1 Kg)
3. Target
penjualan 900 porsi/bulan
Sehingga didapatkan
modal awal
(Modal
Pembuatan Gerobak) + (Modal Bahan baku) + (Modal Alat/mesin)
Rp.3.000.000 + Rp.
450.500 + Rp. 2.274.000 = Rp. 5.724.500,-
4. Biaya
per bulan = (modal bahan baku x 26 hari )
= Rp.450.500 x 26 hari produksi
= Rp. 11.700.000,-
7.3.
ANALISIS
KEUNTUNGAN
-
Tempat
Kami
tidak menyewa tempat khususnya untuk lokasi toko karena keseluruhan bangunan
sudah milik sendiri sehingga tidak memerlukan biaya sewa. Namun tetap
mengeluarkan biaya renofasi dengan estimasi rincian:
Pengadaan
Rak = Rp. 3.000.000,-
Cat
tembok = Rp. 500.000,-
Perbaikan
pintu = Rp. 2.500.000,-
-
Waktu
berjualan yaitu:
a. Khusus
untuk toko mulai dari hari senin sampai sabtu.
b. Khusus
untuk gerobak mulai dari hari senin sampai sabtu dan disaat ada acara-acara
daerah yang mengundang keramaian
-
Penjualan
(60 porsi per hari).
Ukuran
½ Kg Rp. 12.000,- x 30 porsi
= Rp. 360.000,-
Ukuran
1 Kg Rp. 22.000,- x 30 porsi
= Rp. 660.000,-
Jumlah
total = Rp.
1.020.000,- (per hari)
Didapatkan
pendapatan kotor per hari sebanyak Rp. 1.020.000,-
Maka
untuk pendapatan kotor perbulan didapatkan
( Pendapatan per
hari x 26 hari ) = Rp. 1.020.000 x 26 hari
= Rp. 26. 520.000,-
Maka
keuntungan / laba kotor per bulan dapat diketahui
(pendapatan
kotor per 26 hari - Biaya produksi per 26 hari)
= Rp. 26.520.000
- Rp. 11.700.000
= Rp. 14.820.000,-
Sehingga didapatkan laba kotor per 26
hari sebanyak Rp. 14.820.000,-
|
7.4.
ANALISIS
LABA RUGI
JUMLAH
MODAL AWAL = Rp.
5. 724.500,-
ESTIMASI
KEUNTUNGAN = Rp.
14. 820.000,-
ESTIMASI PEMBAYARAN BULAN KE – 1
a.
Karyawan (Rp.1.000.000,- x 3 orang) = Rp. 3.000.000,- / 26 hari
b.
Listrik dan air = Rp.
300.000,-
c.
Keperluan lain = Rp.
100.000,-
d.
Renofasi (bulan ke – 1) = Rp. 6.000.000,-
Sehingga
didapatkan keuntungan bersih (bulan ke 1) = Rp.
5. 420.000,-
|
8.
ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1.
ANALISIS
LINGKUNGAN BISNIS
STRENGTH
Potensi
lain yang dimiliki oleh usaha kriyik jamur ini yaitu penjualan bahan dasar
jamur tiram masih jarang ehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk
menjadi usaha yang cukup besar, bahan baku produk dapat dengan mudah ditemui
karena banyak petani jamur yang membudidayakannya, serta yang terjamin sehat
dan higienis, mempunyai rasaberbeda serta harga yang cukup terjangkau.
WEAKNESS
Produknya
mudah ditiru dan pelanggan yang tidak tetap dimana setiap tahunnya selalu
berganti. Selain itu desain kemasan produk belum terlalu menarik. Kemampuan
karyawan yang belum ahli namun berpengalaman.
OPPORTUNITY
Selain
rasanya yang enak yang mempunyai lima varian rasa yang berbeda-beda dan
harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kriyik
jamur. Melihat dari hari-hari besar seperti idul fitri dan hari berlibur
karena kriyik jamur ini tidak hanya dijadikan makanan ringan saja tetapi juga
bisa untuk lauk.
TREATH
Banyaknya
saingan yang namanya sudah lebih melambung. Modal yang selalu berubah-ubah
pada waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah menyebabkan harga
berubah. Perubahan selera konsumen. Harga bahan pokok sering berubah,
sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.
|
8.2.
DAMPAK
TERHADAP LINGKUNGAN
Menurut kami dari
dampak dari penjualan kriyik jamur itu tidak berdampak buruk terhadap
lingkungan. Hanya saja dampaknya terhadap masyarakat sekitar.
|
8.3.
ANALISIS
RESIKO USAHA
Pada minggu-minggu
pertama penjualan resiko sepinya pelanggan karena produk kriyik jamur ini
masih terdengar asing oleh masyarakat seitar Purbalingga. Selain itu maraknya
persaingan pada produk-produk yang sejenisnya. Hal ini menjadi resiko yang
riskan dalam berwirausaha.
|
8.4.
ANTISIPASI
RESIKO USAHA
Untuk menghindari efek rugi karena
pada minggu-minggu awal pelanggan kurang mengetahui maka kami akan gencar
melakukan promosi tentang produk kami. Dan kami melakukan berbagai promosi
yang memungkinkan dengan melakukan diskon/potongan harga guna menarik minat
pelanggan agar tidak sepi. Selain itu kami juga memberikan pelayanan terbaik
setiap harinya
|
LAMPIRAN
A.
LOKASI
![]() ![]()
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Keterangan:
1. Toko
dan tempat produksi “Kriyik Jamur”
2. SMP
N 1 Rembang
3. Teminal
Bus
4. Ruko
A Pasar Manis Losari
5. BANK
BRI Unit Rembang
6. Ruko
B Pasar Manis Losari
7. Swalayan
Ananda
8. Puskesmas
Kecamatan Rembang
9. Swalayan
Jatmo
10. Masjid
11.
Dari
Arah Purbalingga, Banjarnegara ( )

12.
Dari
Arah Bobotsari, Pemalang ( )

B.
Miniatur
Rencana Tempat Usaha (Tata Ruang)
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
C.
FOTO
PRODUK
0 comments:
Post a Comment