• bisnis GO-KONG Lumer Laju


    ( Goreng Singkong Lumer Coklat dan Keju )






     



    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
                Seiring dengan perkembangan zaman sat ini, makanan Nusantara yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia semakin tersingkirkan secara perlahan oleh makanan-makanan cepat saji ( Fastfood )mancanegara yang semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dampak ini sangat berpengaruh dalam pelestarian budaya Indonesia khususnya makanan Nusantara yang menjadi ciri khas bangsa kita.  Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak pada pelestarian makanan Nusantara yang menjadi ciri khas budaya di Indonesia, yang dianggap semakin ketinggalan zaman. Oleh sebab itu, harus ada tindakan untuk mencegah dampak yang ditimbulkan oleh masuknya makanan-makanan cepat saji yang semakin populer di masyarakat kita.
                Saat ini kecenderungan mengonsumsi makanan modern menjadi trend bagi masyarakat Indonesia, makanan-makanan cepat saji menjadi banyak di gemari, terutama oleh masyarakat muda.Sehubungan dengan masalah tersebut, usaha saya sebagai tindakan untuk melestarikan makanan khas Nusantara agar tetap di gemari oleh masyarakat Indonesia khususnya di daerah Gunung Pati, maka dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam berwirausaha sekaligus melestarikan makanan khas Nusantara. Kreatifitas dituntut dalam pengolahan makanan-makanan yang akan dijual dengan diiringi modernisasi di banyak hal, tetapi kita dapat mempertahankan makanan lokal dengan adanya sedikit penyesuaian terhadap modernisasi. Sehingga dalam hal ini, saya menciptakan suatu olahan makanan dari singkong yaitu “ Goreng Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju” menjadi inovasi saya dalam berwirausaha sekaligus melestarikan makanan khas Nusantara.
    Goreng Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju adalah produk makanan yang memiliki komposisi yang baik untuk kesehatan tubuh yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti perkembangan zaman.Keunggulan bahan utama dari pembuatan produk ini yaitu harga singkong yang relatif murah juga dapat menjadi potensi dalam pengembangan kegiatan pengolahan menjadi produk yang banyak variasinya, mudah di dapat, serta sangat baik untuk kesehatan.Topping coklat dan keju sangat di gemari oleh kalangan anak muda.
    B.     Penjelasan Produk
                Cara membuat produk makanan dari singkong ini sangat mudah dan sederhana. Singkong hanya di goreng seperti biasa terlebih dahulu. Namun, dalam produk makanan olahan singkong goreng ini berbeda dari singkong goreng pada umumnya. Dalam produk singkong goreng ini, setelah singkong di goreng  kemudian diberi susu putih dan coklat, serta diatasnya ditaburi topping coklat dan keju parut yang lumer di mulut.
    C.     Visi dan Misi Bisnis
                Visi bisnis saya adalah “ Menjadikan Goreng Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju sebagai makanan khas Nusantara yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti perkembangan zaman sebagai pilihan pertama cemilan lokal masyarakat Indonesia, khususnya kalangan anak muda.”
                Sedangkan misi dari bisnis saya yaitu:
    1.      Menyediakan produk makanan yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.
    2.      Terus menerus melakukan inovasi tanpa mengubah ciri khas produk tersebut.
    3.      Menjadikan karyawan dan konsumen sebagai keluarga dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan pembekalan keterampilan (skill), keuletan. dan pengetahuan kepada karyawan dengan terus memperhatikan kesejahteraannya.
    D.    Tujuan
     Tujuan dari usaha ini yaitu antara lain:
    1.      Menerapkan kemampuan berwirausaha.
    2.      Mendapatkan keuntungan.
    3.      Membuat inovasi olahan makanan dari singkong yang telah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti perkembangan zaman berupa goreng singkong lumer saus
    coklat dan keju bagi kalangan masyarakat, khususnya kalangan anak muda.
    E.     Potensi Bisnis
                Produk kami ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena produk yang kami produksi ini merupakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.Selain itu, mayoritas masyarakat hanya mengetahui goreng singkong yang biasa-biasa saja tanpa ada variasi tambahan yang unik seperti topping coklat dan keju.Banyak kalangan anak muda, khususnya mahasiswa di Unnes yang menyukai topping coklat dan keju parut, oleh sebab itu saya menggabungkan olahan singkong goreng tersebut dengan ditaburi topping coklat dan keju, sehingga kami tidak terlalu mengalami kesulitan dalam mencari target pasar yang dituju.

    ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

    A.    Analisis Bauran Pemasaran
    1.      Product
           Produk yang di produksi dari usaha ini yaitu berupa goreng sngkong yang ditujukan untuk kalangan masyarakat di Gunung Pati, khususnya kalangan mahasiswa.Produk dari olahan singkong ini kami beri nama “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju”. Produk singkong goreng kami tidak jauh berbeda dengan singkong goreng biasanya, Namun dalam membuat goreng singkong ini nantinya diberi topping tambahan yang disukai oleh kalangan anak muda. Sehingga goreng singkong ini, diberi susu putih dan coklat diatasnya, serta taburan topping coklat.Agar konsumen tidak berpaling ke produk lain, maka sebisa mungkin kami menjaga kualitas cita rasa makanan yang akan ditawarkan kepada konsumen. Karena dalam menjalankan bisnis makanan, selain harga yang murah dan terjangkau, cita rasa produk makanan juga menjadi kunci yang utama.
    2.      Price
           Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain. Harga yang kami tetapkan untuk produk goreng singkong ini pun cukup terjangkau bagi semua kalangan, khususnya mahasiswa. Adapun rencana harga jual dari produk makanan “ Goreng Singkong Lumer Coklat dan Keju ini adalah Rp5000/pcs
    3.      Place
    Produk ini akan di pasarkan di Kota Semarang dan daerah sekitarnya. Hal ini dikarenakan tempat produksi dari produk kami berlokasi di Kota Semarang dann tempat ini tidak jauh dari sumber bahan baku. Usaha ini berlokasi di depan SD Sekaran 1, Gunung Pati , karena lokasi tersebut merupakan jalan yang akses banyak dilalui orang atau jalur padat. Letaknya strategis yang lebih dekat dengan lingkungan masyarakat, yaitu mahasiswa, kampus, ruko-ruko, serta kos-kos disekitarnya. Kawasan ini tergolong ramai setiap harinya, karena berada di tepi jalan raya dan dilewati angkutan umum.

    4.      Promotion
           Mempromosikan secara personal kepada kerabat terdekat, dengan menunjukkan berbagai keunggulan produk, seperti kualitas makanan, kualitas pelayanan, packaging yang menarik, harga yang murah dan promo-promo event tertentu..Menggunakan pengemasan yang menarik dengan desain khusus dan detail sehingga lebih menarik pembeli. Kemasan akan menggunakan bahan dasar mika. Kami juga membuka stand pada berbagai event kampus. Tujuan utamanya adalah dengan mengenalkan produk ke berbagai kalangan.Dalam usaha “GO-KONG Lumer Coklat dan Keju tersebut melakukan penyebaran pamflet, banner, brosur, dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini. Promosi juga dilakukan dengan mengikuti tren dengan cara mempromosikannya di Instagram dan juga sering memberi bonus (free) kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, untuk menarik konsumen, kami memberikan pelayanan yang baik dengan tanggap pada setiap permintaan pelanggan dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Kami juga mau menerima masukan-masukan dari para pelanggan. Untuk menarik konsumen, disamping pelayanan yang baik juga kualitas makanan yang terjaga.
    B.     Strategi Pemasaran
                Kami menawarkan jenis olahan singkong goreng dengan topping coklat dan keju.Dalam melakukan pengolahan kami cukup selektif terhadap kualitas singkong.Pengolahan yang dilakukan juga terjamin baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kami menawarkan produk makanan ringan “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” yang dibuat secara tradisional, namun dikombinasikan dengan modifikasi modern.
                Mempromosikan secara personal kepada kerabat terdekat, dengan menunjukkan berbagai keunggulan produk, seperti kualitas makanan, kualitas pelayanan, packaging yang menarik, harga yang murah dan promo-promo event tertentu..Menggunakan pengemasan yang menarik dengan desain khusus dan detail sehingga lebih menarik pembeli. Kemasan akan menggunakan bahan dasar mika. Kami juga membuka stand pada berbagai event kampus. Tujuan utamanya adalah dengan mengenalkan produk ke berbagai kalangan.Dalam usaha “GO-KONG Lumer Coklat dan Keju tersebut melakukan penyebaran pamflet, banner, brosur, dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini. Promosi juga dilakukan dengan mengikuti tren dengan cara mempromosikannya di Instagram dan juga sering memberi bonus (free) kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, untuk menarik konsumen, kami memberikan pelayanan yang baik dengan tanggap pada setiap permintaan pelanggan dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Kami juga mau menerima masukan-masukan dari para pelanggan. Untuk menarik konsumen, disamping pelayanan yang baik juga kualitas makanan yang terjaga.
    C.     Target atau Segmen Pasar Yang Dituju
                Sasaran yang dituju dalam produk “GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” ini yaitu bagi semua kalangan masyarakat, yaitu sebuah warung multi-user yang tidak memperlihatkan strata sosial, dari yang berpenghasilan kecil maupun besar, baik pelajar, kalangan mahasiswa, dan warga sekitar. Namun ditafsirkan pelanggan yang sering datang adalah dari kalangan mahasiswa
    D.    Proyeksi Penjualan
    Target penjualan awal dalam usaha ini selama satu bulan yaitu sebanyak 300/pcs. Namun, seiring berkembangnya usaha goreng singkong lumer coklat dan keju ini, target penjualan per- bulannya pun akan kemungkinan bisa berubah. Target penjualan ini berdasakan pertimbangan beberapa faktor, yaitu:
    1.      Kapasistas Produksi
             Jumlah “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” yang diproduksi selama satu bulan yaitu sebanyak 1500 buah.
    2.      Pesaing
             Pesaingnya adalah pedagang piscok dan martabak manis yang memang telah ada. Untuk mengantisipasi persaingan, “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” akan selalu menjaga kualitas makanan dari segi rassa, inovasi, dan kebersihannya serta memberikan fasiliats pendukung
    3.      Program Pemasaran
             Program pemasaran yang kita terapkan yaitu dengan menawarkan secara langsung kepada masyarakat, dan memberikan bonus bagi yang membeli produk kami.Dengan cara ini, diharapkan dapat menarik minat konsumen dengan lebih mudah.
    E.     Saluran Distribusi
            Menggunakan sistem pemesanan untuk jumlah yang banyak bagi mereka yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah untuk di jual kembali ( reseller ).


    ANALISIS PRODUKSI

    A.    Deskripsi Produk
          GO-KONG Lumer Coklat dan Keju merupakan makanan olahan dari singkong yang di goreng, makanan tradisional yang dimodifikasi dengan mengikuti perkembangan zaman, seperti pemberian topping diatasnya.
          Dari hasil observasi yang kami lakukan, banyak kalangan muda khususnya para mahasiswa menyukai topping coklat dan keju, sehingga kami memilih coklat dan keju sebagai topping untuk singkong goreng.
    B.     Proses Produksi
          Cara pembuatan produk makanan goreng singkong ini, yaitu:
    1.      Kupas singkong terlebih dahulu
    2.      Kemudian cuci besih singkong yang telah dikupas
    3.      Setelah itu potong singkong menjadi bagian yang sedang
    4.      Lalu rebus singkong tersebut
    5.      Setelah singkong matang, goreng singkong tersebut
    6.      Kalau warnanya sudah kecoklatan, berarti menandakan singkong tersebut telah matang
    7.      Angkat, dan tiriskan
    8.      Kemudian letakkan singkong goreng di mika yang sudah di desain semenarik mungkin
    9.      Setelah itu beri susu coklat dan putih diatas singkong goreng tersebut
    10.  Lalu tambahkan topping coklat dan keju parus diatas singkog goreng tersebut.
    C.     Bahan Baku dan Bahan Pendukung
          Bahan baku yang digunakan dalam pembuuatan GO-KONG Lumer coklat dan keju ini antara lain:
    1.      Singkong
    2.      Susu Coklat
    3.      Susu Putih
    4.      Keju
    5.      Minyak Goreng
    6.      Mika

    Alat yang digunakan dalam membuat GO-KONG Lumer Coklat dan Keju ini antara lain:
    a.       Pisau
    b.      Kompor
    c.       Baskom
    d.      Wajan
    e.       Talenan
    f.       Serok
    g.      Parut keju
    h.      Stepler
    i.        Serbet
    j.        Gerobak
    k.      Ember
    l.        Tabung gas
    m.    Panci
    n.      Lampu
    o.      Kursi
    p.      Meja
    q.      Sound box
    r.        Tabung gas
    s.       Regulator dan selang

    ANALISIS MANAJEMEN DAN ORGANISASI

    A.    Identitas
                Usaha “ GO_KONG Lumer Coklat dan Keju” merupakan jenis usaha kecil yang dilaksanakan atau dijalan oleh 1 orang dan dibantu oleh karyawan dipekerjakan melalui proses rekruitmen.
    B.     Legalitas
                Karena usaha “ GO-KONG Lumer Coklat dan Keju” ini berbentuk usaha kecil, maka tidak ada unsur legalitas yang diperlukan  untuk menjamin unsur usaha ini. Akan tetapi, sebaiknya perlu adanya permintaan ijin lokasi.
    C.     Pengorganisasian
    Pengorganisasian dalam usaha ini cukup sederhana karena termasuk usaha kecil, sehingga tidak perlu srtuktur organisasi yang kompleks.Struktur manajemen yaitu menggunakan struktur organisasi sedehana  dan seorang karyawan.
    1.      Pimpinan
    a.       Mewakili nama perusahaan dalam lingkup profesionalisme
    b.      Mengawasi jalannya kegiatan dalam perusahaan
    c.       Dalam keadaan tertentu dapat membantu karyawan melakukan tugasnya
    d.      Melakukan promosi
    e.       Memberhentikan karyawan
    f.       Mengambil keputusan bagi perusahaan
    2.      Pemasaran
    a.       Menjual produk
    b.      Memilih bahan baku yang baik untuk produksi
    c.       Membeli bahan baku
    3.      Keuangan
    a.       Menerima dan menyimpan uang
    b.      Membuat laporan keuangan
    c.       Memanajemen keuangan
    4.      Produksi
    a.       Memberikan persetujuan terhadap pemasukan bahan baku
    b.      Membuat produk
    c.       Membuat laporan mengenai bahan yang kurang atau sudah habis
    d.      Meningkatkan efektifitas dan efisiensi produk
    e.       Pemantauan dan pengawasan lingkungan dan kebersihan tempat produksi
    D.    PerencanaanKegiatan/PenjadwalanKegiatan
    NO
    JenisKegiatan
    Bulan
    September
    Oktober
    November
    Desember
    Januari
    Februari
    1
    2
    3
    4
    1
    2
    3
    4
    1
    2
    3
    4
    1
    2
    3
    4
    1
    2
    3
    4
    1
    2
    3
    4
    1.
    Observasi
























    2.
    Penyusunan proposal
























    3.
    Ujicoba
























    4.
    Penyetingantempat
























    5.
    Membeliperalatan
























    6.
    Merekrutkaryawan
























    7.
    Proses penjualan

























    ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

    A.    Kualitas Tenaga Kerja
                Agar usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya maka diperlukan SDM yang berkualitas.
    Karyawan :
    1.      Pendidikan minimal SMA
    2.      Usia 17-23 tahun
    3.      Rajin dan Pekerja Keras
    4.      Disiplin
    5.      Jujur
    B.     Kompensasi
                Gaji pokok karyawan Rp500.000
    C.     Pemberhentian Karyawan
                Pemutusan hubungan kerja dapat terjadi oleh berbagai sebab, antara lain karenan keputusan perusahaan yang didasarkan atas alasan tertentu, keinginan karyawan, meninggal dunia, dan lain sebagainya.

    ANALISIS KEUANGAN

    A.    Biaya Variabel  ( Variable Cost )per-Produksi
    No.
    Nama Barang
    Jumlah Barang
    Harga Satuan
    ( Rp )
    Jumlah Harga (Rp)
    1.
    Singkong
    150 kg
    5.000
    750.000
    2.
    Susu Putih
    60 kaleng
    9.300
    558.000
    3.
    Susu Coklat
    60 kaleng
    9.300
    558.000
    4.
    Coklat Bubuk
    3 pak
    50.000
    150.000
    5.
    Keju
    90 buah
    5000
    450.000
    6.
    Minyak Goreng
    60 liter
    12.500
    750.000
    7.
    Mika
    3 pacs
    10.000
    30.000



    Total
    3.246.000

    B.     Biaya Tetap (Fixed Cost)
    No
    Nama Peralatan
    Jumlah
    Harga Satuan
    Total
    1.
    Kompor
    1 unit
    250.000
    250.000
    2.
    Tabung gas
    1 unit
    150.000
    150.000
    3.
    Regulator dan selang
    1 unit
    65.000
    65.000
    4.
    Panci
    2 buah
    70.000
    70.000
    5.
    Irus
    2 buah
    15.000
    15.000
    6.
    Pisau
    2 buah
    10.000
    10.000
    7.
    Talenan
    I buah
    10.000
    10.000
    8.
    Baskom
    2 buah
    10.000
    20.000
    9.
    Ember
    3 buah
    25.000
    75.000
    10.
    Stepler
    1 buah
    8.000
    8.000
    11.
    Lampu
    2 buah
    45.000
    90.000
    12.
    Kursi
    6 buah
    50.000
    300.000
    13.
    Meja
    1 buah
    150.000
    150.000
    14.
    Parut Keju
    1 buah
    4.000
    4.000
    15.
    Sound Box
    1 unit
    150.000
    150.000
    16.
    Gerobak
    1 unit
    4.000.000
    4.000.000
    17.
    Serbet
    2 buah
    5.000
    10.000
    18.
    Wajan
    1 buah
    30.000
    30.000



    Total
    5.407.500

    C.     Biaya Total
    Biaya Total                  = Variable cost + Fixed cost
                                        = Rp 3.246.000 + Rp 5.407.000
                                        = Rp 8.653.000

    D.    Biaya dan Harga Per Unit
    1.      Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah
    Rp  5.407.000: 30 kali = Rp180.000,00
    2.      Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi adalah
    Rp 180.000 + Rp 3.246.000 = Rp 3.426.000
    3.      Biaya per unit adalah total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per-bulan
    Rp3.426.000 : 1.500 buah = Rp 2.284
    4.      Harga jual per- buah          = Rp 5.000,00

    E.     Modal Awal
    Modal awal     = Total biaya tetap + Biaya Variable untuk 1 kali produksi
                            =  Rp 5.407.000 + Rp 3.246.000
                             = Rp 8.653.000

    F.      Analisis Titik Impas (BEP)
    1.      BEP harga             = Total biaya produksi 1 kali produksi : produksi
                                  = Rp 3.426.000 : 1.500 buah
                                  = Rp 2.284
    2.      BEP produksi        = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : harga/unit
                                  = Rp 3.426.000 : Rp5000
                                   = 685
    Jadi, untuk mencapai titik impas maka GO-KONG yang harus terjual adalah 685 buah dengan harga per buah adalah Rp5000
                                 
    G.    Analisis Keuntungan
    1.      Pendapatan           = GO-KONG yang terjual x harga jual
                                   = 1500 x Rp5000
                                  = Rp 7.500.000
    2.      Total biaya produksi 1 kali produksi         = Rp Rp 3.426.000
    3.      Keuntungan          = Pendapatan – Total Biaya Produksi
                                        =  Rp 7.500.000 - Rp Rp 3.426.000
                             = Rp 4.074.000

    H.    Pengembalian Modal
    Total biaya produksi : laba usaha
    = Rp 8.653.000 : Rp 4.074.000

    I.       Laporan Laba Rugi
    Pendapatan                                                                                          Rp 4.074.000
    Beban-beban   :
    Beban gaji                    Rp.500.000
    Beban listrik                Rp100.000
    Beban air                      Rp100.000
    Beban lain-lain            Rp200.000     +


     
                                                                                                                            Rp 900.000     -
                                                                                                                 Rp3.174.000,00

    PENUTUP

    A.    Simpulan
    Goreng Singkong Lumer Saus Coklat dan Keju adalah produk makanan yang memiliki komposisi yang baik untuk kesehatan tubuh yang sudah dimodifikasi se-kreatif mungkin mengikuti perkembangan zaman.Keunggulan bahan utama dari pembuatan produk ini yaitu harga singkong yang relatif murah juga dapat menjadi potensi dalam pengembangan kegiatan pengolahan menjadi produk yang banyak variasinya, mudah di dapat, serta sangat baik untuk kesehatan.Topping coklat dan keju sangat di gemari oleh kalangan anak muda.

    B.     Saran
          Produk yang kami produksi ini merupaka sebuah produk baru, jadi diperlukan inovasi-inovasi baru untuk menyempurnakan produk kami buat ini.Dengan memperbaiki kualitas produk ini, diharapkan mampu mempertahankan konsumen lama dan dapat menarik para konsumen baru untuk membeli GO-KONG Lumer Coklat dan Keju ini.
         





  • 0 comments:

    Post a Comment

    Blogger templates

    Popular Posts