• usaha Lentog dan Teh Hijau


    Lentog dan Teh Hijau
    USAHA KULINER













    1.      RINGKASAN EKSEKUTIF

    Salah satu jenis bisnis makanan berat yang merupakan makanan khas daerah Kudus adalah lentog. Makanan ini menggunakan bahan bakunya lontong dengan nangka muda serta dipadukan bumbu-bumbu lainnya. Bahan bakunya juga tidak sulit ditemukan dan mudah dibuat.
    Lentog ini memliki cita rasa yang sangat khas. Rasa gurih dan renyah dari sayur yang dipadukan dengan tekstur lontong yang padat dan pulen membuat sensai dan cita rasa yang berbeda, serta sehat membuat jenis makanan ini bisa dengan mudah diterima masayarakatumum. Apalagi dengan kandungan nutrisi dan perpaduan dengan teh hijau sehingga makanan ini sehat dan bebas kolesterol dan ini membuat permintaan akan lentog semakin meningkat dan menarik perhatian pelanggan.
    Meninjau dari keterangan diatas, saya begitu tertarik membuat usaha membuat lentog ini. Namun, saya ingin ada sebuah inovasi dari produk ini sehingga para konsumen akan merasa tidak bosan. Saya tidak akan membuat inovasi yang bersifat ekstrim. Dari segi bentuk, yang biasanya irisan lontong lumayan besar saya rubah menjadi lebih kecil agar lebih mudah dinikmati, sehingga rasa dari kuahnya lebih meresap ke lontongnya dan akan lebih begitu terasa dan para konsumen akan lebih merasa puas. Dari segi rasa tetap karena sudah memiliki rasa yang khas dan perlu dipertahankan,. Dari pembaharuan tersebut, maka saya akan memberi nama khusus dari produk lebtog ini yaitu “LENJAU”.
    Text Box: -	[NAMA PERUSAHAAN]			: LENJAU
-	[BIDANG USAHA]				: KULINER
-	[JENIS PRODUK/JASA]			: MAKANAN
-	[PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA]	: MENJANJIKAN
-	[RENCANA PENGEMBANGAN USAHA]	: Membuka Cabang Dipusat Keramaian						  Kota Kudus Dan Membuka Pemesanan 
-	[PROYEKSI NILAI PENJUALAN]		: Rp. 10.000.000,-
-	[KEBUTUHAN DANA]			: Rp. 15.000.000,-
-	[RENCANA PENGGUNAAN DANA]	: Rp. 10.000.000,-
-	[JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN]	: 4 kali pengembalian



    1.                 LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
    1.1.            CONTOH DATA PERUSAHAAN
    1.         Nama Perusahaan
    LENJAU

    2.         Bidang Usaha
    Kuliner

    3.         Jenis Produk / Jasa
    Makanan Berat

    4.         Alamat Perusahaan
    Jalan Pagongan Lor, RT 02 RW 01, Kec. Kota. Kab. Kudus

    5.         Nomor Telepon/Fax
    0857 -  4815 – 7922

    6.         Alamat E-mail
    Dejavu@gmail.com

    7.         Bank Perusahaan
    Bank BNI dan BRI

    8.         Bentuk Badan Hukum
    Perseorangan                                    

    9.         Nomor Akte Pendirian
    -

    10.     N P W P
    -

    11.     Mulai Berdiri
    1 Desember 2016

    1.2.            BIODATA PEMILIK
    1.         Nama
    ARKA

    2.         Jabatan
    Pemilik

    3.         Tempat dan Tanggal Lahir
    Kudus, 22Maret 1997

    4.         Alamat Rumah
    Jalan Pagongan Lor RT 02 RW 01. Kec. Kota. Kab. Kudus

    5.         Nomor Telepon
    0857 4815 7922

    6.         Nomor Fax
    -

    7.         Alamat E-mail
    ARKA22614@gmail.com

    8.         Pendidikan Terakhir
    SMA

    9.         Pengalaman Kerja
    -

    1.3.             STRUKTUR ORGANISASI








     
























    1.4.             SUSUNAN PEMILIK

    Nama
    Jabatan
    Jumlah Saham
    Nilai
    Persentase
    ARKA
    PEMILIK
    1

    100%

    2.                 ANALISIS PASAR
    2.1.            Produk/Jasa Yang Dihasilkan
    Produk yang berbahan baku lontong disajikan dalam bentuk irisan seporsi piring. Usaha kami bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan lentog, karena bahan baku lentog seperti lontong, sayur nangka, bumbu-bumbu, dan opor tahu bisa kita jumpai dengan mudah dan mudah dibuat sendiri pula, jadi kami sepakat untuk mengolah lentog sebagai bisnis yang nantinya akan kami jalankan. Kami jugamenyediakan teh hijau sebagai pendamping makanan lentog ini dengan harga yang terjangkau khusus nya untuk kantong Mahasiswa/i yaitu Rp 7000/porsi untuk lentog dan teh hijau yaitu Rp 2500.
    Produk lentog ini kami sediakan dalam bentuk porsi piring kecil sehingga tidak terlalu susah memakannya. Produk lentog yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen.Inilah manfaat inti (core benefit) dari produk lentog dan teh hijau ini..Lontong yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat.Produk Lentog dan teh hijau juga memiliki Potential Benefit (manfaat potensial) seperti menjaga lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan.

    -        mengandung Energi 180 cal,
    -        Protein 3 g,
    -        Lemak 0,3 g,
    -        Karbohidrat 39,8 g.
    -        lemak tidak jenuh (unsaturated) yang aman bila dikonsumsi karena tidak menyebabkan timbulnya kolesterol darah

    Jenis usaha berupa usaha kios yang menjual makanan berat dan bergizi dan memiliki beberapa menu pendamping di antaranya yaitu :
    1.      Bakwan
    2.      Sate telur
    3.      Krupuk
    4.      Teh hijau dan air mineral
    KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
    ” LENJAU” merupakan usaha yang pertama dan inovatif dan merupakan perpaduan yang baru antara lentog dengan teh hijau . Keunggulan kompetitif produk kami antara lain :
    a.       Bahan baku berkualitas.
    b.      Rasa yang  gurih.
    c.       Tanpa pengawet dan bahan kimia berbahaya.
    d.      Kesegaran dari bahan baku terjamin.
    e.       Harga yang terjangkau untuk produk ini.
    f.       Terjamin kehalalannya.
    g.      Terjamin kehigienisannya.

    2.2.            GAMBARAN PASAR

    Target pasar yang dituju adalah semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Keberadaan dari penjualan LENJAU di daerah Kota Kudus, Kabupaten Kota ini masih belum ada perpaduan antara lentog dengan teh hijau yang memiliki khasiat yang luar biasa. Sehingga kami melihat peluang untuk membuka usaha ini agar semakin besar. Disamping itu melihat dari letak tempat yang akan didirikan didaerah strategis dan mampu dijangkau oleh masyarakat setempat yang hendak mau berpergian ataupun sekitarnya. Ditambah lagi LENJAU sangat disukai oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa, selain itu dengan perpaduan rasa yang ada membuat pemasaran dalam pemproduksian makanan ini sangat berkembang dengan baik. Disini kami juga menyediakan pemesanan dengan jumlah minimal porsi tertentu, jadi, pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat produksi langsung atau dengan menghubungi melalui contac person.



    KEGIATAN PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN
    Personal Selling
    Kegiatan pemasaran ini (promosi) merupakan kegiatan promosi yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya mahal dalam melakukannya. Cukup dengan menggunakan relasi dari kerabat terdekat untuk mempromosikan LENJAU kami ke orang banyak secara personal yaitu mulut ke mulut.
    Brosur
    Untuk menyokong rencana promosi, kami juga membuat brosur yang kami tempelkan di tempat-tempat keramaian dan membagikan secara langsung ke konsumen. Selain itu menyebarkan ke perumahan, sekolah, dan kampus.
    Social Media
    Kami juga melakukan promosi dengan membuat beberapa akun sosial media untuk menambah kedekatan dan untuk mengetahui minat pasar secara berkala melalui pemasaran dengan media sosial.
    Diskon
    Menjual LENJAUdengan memberikan diskon apabila pelanggan membeli lebih dari 5 porsi akan diberikan diskon ke semua pelanggan selama 1 bulan.

    2.3.            TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

    GAMBARAN KARAKTERISIK PEMBELI / PENGGUNA
    Target atau segmen pasar yang kami tuju adalah pusat keramaian sekitar Kota Kudus dan sekolahan dan kampus. Dalam hal ini, pusat keramaian termasuk lokasi yang sangat baik untuk mengundang banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli makanan kami, sedangkan sekolahan dan kampus merupakan lokasi yang sangat baik karena biasanya siswa ataupun mahasiswa bisa sarapan dengan harga yang terjangkau. Selain itu melihat dari lokasi kami ini dekat dengan jalan raya, sehingga dapat diakses setiap pengendara yang beristirahat bisa singgah terlebih dahulu ke kiosLENJAU kami. Diharapkan dengan strategisnya lokasi LENJAU dapat menunjang jumlah pelanggan dari masyarakat yang berada dilingkungan sekitarnya.
    Segmen pasar terdiri dari 3 faktor:
    a.       Faktor geografis    : Pusat keramaian sekitar kota Kudus, sekolahan dan kampus
    b.      Fakor Demografis :
    -          Usia                 : Semua usia
    -          Jenis kelamin   : pria dan wanita
    -          Agama             : semua agama
    -          Profesi             : semua profesi
    c.       Faktor kebutuhan
    Area pusat keramaian jarang sekali sepi oleh pengunjung yang datang untuk membeli LENJAU kami, disamping dengan harga yang dipatok sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan terjangkau pula.



    2.4.            TREND PERKEMBANGAN PASAR

    Text Box: Diperkirakan lajur perkembangan permintaan produk per tahun akan semakin bertambah dikarenakan pada tahun-tahun berikutnya produk kami akan terus dikenal oleh masyarakat karena memiliki sesuatu hal yang baru, selain itu kami juga akan selalu menjaga cita rasa agar konsumen akan selalu ketagihan dan mengkonsumsi produk kami. Produk kami yang memiliki rasa yang sangat khas dan sudah terkenal dari dulu akan kami tambah dengan sesuatu hal yang baru. Dalam melihat permintan produk per tahun, misalnya diasumsikan permintaan konsumen per hari 30 porsi, dalam sebulan permintaan konsumen sebanyak 900 porsi ( 30 porsi x 30 hari), sehingga dalam setahun permintaan konsumen sebanyak 10.800 porsi ( 900 x 12 bulan ), maka peningkatan permintaan konsumen yang diharapkan tahun berikutnya harus bisa mencapai 10. 800 porsi (30 bungkus/hari x 30 hari x 12 bulan) dan akan terus meningkat setiap tahunnya.PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN











    2.5.            PROYEKSI PENJUALAN








    Text Box: Berdasarkan proyeksi penjualan “LENJAU” perkiraan dari jumlah permintaan pada Tahun 1 sebanyak  900 porsi perbulan dengan angka pembanding 1, dan akan naik terus setiap tahunnya. Disebabkan karena hadirnya perpaduan rasa yang baru, sehingga biasanya dapat menembus pasar makanan dan dapat bersaing dengan produk yang sejenisnya yang belum berubah atau tetap sama.
    2.6.            STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK

    Brand    : LENJAU
    Quality  : Tanpa bahan pengawet
    Packing : Pengemas Plastik buat kuahnya ( ukuran ½ Kg)
    Pengemas Kertas
    Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk LENJAU yang memiliki inovasi dan aman bagi kesehatan..

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
    Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kami untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan secara langsung ke konsumen dan tempat produksi. Tempat yang dipilih yaitu daerah kecamatan kota, karena daerah tersebut merupakan pusat keramaian dengan adanya alun-alun simpang 7 dan masjid agung Kudus, kantor pemerintahan, dan daerah dengan aktifitas masyarakat yang ramai, sehingga tempat tersebut dipilih karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
    Harga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan mebandingkan dengan harga bahan pokok dan produksi:

    No
    Nama Menu
    Porsi
    Harga
    1.
    Lentog
    1
    Rp.7.000,-
    2.
    Teh hijau
    1
    Rp. 2.500,-
    3.
    Bakwan
    1
    Rp. 500,-
    4.
    Sate telur
    1
    Rp. 2.000,-
    5.
    Krupuk
    1
    Rp. 500,-
    6.
    Sosro
    1
    Rp. 2.500,-
    7.
    Teh hangat
    1
    Rp. 2.500,-
    8.
    Air mineral 600 ml
    1
    Rp. 3.000,-
    9.
    Air mineral gelas
    1
    Rp. 500,-

    2.7.            ANALISIS PESAING

    PESAING
    KEUNGGULAN
    KELEMAHAN
    Bubur ayam
    Lebih Mengenyangkan
    Harga relatif mahal
    Gado-gado
    Lebih Mengenyangkan
    Harga relatif mahal

    2.8.            SALURAN DISTRIBUSI

    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
    a.       Wilayah Pemasaran

    Pusat Keramaian Kota Kudus, dan daerah Kecamatan Kota khususnya

    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
    a.)    Wilayah Pemasaran

    Seluruh Kota Kudus dan Kecamatan Kotapada khusunya, daerah sekolahan dan kampus, serta daerah sekitarnya

    b.)   Rencana lokasi / counter penjualan

    1.      Alun-alun kota Kudus
    2.      Pasar KliwonKudus
    3.      Pasar Anyar& terminal Bus Kudus
    4.      Pasar Jember
    5.      Jln Taman Siswa, sebelah SMK Taman Siswa, MAN 1 Kudus dan Kantor Kedinasan.
    6.      Jln. Pramuka No 41, sebelah SMA 1 Kudus
    7.      Jln. Getas Pejaten, Kawasan sekolah
    8.      Jln. Kyai Sya’roni . Kawasan Sekolah dan Pondok Pesantren




    3.            ANALISIS PRODUKSI
    3.1.            PROSES PRODUKSI
    PROSES PRODUKSI
    BAHAN BAKU
    TEKNOLOGI
    MESIN
    Pembuatan Bahan Baku
    Lontong, terdiri dari :
    Daun pisang
    Beras
    Lidi
    Daun pandan

    Sayur nangka, seperti :
    Nangka muda
    Santan
    Daun salam
    lengkuas

    Bumbu halus, seperti :
    Garam
    Kemiri
    Bawang putih
    Bawang merah

    Opor  tahu, seperti :
    Daun salam
    Daun jeruk
    Serai
    Lengkuas
    Tahu berkulit
    Santan

    Bumbu halus opor tahu, seperti :
    Lada
    Jinten
    Ketumbar
    Garam
    Minyak goreng
    Jahe
    Bawang putih
    Kemiri
    Bawang merah

    Bakwan, terdiri dari :
    Tepung terigu
    Wortel
    Jagung manis pupil
    Daun bawang
    Telur
    Air
    Minyak goreng
    Cabe merah
    Bawang merah
    Bawang putih
    Garam

    Sate telur terdiri dari :
    Telur puyuh
    Gula merah
    Kecap manis
    Air
    Tusuk sate
    Bawang merah
    Ketumbar
    Garam
    Daun salam
    Lengkuas

    Krupuk

    Teh hijau terdiri dari:
    Teh hijau
    Gula
    Air
    Tradisional
    Penggorengan
    Pencampuran bahan-bahan
    Sayur nangka dengan bumbu halus
    Opor tahu dengan bumbu opor tahu
    tradisional
    Penggorengan
    Penataan bahan baku
    Lontong
    Sayur nangka
    Opor tahu
    tradisional
    Nampan
    Peletakan bahan baku dan menu lainyya
    Lontong
    Sayur nangka
    Opor tahu
    Bakwan
    Sate telur
    Krupuk
    Teh hijau dan air mineral

    tradisional
    Meja





    Gambar Alur Proses Produksi



    BAHAN BAKU DAN PENGGUNAAN



    Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan bahan baku dan penggunaan untuk pembuatan LENJAU dengan Ukuran Bahan ( lontong ) Jadi 5 Kg, diasumsikan bahan mentah 6 Kg, karena biasanya setelah melalui penggorengan bahan akan menyusut.

    URAIAN BAHAN
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Beras
    6 Kg
    Rp.10.000,-
    Rp.60.000,-
    Pasar
    Daun pisang
    5 ikat
    Rp.5000,-
    Rp.25.000,-
    Pasar
    Daun pandan
    5 ikat
    Rp.3000,-
    Rp 15.000,-
    Pasar
    Lidi
    1 ikat
    Rp.2000,-
    Rp.2000,-
    Pasar
    Sayur Nangka
    3 Kg
    Rp. 9.000,-
    Rp.27.000,-
    Pasar
    Santan
    10 liter
    Rp. 5.000,-
    Rp.50.000,-
    Pasar
    Daun salam
    5 ikat
    Rp. 3.000
    Rp.15.000,-
    Pasar
    Lengkuas
    5 batang
    Rp. 2.000,-
    Rp.10.000,-
    Pasar
    Garam
    1 Pcs
    Rp. 1.500,-
    Rp. 1.500,-
    Pasar
    kemiri
    1 Ons
    Rp. 2.000,-
    Rp. 2.000,-
    Pasar
    Bawang putih
    2 Kg
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30.000,-
    Pasar
    Bawang merah
    2Kg
    Rp. 10.000,-
    Rp. 20.000,-
    Pasar
    Daun jeruk
    5 ikat
    Rp.2000,-
    Rp. 10.000,-
    Pasar
    Serai
    5 ikat
    Rp. 1.000,-
    Rp. 5.000,-
    Pasar
    Tahu berkulit
    1 ember
    Rp. 30.000,-
    Rp. 30.000,-
    Pasar
    Lada
    1 Ons
    Rp. 4.000,-
    Rp. 4.000,-
    Pasar
    Tepung terigu
    2 Kg
    Rp. 7500,-
    Rp. 15.000,-
    Pasar
    Wortel
    1 Kg
    Rp. 5000,-
    Rp. 5.000,-
    Pasar
    Jagung manis pupil
    1 Kg
    Rp. 12.000,-
    Rp. 12.000,-
    Pasar
    Daun bawang
    5 ikat
    Rp. 2.000,-
    Rp. 2.000,-
    Pasar
    Telur
    1 kg
    Rp. 20.000,-
    Rp. 20.000,-
    Pasar
    Minyak goreng
    5 liter
    Rp. 10.000,-
    Rp. 50.000,-
    Pasar
    Cabe merah
    1 kg
    Rp. 25.000,-
    Rp. 25,.000,-
    Pasar
    Telur puyuh
    500 g
    Rp. 7.000,-
    Rp. 7.000,-
    Pasar
    Tusuk sate
    5 ikat
    Rp. 1.000,-
    Rp. 5.000,-
    Pasar
    Teh hijau
    3 pack
    Rp. 5.000,-
    Rp. 15.000,-
    Pasar
    JUMLAH
    Rp. 306.500,-


    URAIAN ALAT
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Kompor gas
    1
    Rp. 300.000,-
    Rp. 300.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Spatula
    1
    Rp. 12.000,-
    Rp. 12.000,-
    Toko Peralatan masak
    Piring
    50
    Rp. 4.000
    Rp. 200.000
    Toko peralatan masak
    Gas LPG 12 Kg
    1
    Rp. 110.000,-
    Rp. 110. 000,-
    Dealer Resmi
    Nampan
    2
    Rp. 10.000,-
    Rp. 20.000,-
    Pasar
    Pisau
    2
    Rp. 5.000,-
    Rp. 10.000,-
    Pasar
    Panci
    2
    Rp. 30.000,-
    Rp. 60.000,-
    Toko peralatan masak
    Wajan ukuran 60 cm
    1
    Rp. 98.000,-
    Rp. 98.000,-
    Toko peralatan masak
    Pengemas plastik
    2
    Rp. 7.000,-
    Rp. 14. 000,-
    Toko plastik
    Pembungkus nasi
    2
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30. 000,-
    Toko plastik
    JUMLAH
    Rp. 854.000,-



    a.                   KAPASITAS PRODUKSI
    Fasilitas dan mesin produksi yang dimiliki. Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan untuk kapasitas produksi:

    b.                   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

    STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
    -          Memiliki karyawan untuk membuka cabang baru sehingga tidak hanya dipasarkan disatu tempat saja sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

    RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS MESIN PRODUKSI
    FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    -
    -
    -
    -
    JUMLAH
    -


    2.                  ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
    a.                   ANALISIS KOMPETENSI SDM
    -          Ahli akunting dalam pembukuan dan keuangan
    -          Ahli dalam promosi/penjualan
    -          Ahli dalam mengolah lentog
    -          Ahli dalam menginovasi
    -          Ahli dalam memberikan ide-ide baru

    b.                  ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
    Jabatan
    Tingkat Pendidikan
    Pengalaman
    Keterampilan Khusus
    Pemasaran
    S1 (Fakultas Ekonomi)
    1 Tahun
    Cakap dan kreatif dalam memasarkan sebuah produk
    Koki
    SMK Tata Boga
    1Tahun
    Dapat memasak





    c.                   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
    Jabatan
    Jumlah Kebutuhan
    Tenaga Yang Tersedia
    Tenaga Yang Harus Direkrut
    Pemasaran
    2
    2
    0
    Koki
    2
    2
    0








    3.                 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    a.                  RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    STRATEGI PEMASARAN
    a.       Menyebar brosur tentang produk diwilayah kecamatan Kota Kudus.
    b.      Menawarkan langsung kepada konsumen.
    c.       Memberikan tester bagi konsumen yang penasaran
    d.      Membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Situs, Web, dll.

    STRATEGI PRODUKSI
    a.       Menggunakan perlengkapan yang higienis.
    b.      Proses pengolahan makanan diserahkan kepada ahlinya (koki).
    c.       Menjaga citarasa agar terjaga kenikmataannya.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
    a.       Pemberian peraturan dan perjanian bekerja oleh peimilik kepada tenaga kerja
    b.      Penjelasan sistem produksi
    c.       Penjelasan sistem pemasaran
    d.      Menjelaskan pembukuan keuangan harian, bulanan, dan tahunan

    STRATEGI KEUANGAN
    a.       Menulis pemasukan harian, bulanan, dan tahunan
    b.      Menulis pengeluaran harian, bulanan, dan tahunan
    c.       Menulis keuntungan harian, bulanan, dan tahunan

    b.                  TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
    Pada pengembangan usaha kami merencanakan tahap-tahapnya sebagai berikut:
    1.      Melakukan promosi yang secara terus-menerus, upaya ini dilakukan agar produk yang kami tawarkan semakin terkenal dikalangan masyarakat, dengan upaya ini maka masyarakat luas akan semakin mengenal produk kami.
    2.      Menjaga cita rasa kenikmatan resep, bila dari awal penjualan kami sudah bisa menyuguhkan makanan yang unik dan nikmat ke konsumen maka konsumen pasti akan ketagihan untuk membeli produk kami kembali dan pasti konsumen akan men-share pengalaan makan dari produk kami yang memiliki rasa yang nikmat ke orang lain dan mengajak kerabatnya ke toko kami.
    3.      Pelayanan yang ramah, dalam pelayanan yang kami suguhkan ke pelanggan.
    4.      Bila masyarakat sudah percaya dengan produk kami, maka masyaarakat selaku konsumen/ pelanggan pasti akan rajin mampir ke kiosLENJAU. Dengan demikian permintaan akan produk kami pasti menjadi meningkat dan akan menambah keuntungan. Bila keuntungan semakin bertambah maka kios ini dapat membuka cabang agar tersebar ke masyarakat lebih cepat.

    ANALISIS KEUANGAN
    c.                   RENCANA PERMODALAN
    HARGA PER UNIT
    Ukuran
    Jumlah Harga
    Total
    1 porsi lentog

    30 porsi @Rp.7.000
    Rp. 210.000,-

    1 botol aneka minuman, seperti :
    Teh hijau
    Sosro
    Teh hangat
    Air mineral 600 ml
    Air mineral gelas
    100 buah(teh hijau, sosro dan teh hangat) @Rp. 2500
    30 buah air mineral 600 ml @Rp. 3.000
    30 buah air mineral gelas @Rp. 500
    Rp. 250.000,-
    Rp. 90.000,-
    Rp. 15.000,-

    Aneka jajanan, seperti :
    Bakwan
    Sate telur
    Krupuk
    25 bakwan @Rp. 500,-
    30 sate telur @Rp. 2.000,-
    25 krupuk @Rp. 500,-
    Rp. 85.000


    d.                  BIAYA PEMBUATAN
    1.      Gerobak panggul                                 : Rp. 2,000,000
    2.      Harga jual ( 30 porsi/hari)                   : Rp. 7.000,-
    3.      Target penjualan 900 porsi/bulan
    Sehingga didapatkan modal awal
    (Gerobak panggul) +(Modal Bahan baku) + (Modal Alat/mesin)
    Rp.2.000.000 + Rp. 306.500 + Rp. 854.000 = Rp. 3.160.500,-

    4.      Biaya per bulan = (modal bahan baku x 26 hari )
      = Rp.306.500 x 26 hari produksi
      = Rp. 7.969.000,-

    e.                   ANALISIS KEUNTUNGAN
    -          Tempat
    Kami tidak menyewa tempat khususnya untuk lokasi toko karena keseluruhan bangunan sudah milik sendiri sehingga tidak memerlukan biaya sewa. Namun tetap mengeluarkan biaya renovasi dengan estimasi rincian:
    Cat tembok                                                      =          Rp. 500.000,-
    Pengadaan 1 meja dan 1 kursi panjang           =          Rp. 1.000.000,-

    -          Waktu berjualan yaitu:
    a.       Di kios mulai dari hari senin sampai ahad, kecuali hari jumat libur.
    b.      Membuka jasa pesan antar

    -          Penjualan(30 porsi per hari).
    1 porsi  lentog                          30 @Rp. 7.000,-                     = Rp. 210.000,-
    1 buah minuman( teh hijau,
     sosro dan teh hangat )                        100 @Rp. 2.500,-                   = Rp. 250.000,-
    1 buah air mineral 600 ml        30 @Rp. 3.000,-                     = Rp. 90.000,-
    1 buah air mineral gelas           30 @Rp. 500,-                                    = Rp. 15.000,-
    Aneka jajanan                          25 bakwan @Rp. 500,-           = Rp. 12.500,-
    30 telur @Rp. 2.000,-             = Rp. 60.000,-
    25 krupuk @Rp. 500,-                        = Rp. 12.500,-
    Jumlah total                                                                             = Rp. 560.000,- (per hari)

    Didapatkan pendapatan kotor per hari sebanyak Rp. 560.000,-
    Maka untuk pendapatan kotor perbulan didapatkan
    ( Pendapatan per hari x 26 hari ) = Rp. 560.000 x 26 hari
                                                                         = Rp. 14.560.000,-


    Maka keuntungan / laba kotorper bulan dapat diketahui
    (pendapatan kotor per 26 hari - Biaya produksi per 26 hari)

    = Rp. 14.560.000 - Rp. 7.969.000
    = Rp. 6.591.000,-

    Sehingga didapatkan laba kotor per 26 hari sebanyak Rp. 6.591.000,-

    f.                   ANALISIS LABA RUGI

    JUMLAH MODAL AWAL                                      =          Rp. 3.160.500,-


    ESTIMASI KEUNTUNGAN                      =          Rp. 6.591.000,-
    ESTIMASI PEMBAYARANBULAN KE – 1

    a.       Listrik dan air                                      =          Rp. 150.000,-
    b.      Gerobak panggul                                 =         Rp. 2.000.000,-
    c.       Alat atau mesin                                   =          Rp.   854.000,-
    d.      Renofasi=Rp. 1.500.000,-







     
    Sehingga didapatkan keuntungan bersih (bulan ke 1) =Rp. 2.087.000,-





    ESTIMASI KEUNTUNGAN                      =          Rp. 6.591.000,-
    ESTIMASI PEMBAYARAN
    BULAN KE – 2 DAN SETERUSNYA

    a.       Listrik dan air                                     =           Rp.    150.000,-
    b.      Biaya perawatan dan kebersihan        =           Rp.    200.000,-








     
    Sehingga didapatkan keuntungan bersih
     (bulan ke – 2 dan seterusnya )                       =           Rp. 6.241.000,-


    4.                  ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

    a.                  ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
    STRENGTH
    Potensi lain yang dimiliki oleh usaha lentog dan teh hijau ini yaitu penjualan bahan dasar lentog dan teh hijau masih jarang ehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan baku produk dapat dengan mudah ditemui dan mudah dibuat sendiri

    WEAKNESS
    Produknya sekilas tidak berbeda dengan yang lainnya, melainkan ada tambahan pada teh hijau yang menyehatkan.

    OPPORTUNITY
    Selain rasanya yang enak yang mempunyai inovasi baru dan harganya yang ekonomis dan banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan LENJAU ini. Melihat dari hari-hari besar seperti idul fitri dan hari berlibur karena LENJAU dipesan buat acara-acara seperti acara keluarga, dll.

    TREATH
    Banyaknya saingan yang namanya sudah lebih melambung. Modal yang selalu berubah-ubah pada waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah menyebabkan harga berubah. Perubahan selera konsumen. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.

    b.                  DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
    Menurut kami dampak dari penjualan LENJAU ini tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.

    c.                   ANALISIS RESIKO USAHA
    Pada minggu-minggu pertama penjualan resiko sepinya pelanggan karena produk LENJAU ini masih terdengar asing oleh masyarakat sekitar Kudus. Selain itu maraknya persaingan pada produk-produk yang sejenisnya. Hal ini menjadi resiko yang riskan dalam berwirausaha.


    d.                  ANTISIPASI RESIKO USAHA
    Untuk menghindari efek rugi karena pada minggu-minggu awal pelanggan kurang mengetahui maka kami akan gencar melakukan promosi tentang produk kami. Dan kami melakukan berbagai promosi yang memungkinkan dengan melakukan diskon/potongan harga guna menarik minat pelanggan agar tidak sepi. Selain itu kami juga memberikan pelayanan terbaik setiap harinya

    LAMPIRAN
    A.    LOKASI
    Text Box: 4Text Box: 1Text Box: UText Box: 6Text Box: 5Text Box: 2Text Box: 3

    Keterangan:
    1.      Kios dan rumah produksi “LENJAU”
    2.      SD Unggulan Muslimat
    3.      Ruko A ( jualan pakaian )
    4.      BANK BRI Unit Rembang
    5.      Puskesmas Kecamatan Kota Kudus
    6.      Mini Market
    7.      Dari Arah Pasar Kliwon (     )
    8.      Kearah Semarang (     )

    B.                 Miniatur Rencana Tempat Usaha (Tata Ruang)

    Text Box: Pintu depan kiosText Box: Meja makanText Box: Meja makanText Box: Meja makanText Box: Gerobak




    C.                FOTO PRODUK
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Blogger templates

    Popular Posts