( Goreng Singkong Lumer Coklat dan
Keju )
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Seiring
dengan perkembangan zaman sat ini, makanan Nusantara yang menjadi ciri khas
bangsa Indonesia semakin tersingkirkan secara perlahan oleh makanan-makanan
cepat saji ( Fastfood )mancanegara
yang semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dampak ini sangat
berpengaruh dalam pelestarian budaya Indonesia khususnya makanan Nusantara yang
menjadi ciri khas bangsa kita. Jika hal
ini dibiarkan maka akan berdampak pada pelestarian makanan Nusantara yang
menjadi ciri khas budaya di Indonesia, yang dianggap semakin ketinggalan zaman.
Oleh sebab itu, harus ada tindakan untuk mencegah dampak yang ditimbulkan oleh
masuknya makanan-makanan cepat saji yang semakin populer di masyarakat kita.
Saat
ini kecenderungan mengonsumsi makanan modern menjadi trend bagi masyarakat
Indonesia, makanan-makanan cepat saji menjadi banyak di gemari, terutama oleh
masyarakat muda.Sehubungan dengan masalah tersebut, usaha saya sebagai tindakan
untuk melestarikan makanan khas Nusantara agar tetap di gemari oleh masyarakat
Indonesia khususnya di daerah Gunung Pati, maka dibutuhkan inovasi dan
kreatifitas dalam berwirausaha sekaligus melestarikan makanan khas Nusantara.
Kreatifitas dituntut dalam pengolahan makanan-makanan yang akan dijual dengan
diiringi modernisasi di banyak hal, tetapi kita dapat mempertahankan makanan
lokal dengan adanya sedikit penyesuaian terhadap modernisasi. Sehingga dalam
hal ini, saya menciptakan suatu olahan makanan dari singkong yaitu “ Goreng
Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju” menjadi inovasi saya dalam berwirausaha
sekaligus melestarikan makanan khas Nusantara.
Goreng Singkong Lumer
Saus Coklat dan Keju adalah produk makanan yang memiliki komposisi yang baik
untuk kesehatan tubuh yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti
perkembangan zaman.Keunggulan bahan utama dari pembuatan produk ini yaitu harga
singkong yang relatif murah juga dapat menjadi potensi dalam pengembangan
kegiatan pengolahan menjadi produk yang banyak variasinya, mudah di dapat,
serta sangat baik untuk kesehatan.Topping
coklat dan keju sangat di gemari oleh kalangan anak muda.
B. Penjelasan
Produk
Cara membuat produk makanan dari singkong ini sangat
mudah dan sederhana. Singkong hanya di goreng seperti biasa terlebih dahulu.
Namun, dalam produk makanan olahan singkong goreng ini berbeda dari singkong
goreng pada umumnya. Dalam produk singkong goreng ini, setelah singkong di
goreng kemudian diberi susu putih dan
coklat, serta diatasnya ditaburi topping coklat dan keju parut yang lumer di
mulut.
C. Visi
dan Misi Bisnis
Visi
bisnis saya adalah “ Menjadikan Goreng Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju
sebagai makanan khas Nusantara yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin
mengikuti perkembangan zaman sebagai pilihan pertama cemilan lokal masyarakat
Indonesia, khususnya kalangan anak muda.”
Sedangkan misi dari bisnis saya yaitu:
1. Menyediakan
produk makanan yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.
2.
Terus
menerus melakukan inovasi tanpa mengubah ciri khas produk tersebut.
3. Menjadikan
karyawan dan konsumen sebagai keluarga dengan cara memberikan pelayanan terbaik
kepada konsumen dan pembekalan keterampilan (skill), keuletan. dan pengetahuan
kepada karyawan dengan terus memperhatikan kesejahteraannya.
D. Tujuan
Tujuan dari usaha
ini yaitu antara lain:
1. Menerapkan
kemampuan berwirausaha.
2. Mendapatkan
keuntungan.
3. Membuat
inovasi olahan makanan dari singkong yang telah dimodifikasi se-kreatif mungkin
mengikuti perkembangan zaman berupa goreng singkong lumer saus
coklat dan keju bagi kalangan masyarakat, khususnya
kalangan anak muda.
E. Potensi
Bisnis
Produk
kami ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena produk yang kami
produksi ini merupakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.Selain itu,
mayoritas masyarakat hanya mengetahui goreng singkong yang biasa-biasa saja
tanpa ada variasi tambahan yang unik seperti topping coklat dan keju.Banyak
kalangan anak muda, khususnya mahasiswa di Unnes yang menyukai topping coklat
dan keju parut, oleh sebab itu saya menggabungkan olahan singkong goreng
tersebut dengan ditaburi topping coklat dan keju, sehingga kami tidak terlalu
mengalami kesulitan dalam mencari target pasar yang dituju.
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
A. Analisis
Bauran Pemasaran
1.
Product
Produk
yang di produksi dari usaha ini yaitu berupa goreng sngkong yang ditujukan
untuk kalangan masyarakat di Gunung Pati, khususnya kalangan mahasiswa.Produk dari olahan singkong ini kami beri nama “ GO-KONG
Lumer Coklat dan Keju”. Produk singkong goreng kami tidak jauh berbeda dengan
singkong goreng biasanya, Namun dalam membuat goreng singkong ini nantinya
diberi topping tambahan yang disukai oleh kalangan anak muda. Sehingga
goreng singkong ini, diberi susu putih dan coklat diatasnya, serta taburan
topping coklat.Agar konsumen tidak berpaling ke produk lain, maka sebisa
mungkin kami menjaga kualitas cita rasa makanan yang akan ditawarkan kepada
konsumen. Karena dalam menjalankan bisnis makanan, selain harga yang murah dan
terjangkau, cita rasa produk makanan juga menjadi kunci yang utama.
2.
Price
Penentuan harga jual dilakukan dengan
cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain. Harga yang kami
tetapkan untuk produk goreng singkong ini pun cukup terjangkau bagi semua
kalangan, khususnya mahasiswa. Adapun rencana harga jual dari produk makanan “
Goreng Singkong Lumer Coklat dan Keju ini adalah Rp5000/pcs
3.
Place
Produk ini akan di
pasarkan di Kota Semarang dan daerah sekitarnya. Hal ini dikarenakan tempat
produksi dari produk kami berlokasi di Kota Semarang dann tempat ini tidak jauh
dari sumber bahan baku. Usaha ini berlokasi di depan SD Sekaran 1, Gunung Pati ,
karena lokasi tersebut merupakan jalan yang akses banyak dilalui orang atau
jalur padat. Letaknya strategis yang lebih dekat dengan lingkungan masyarakat,
yaitu mahasiswa, kampus, ruko-ruko, serta kos-kos disekitarnya. Kawasan ini
tergolong ramai setiap harinya, karena berada di tepi jalan raya dan dilewati
angkutan umum.
4.
Promotion
Mempromosikan
secara personal kepada kerabat terdekat, dengan menunjukkan berbagai keunggulan
produk, seperti kualitas makanan, kualitas pelayanan, packaging yang menarik,
harga yang murah dan promo-promo event tertentu..Menggunakan pengemasan yang menarik dengan desain khusus
dan detail sehingga lebih menarik pembeli. Kemasan akan menggunakan bahan dasar
mika. Kami juga membuka stand pada berbagai event kampus. Tujuan utamanya
adalah dengan mengenalkan produk ke berbagai kalangan.Dalam usaha “GO-KONG
Lumer Coklat dan Keju tersebut melakukan penyebaran pamflet, banner, brosur,
dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini. Promosi juga dilakukan
dengan mengikuti tren dengan cara mempromosikannya di Instagram dan juga sering
memberi bonus (free) kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, untuk menarik
konsumen, kami memberikan pelayanan yang baik dengan tanggap pada setiap
permintaan pelanggan dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Kami juga mau
menerima masukan-masukan dari para pelanggan. Untuk menarik konsumen, disamping
pelayanan yang baik juga kualitas makanan yang terjaga.
B. Strategi
Pemasaran
Kami
menawarkan jenis olahan singkong goreng dengan topping coklat dan keju.Dalam
melakukan pengolahan kami cukup selektif terhadap kualitas singkong.Pengolahan
yang dilakukan juga terjamin baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kami
menawarkan produk makanan ringan “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” yang dibuat
secara tradisional, namun dikombinasikan dengan modifikasi modern.
Mempromosikan
secara personal kepada kerabat terdekat, dengan menunjukkan berbagai keunggulan
produk, seperti kualitas makanan, kualitas pelayanan, packaging yang menarik,
harga yang murah dan promo-promo event tertentu..Menggunakan pengemasan yang menarik dengan desain khusus
dan detail sehingga lebih menarik pembeli. Kemasan akan menggunakan bahan dasar
mika. Kami juga membuka stand pada berbagai event kampus. Tujuan utamanya
adalah dengan mengenalkan produk ke berbagai kalangan.Dalam usaha “GO-KONG
Lumer Coklat dan Keju tersebut melakukan penyebaran pamflet, banner, brosur,
dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini. Promosi juga dilakukan
dengan mengikuti tren dengan cara mempromosikannya di Instagram dan juga sering
memberi bonus (free) kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, untuk menarik
konsumen, kami memberikan pelayanan yang baik dengan tanggap pada setiap
permintaan pelanggan dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Kami juga mau
menerima masukan-masukan dari para pelanggan. Untuk menarik konsumen, disamping
pelayanan yang baik juga kualitas makanan yang terjaga.
C. Target
atau Segmen Pasar Yang Dituju
Sasaran
yang dituju dalam produk “GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” ini yaitu bagi semua
kalangan masyarakat, yaitu sebuah warung multi-user
yang tidak memperlihatkan strata sosial, dari yang berpenghasilan kecil maupun
besar, baik pelajar, kalangan mahasiswa, dan warga sekitar. Namun ditafsirkan
pelanggan yang sering datang adalah dari kalangan mahasiswa
D. Proyeksi
Penjualan
Target penjualan awal
dalam usaha ini selama satu bulan yaitu sebanyak 300/pcs. Namun, seiring
berkembangnya usaha goreng singkong lumer coklat dan keju ini, target penjualan
per- bulannya pun akan kemungkinan bisa berubah. Target penjualan ini berdasakan
pertimbangan beberapa faktor, yaitu:
1. Kapasistas
Produksi
Jumlah “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju”
yang diproduksi selama satu bulan yaitu sebanyak 1500 buah.
2. Pesaing
Pesaingnya adalah pedagang piscok dan
martabak manis yang memang telah ada. Untuk mengantisipasi persaingan, “
GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” akan selalu menjaga kualitas makanan dari segi
rassa, inovasi, dan kebersihannya serta memberikan fasiliats pendukung
3. Program
Pemasaran
Program pemasaran yang kita terapkan
yaitu dengan menawarkan secara langsung kepada masyarakat, dan memberikan bonus
bagi yang membeli produk kami.Dengan
cara ini, diharapkan dapat menarik minat konsumen dengan lebih mudah.
E.
Saluran Distribusi
Menggunakan sistem pemesanan untuk jumlah
yang banyak bagi mereka yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah untuk di
jual kembali ( reseller ).
ANALISIS
PRODUKSI
A. Deskripsi
Produk
GO-KONG Lumer Coklat dan Keju merupakan
makanan olahan dari singkong yang di goreng, makanan tradisional yang
dimodifikasi dengan mengikuti perkembangan zaman, seperti pemberian topping
diatasnya.
Dari hasil observasi yang kami lakukan,
banyak kalangan muda khususnya para mahasiswa menyukai topping coklat dan keju,
sehingga kami memilih coklat dan keju sebagai topping untuk singkong goreng.
B. Proses
Produksi
Cara pembuatan produk makanan goreng
singkong ini, yaitu:
1. Kupas
singkong terlebih dahulu
2. Kemudian
cuci besih singkong yang telah dikupas
3. Setelah
itu potong singkong menjadi bagian yang sedang
4. Lalu
rebus singkong tersebut
5. Setelah
singkong matang, goreng singkong tersebut
6.
Kalau
warnanya sudah kecoklatan, berarti menandakan singkong tersebut telah matang
7. Angkat,
dan tiriskan
8. Kemudian
letakkan singkong goreng di mika yang sudah di desain semenarik mungkin
9. Setelah
itu beri susu coklat dan putih diatas singkong goreng tersebut
10. Lalu
tambahkan topping coklat dan keju parus diatas singkog goreng tersebut.
C. Bahan
Baku dan Bahan Pendukung
Bahan baku yang digunakan dalam pembuuatan
GO-KONG Lumer coklat dan keju ini antara lain:
1. Singkong
2. Susu
Coklat
3. Susu
Putih
4. Keju
5. Minyak
Goreng
6. Mika
Alat yang digunakan dalam membuat GO-KONG Lumer
Coklat dan Keju ini antara lain:
a. Pisau
b. Kompor
c. Baskom
d. Wajan
e. Talenan
f. Serok
g. Parut
keju
h. Stepler
i.
Serbet
j.
Gerobak
k. Ember
l.
Tabung gas
m. Panci
n. Lampu
o. Kursi
p. Meja
q. Sound
box
r.
Tabung gas
s.
Regulator dan selang
ANALISIS MANAJEMEN DAN ORGANISASI
A. Identitas
Usaha
“ GO_KONG Lumer Coklat dan Keju” merupakan jenis usaha kecil yang dilaksanakan
atau dijalan oleh 1 orang dan dibantu oleh karyawan dipekerjakan melalui proses
rekruitmen.
B. Legalitas
Karena
usaha “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” ini berbentuk usaha kecil, maka tidak
ada unsur legalitas yang diperlukan
untuk menjamin unsur usaha ini. Akan tetapi, sebaiknya perlu adanya
permintaan ijin lokasi.
C. Pengorganisasian
Pengorganisasian dalam
usaha ini cukup sederhana karena termasuk usaha kecil, sehingga tidak perlu
srtuktur organisasi yang kompleks.Struktur
manajemen yaitu menggunakan struktur organisasi sedehana dan seorang karyawan.
1. Pimpinan
a. Mewakili
nama perusahaan dalam lingkup profesionalisme
b. Mengawasi
jalannya kegiatan dalam perusahaan
c. Dalam
keadaan tertentu dapat membantu karyawan melakukan tugasnya
d. Melakukan
promosi
e. Memberhentikan
karyawan
f. Mengambil
keputusan bagi perusahaan
2. Pemasaran
a. Menjual
produk
b. Memilih
bahan baku yang baik untuk produksi
c. Membeli
bahan baku
3. Keuangan
a. Menerima
dan menyimpan uang
b. Membuat
laporan keuangan
c. Memanajemen
keuangan
4. Produksi
a. Memberikan
persetujuan terhadap pemasukan bahan baku
b. Membuat
produk
c.
Membuat
laporan mengenai bahan yang kurang atau sudah habis
d. Meningkatkan
efektifitas dan efisiensi produk
e.
Pemantauan
dan pengawasan lingkungan dan kebersihan tempat produksi
D. PerencanaanKegiatan/PenjadwalanKegiatan
NO
|
JenisKegiatan
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Januari
|
Februari
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Observasi
|
||||||||||||||||||||||||
2.
|
Penyusunan proposal
|
||||||||||||||||||||||||
3.
|
Ujicoba
|
||||||||||||||||||||||||
4.
|
Penyetingantempat
|
||||||||||||||||||||||||
5.
|
Membeliperalatan
|
||||||||||||||||||||||||
6.
|
Merekrutkaryawan
|
||||||||||||||||||||||||
7.
|
Proses penjualan
|
ANALISIS
SUMBER DAYA MANUSIA
A.
Kualitas Tenaga Kerja
Agar usaha ini dapat berjalan dengan
lancar dan mencapai tujuannya maka diperlukan SDM yang berkualitas.
Karyawan
:
1. Pendidikan
minimal SMA
2. Usia
17-23 tahun
3. Rajin
dan Pekerja Keras
4. Disiplin
5. Jujur
B.
Kompensasi
Gaji pokok karyawan Rp500.000
C.
Pemberhentian Karyawan
Pemutusan hubungan kerja dapat
terjadi oleh berbagai sebab, antara lain karenan keputusan perusahaan yang didasarkan
atas alasan tertentu, keinginan karyawan, meninggal dunia, dan lain sebagainya.
ANALISIS
KEUANGAN
A.
Biaya
Variabel ( Variable Cost )per-Produksi
No.
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
( Rp )
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1.
|
Singkong
|
150
kg
|
5.000
|
750.000
|
2.
|
Susu
Putih
|
60
kaleng
|
9.300
|
558.000
|
3.
|
Susu
Coklat
|
60
kaleng
|
9.300
|
558.000
|
4.
|
Coklat
Bubuk
|
3
pak
|
50.000
|
150.000
|
5.
|
Keju
|
90
buah
|
5000
|
450.000
|
6.
|
Minyak
Goreng
|
60
liter
|
12.500
|
750.000
|
7.
|
Mika
|
3
pacs
|
10.000
|
30.000
|
Total
|
3.246.000
|
B.
Biaya Tetap (Fixed Cost)
No
|
Nama Peralatan
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total
|
1.
|
Kompor
|
1
unit
|
250.000
|
250.000
|
2.
|
Tabung
gas
|
1
unit
|
150.000
|
150.000
|
3.
|
Regulator
dan selang
|
1
unit
|
65.000
|
65.000
|
4.
|
Panci
|
2
buah
|
70.000
|
70.000
|
5.
|
Irus
|
2
buah
|
15.000
|
15.000
|
6.
|
Pisau
|
2
buah
|
10.000
|
10.000
|
7.
|
Talenan
|
I
buah
|
10.000
|
10.000
|
8.
|
Baskom
|
2
buah
|
10.000
|
20.000
|
9.
|
Ember
|
3
buah
|
25.000
|
75.000
|
10.
|
Stepler
|
1
buah
|
8.000
|
8.000
|
11.
|
Lampu
|
2
buah
|
45.000
|
90.000
|
12.
|
Kursi
|
6
buah
|
50.000
|
300.000
|
13.
|
Meja
|
1
buah
|
150.000
|
150.000
|
14.
|
Parut
Keju
|
1
buah
|
4.000
|
4.000
|
15.
|
Sound
Box
|
1
unit
|
150.000
|
150.000
|
16.
|
Gerobak
|
1
unit
|
4.000.000
|
4.000.000
|
17.
|
Serbet
|
2
buah
|
5.000
|
10.000
|
18.
|
Wajan
|
1
buah
|
30.000
|
30.000
|
Total
|
5.407.500
|
C.
Biaya Total
Biaya
Total = Variable cost +
Fixed cost
= Rp 3.246.000
+ Rp 5.407.000
= Rp 8.653.000
D.
Biaya dan Harga Per Unit
1.
Biaya
tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah
Rp
5.407.000: 30 kali = Rp180.000,00
2. Total
biaya produksi yang dikeluarkan per produksi adalah
Rp 180.000 + Rp 3.246.000 = Rp 3.426.000
3. Biaya
per unit adalah total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang
dihasilkan per-bulan
Rp3.426.000 : 1.500 buah = Rp 2.284
4. Harga
jual per- buah = Rp 5.000,00
E.
Modal Awal
Modal
awal = Total biaya tetap + Biaya
Variable untuk 1 kali produksi
= Rp 5.407.000 + Rp 3.246.000
= Rp 8.653.000
F.
Analisis Titik Impas (BEP)
1. BEP
harga =
Total biaya produksi 1 kali produksi : produksi
=
Rp 3.426.000 : 1.500 buah
=
Rp 2.284
2. BEP
produksi = Total biaya produksi
untuk 1 kali produksi : harga/unit
=
Rp 3.426.000 : Rp5000
= 685
Jadi, untuk mencapai titik impas maka
GO-KONG yang harus terjual adalah 685 buah dengan harga per buah adalah Rp5000
G.
Analisis Keuntungan
1. Pendapatan = GO-KONG yang terjual x harga jual
= 1500 x Rp5000
=
Rp 7.500.000
2. Total
biaya produksi 1 kali produksi =
Rp Rp 3.426.000
3. Keuntungan = Pendapatan – Total Biaya Produksi
= Rp 7.500.000 - Rp Rp 3.426.000
= Rp 4.074.000
H.
Pengembalian Modal
Total
biaya produksi : laba usaha
=
Rp 8.653.000 : Rp 4.074.000
I.
Laporan Laba Rugi
Pendapatan
Rp 4.074.000
Beban-beban :
Beban
gaji Rp.500.000
Beban
listrik Rp100.000
Beban
air Rp100.000
Beban
lain-lain Rp200.000 +
![]() |

Rp3.174.000,00
PENUTUP
A. Simpulan
Goreng Singkong Lumer
Saus Coklat dan Keju adalah produk makanan yang memiliki komposisi yang baik
untuk kesehatan tubuh yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti
perkembangan zaman.Keunggulan bahan utama dari pembuatan produk ini yaitu harga
singkong yang relatif murah juga dapat menjadi potensi dalam pengembangan
kegiatan pengolahan menjadi produk yang banyak variasinya, mudah di dapat,
serta sangat baik untuk kesehatan.Topping
coklat dan keju sangat di gemari oleh kalangan anak muda.
B. Saran
Produk yang kami produksi ini merupaka
sebuah produk baru, jadi diperlukan inovasi-inovasi baru untuk menyempurnakan
produk kami buat ini.Dengan memperbaiki kualitas produk ini, diharapkan mampu
mempertahankan konsumen lama dan dapat menarik para konsumen baru untuk membeli
GO-KONG Lumer Coklat dan Keju ini.
0 comments:
Post a Comment