RENCANA BISNIS USAHA KULINER
Siomay Ikan Tengiri dan Es Degan Jos(
Sitendes Dejos)
1.
RINGKASAN EKSEKUTIF
Siomay
merupakan merupakan salah satu jajanan favorit setiap orang, karena rasanya
yang sangat lezat dan mantap untuk disantap. Siapa yang tidak kenal siomay
?siomay juga terkenal makanan khas dari kota Bandung. Siomay termasuk makanan
yang banyak digemari setiap kalangan. Bumbu yang paling khas dari siomay ini
adalah taburan bumbu kacang yang sangat
lezat dan nikmat. Siomay juga semakin nikmat apabila disantap dengan sambal
pedas, sehingga membuat berselera ketika memakannya.
Es kelapa muda merupakan minuman sejuta umat.Selain
dikenal luas, peminatnya tidak bisa dianggap remeh. Sajiannya sangat sederhana,
namun menjadi pelepas dahaga yang sangat diminati hampir semua kalangan atau
usia.Situs Wikipedia sendiri mengatakan bahwa minuman ini berasal dari
Indonesia.Bahkan pada tahun 2011 CNN pernah memasukkannya kedalam 50 minuman terenak
di dunia dan es kelapa muda ini menduduki peringkat ke-19. Masih menganggap
remeh es satu ini ?
Meninjau dari keterangan
diatas, saya begitu tertarik membuat usaha siomay tengiri dan es degan. Namun, saya
ingin ada sebuah inovasi dari produk ini sehingga para konsumen akan merasa
tidak bosan. Saya akan membuat Inovasi dengan sambal kacang yang khas dan
menambahkan taburan bawang merah goreng yang gurih beserta tahu, kentag dan
telur yang akan melengkapi sajian, mengenai es degan saya juga akan memberikan
rasa yang khas yaitu dengan adanya gula
gendis dan berbagai rasa seperti dicampur sirup, gula putih, original bahkan
susu, kami juga menyediakan es degan gelondongan, gelas, original bahkan beli
degannya saja juga boleh. Sehingga konsumen akan merasakan betapa nikmatnya
rasa khas dari siomay dan es degan yang kami sajikan, konsumenpun dapat memilih
sendiri siomay dan es degan yang akan disajikan dengan berbagai varian.
2.
LATAR
BELAKANG PERUSAHAAN
2.1.
CONTOH DATA
PERUSAHAAN
1.Nama
Perusahaan
|
Sitendes Dejos
|
2.Bidang Usaha
|
Kuliner
|
3.Jenis Produk
/ Jasa
|
Makanan dan Minuman
|
4.Alamat
Perusahaan
|
Jalan Raya Sedayu-Weleri,
RT 01 RW 01
Kec.
Ringinarum, Kab. Kendal
|
5.Nomor
Telepon/Fax
|
089-854-155-59
|
6.Alamat Fb
|
Sitendesdejos
|
7.Bank
Perusahaan
|
Bank BRI
|
8.Bentuk Badan
Hukum
|
Perseorangan
|
9.Nomor Akte
Pendirian
|
-
|
10.N P W P
|
-
|
11.Mulai
Berdiri
|
02November 2016
|
2.2.
BIODATA
PEMILIK
1.
Nama
|
Jarrot
|
2.
Jabatan
|
Pemilik
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Kendal, 25 Mei 1996
|
4.
Alamat Rumah
|
Jl. Mangga Rt 03/ 02 Ngawensari Kec. Ringinarum Kab.
Kendal 51356
|
5.
Nomor Telepon
|
08995415559
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
Jarrot69@gmail.com
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
9.
Pengalaman Kerja
|
Toko Sendal Sepatu, Jualan siomay dan Es Degan
|
2.3.
STRUKTUR ORGANISASI

2.4.
SUSUNAN PEMILIK
Nama
|
Jabatan
|
Jarrot
|
Pemilik Usaha
|
Abdul Rozak
|
Pemilik Kios
|
Firmansyah
|
Supplier
Barang
|
3.
ANALISIS
PASAR
3.1.
Produk/Jasa
Yang Dihasilkan
Produk yang kami
hasilkan adalah siomay dan es degan, yang mana siomay berbahan baku dari daging
ikan tengiri, bertambahan bahan sayur kol, tahu, telor, dicampurkan sambal
kacang dan ditaburkan bawang merah goreng.
Kamudian es degan yang berbahan bakudegan yang masih segar yang juga
menyesuaikan konsumen akan dicampurkan susu, sirup, gula gendis ataupun
original. Yang semua produk kami harganya terjangkau agar mampu menembus
kalangan masyarakat,baik siswa SD, SMP, SMA, Mahasiswa maupun masyarakat biasa.
Siomay ikan
tengiri ini disajikan diatas dipiring maupun di bungkus dalam plastic
perkilogram, untuk es degan di sajikan dalam gelas, plastic maupun masih utuh
dalam bentuk degan yang dikepras yang mana mempunyai kesan indah dan khas.Dalam
penyajian produk kami menyesuaikan keinginan pelanggan.Bisnis ini kami
kembangkan tidak hanya untuk mencari penghasilan saja tetapi juga mempunyai
manfaat untuk pelanggan.Diantaranya :
Dari manfaat
siomay, Daging
ikan tengiri adalah protein yang tinggi dan omega 3
yang bermanfaat buatkesehatan, Sayur kol memiliki kandungan vitamin
C yang sangat tinggi dan juga vitami A,B1, B2, B6, E, dan nutrisi lainnya
termasuk kalsium K, zat besi, kalium, tiamin, riboflavin,magnesium dan asam
folat. Hal ini juga kaya akan kandungan serat makanan.Sayur kol tidak
mengandung lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Satu cangkir sayur kol
cincang(89gram) akan memiliki kolesterol 0%, lemak 0%, vitamin A 3%, vitamin C
47%, zat besi 2%, kalsium 4%, dan sekitar 15 kalori.Bahan utama
pembuat tahu adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung kadar protein
yang tinggi dan lechitin. Protein sendiri berguna untukpembentukan sel otot
sedang lechitin bisa membangun kecerdasan dan daya ingat sangatbermanfaat untuk
tumbuh kembang seorang anak, kentahng juga mempunyai
manfaat : a. Tinggi serat : bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. b. Dapat
membantumengurangi resiko penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker
rahim.c. Membantu mengurangi kadar kolesterol. d. Baik untuk otak .e. Membantu
mengurangi peradangan. f. Baik untuk kesehatan kulit . g. Baik bagi penderita
batu ginjal. h. Meredakan listrik.Beberapa manfaat telor :a.Telur menghilangkan jerawat. b. Kesehatan mata. c. Lebih
banyakmineral.d. Menjaga berat badan agar tetap sehat. e. Telur membantu
kesehatan rambu dan kuku. f. Membantu dalam kehamilan.
Dari manfaat es degan sendiri
bagi kesehatan diantaranya : Dapat meningkatkan
trombosit, Dapat mencegah dehidrasi dan melenyapkan dahaga, Sebagai infus
alternatif, Mampu membuang racun dalam
tubuh, Dapat memperbaiki alat pencernaan, Dapatmenormalkan kadar gula, Dapat
mengobati penyakit Eksim, Membantu proses pembakaranlemak, Dapat menyehatkan
kulit wajah pria dan wanita, Dapat menyembuhkan peradangan, Dapat melancarkan air seni, Dapat mengobati
peradangan, Sangat baik bagi kesehatan ibuhamil, Dapat mencegah cacingan pada
anak-anak, Dapat menghancurkan batu ginjal, Dapatmelangsingkan tubuh, Dapat melawan radikal bebas (sebagai
antioksidan yang kuat), Mampumemperbaiki jaringan kolagen, Dapat menyembuhkan muntah dan mual,
Dapat mencegah dan mengobati gejala tifus
KEUNGGULAN PRODUK KAMI
” Siomay ikan tengiri dan Es
Degan” bukan usaha yang
pertama, melainkan usaha follower yang mengikuti usaha sejenis
lainnya yang sudah lebih dulu ada. Keunggulan kompetitif produk kami antara
lain :
a.
Bahan
baku berkualitas.
b.
Rasa
yang sangat khas
dari pembuatan bumbu untuk siomay dan tambahan rasa untuk es degan.
c.
Tanpa
pengawet dan bahan kimia berbahaya.
d.
Kesegaran
dari siomay
maupun sayurannya dan kesegaran dari degan.
e.
Kemasan
yang ramah lingkungan.
f.
Harga
yang terjangkau untuk produk ini.
g.
Terjamin
kehalalannya.
h.
Terjamin
kehigienisannya.
3.2.
GAMBARAN
PASAR
Target
pasar yang dituju adalah semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Keberadaan
dari penjualan siomay ikan tengiri dan es
degan ini di jalan sedayu menuju weleri kabupaten Kendal. Walaupun usaha ini
ada namun snagat jarang dan didaerah ini hanya ini usaha yang belum ada.Disamping
itu, melihat dariletak
tempat yang akan didirikan didaerah strategis dan mampu dijangkau oleh
masyarakat setempat yang hendak mau berpergian maupun siswa-siswi yang pulang sekolah
ataupun lainnya.Yang otomatis lelah, lapar dan kehausan, ditambah
lagi siomay dan es degan sangat
disukai oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa, selain itu
dengan varian rasa yang ada membuat pemasaran dalam pemproduksian makanan dan minuman ini sangat
berkembang dengan baik. Dari segi rasa tersebut disesuaikan dengan pemesanan
yang ditawarkan. Jadi, pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan
mengunjungi tempat produksi langsung atau dengan menghubungi melalui contac
person.
KEGIATAN
PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN
Ø Mulut ke
Mulut
Kegiatan
pemasaran ini (promosi) merupakan kegiatan promosi yang paling mudah dan tidak
memerlukan biaya mahal dalam melakukannya. Cukup dengan menggunakan relasi dari
kerabat terdekat untuk mempromosikan siomay
dan es degan kami ke orang banyak secara personal
yaitu mulut ke mulut.
Ø Penyebaran Brosur
Untuk
mendukung rencana promosi, kami
juga membuat brosur yang akan
kami tempelkan di tempat-tempat keramaian dan membagikan secara langsung ke
konsumen. Selain itu menyebarkan ke masyarakat,
perumahan,
sekolah, dan kampus.
Ø Akun Social Media
Kami
juga melakukan promosi dengan membuat beberapa akun sosial media untuk menambah
kedekatan dan untuk mengetahui minat pasar secara berkala melalui pemasaran
dengan media sosial seperti FB, IG
dan media social lainnya.
Ø Penjualan
Langsung
Menjual
langsung Kriyik Jamur ke semua kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa
dan masyarakat sekitar Kota Kendal.
3.3.
TARGET
ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN
KARAKTERISIK PEMBELI / KONSUMEN
Target
atau segmen pasar yang kami tuju adalah pusat keramaian sekitar jalan Sedayu - Weleri.
Dalam hal ini, pusat keramaian termasuk lokasi yang sangat baik untuk
mengundang banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli makanan kami. Pembeli
atau masyarakt yang lewat atau
berada disekitar daerah akan beranggapan bahwa siomay dan es degan cocok untuk
mengisi perut untuk menghilangkan lapar dan dahaga dengan harga terjnagkau,
selain itu produk inipun mempunyai manfaat dan gizi banyak untuk kesehatan.
Disamping itu tempat yang berada di jalan raya yang agak besar banyak dilewati
pengendara yang cocok untuk bersinggah dan beristirahat sejenak, dengan begitu
masyarakat dari daerah lain dapat mengerti produk kami.
.
Segmen pasar terdiri dari 3 faktor:
a. Faktor
geografis : Pusat keramaian sekitar jalan Sedayu- Weleri
b. Fakor
Demografis :
-
Usia : Semua usia
-
Jenis kelamin : pria dan wanita
-
Agama : semua agama
-
Profesi : semua profesi
c. Faktor
kebutuhan
Produk kami cocok untuk
memenuhi kebutuhan Jalan Sedayu- Weleri yang ramai jarang sepi pengendara
maupun orang lewat.tersebut apalagi dengan harga yang terjangkau cocok untuk
masyarakat.
3.4.
TREND
PERKEMBANGAN PASAR
PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN
PRODUK PER TAHUN

Untuk
perkiraan jumlah rata-rata produk per tahun, permintaan akan semakin berkembang
dan naik. Karena semakin lama produk kami akan lebih dikenal oleh masyarakat
bahkan kami bisa membuka cabang ditempat yang lain jika permintaan terus naik.
Selain itu kami akan membuat inovasi-inovasi baru dan menjaga cita rasa dari produk
kami. Untuk melihat permintaan produk pertahun, misalnya dalam sehari dapat
laku siomay dan es degan sebanyak 150 porsi/hari, jika perbulan maka 4500/bulan
(150x30). Sehingga pertahun sebanyak 25.
200 porsi (x12). Yang diharapkan setiap tahunnya meningkat sehingga menjadi
54.000 porsi/tahun ( 70 porsi/hari x 30 harix 12 bulan) dan akan terus
meningkat.
3.5.
PROYEKSI
PENJUALAN


Keterangan : Berdasarkan proyeksi penjualan “Siomay dan Es Degan” perkiraan dari jumlah permintaan pada
Tahun 1 sebanyak 4.500 porsi perbulan dengan angka pembanding
1, dan akan naik terus setiap tahunnya. Karena semakin tahunakan semakin dikenal dan maju.
3.6.
STRATEGI
PEMASARAN
PENGEMBANGAN
PRODUK
Siomay dan Es Degan memang telah banyak dijumpai di berbagai daerah. Namun kami memberikan
rasa yang beraneka ragam serta menyesuiakan keinginan
konsumen dan pelayanan yang terbaik sehingga menarik pelanggan.
Siomay ikan tengiri dan Es Degan ini meliki inovasi
rasa dan bentuk sehingga akan membuming didunia kuliner.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PEMASARAN
Area
pemasaran utama adalah Dijalan Sedayu-Weleri yang ramai pemukiman serta akan
orang lewat baik siswa-siswi maupun pengendara lain yang akan bepergian
melewati jalan ini. Jika sudah berkembang kami akan membuka cabang di dekat
tempat-tempat pariwisata.
KEGIATAN PROMOSI
Promosi
merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran
dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap
awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media
sosial yang kini marak di dunia maya, kami juga
menempelkan brosur-brosur ditempat yang ramai maupun membagikannya.
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga
disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan mebandingkan dengan harga bahan
pokok dan produksi:
No
|
Nama
Menu
|
Ukuran
|
Harga
|
1.
|
Siomay Ikan Tengiri
|
1 porsi/perpiring
|
Rp.5.000,-
|
2.
|
Es Degan
|
1 gelas
|
Rp.4.000,-
|
3.
|
Es Degan Original
|
1 gelas
|
Rp.5.000,-
|
4.
|
Es Degan Gelondongan
|
1 gelondong
|
Rp.9.000,-
|
5.
|
Siomay dan Es Degan
|
Ukuran menyesuaikan
|
Harga menyesuaikan keinginan
konsumen
|
3.7.
ANALISIS
PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Ayam Goreng
|
Lebih Mengenyangkandan disukai
|
Harga relatif mahal
|
Gorengan
|
Lebih populer
|
Tidak ada varian rasa
|
Jus
|
Lebih disukai
dan Populer
|
Harganya
relatif mahal
|
Es Buah
|
Lebih Varian
Bahan
|
Harganya
relatif mahal
|
3.8.
SALURAN
DISTRIBUSI
WILAYAH
PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
a.
Wilayah Pemasaran
Jalan Sedayu-Weleri yang Strategis, ramai pemukiman
dan pengendara
b. Alamat Penjualan
(Milik Perusahaan)
Jalan Raya Sedayu-Weleri, RT 01
RW 01 Kec. Ringinarum, Kab. Kendal 51356
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG
DIRENCANAKAN
a.)
Wilayah Pemasaran
Seluruh wilayah Kecamatan Ringinarum dan Kota Kendal
b.)
Rencana lokasi / counter
penjualan
1. Dekat SMP N 02 Gemuh
2. Sekitar Kantor Kecamatan Ringinarum
3. Dekat MA 25 Ringinarum
4. Di sekitar Alun-alun Kota Kendal
5. Depan Pabrik Gula Cepiring
6. Dekat Pasar Pegandon
7. Dekat Pasar Ringinarum
8. Dekat Pasar Weleri
9. Dekat Taman Kota Weleri
10. Sekitar Pantai Cahaya
4.
ANALISIS
PRODUKSI
4.1.
PROSES
PRODUKSI
Pembuatan Siomay Bahan / Bumbu
Ø Bahan Utama
-
500 gram Ikan
tengiri
-
Garam secukupnya
-
200 gram tepung
kanji
-
½ tepung terigu
-
150 cc air
-
3 siung bawang
putih haluskan
-
2 barang daun
bawang,iris
Ø Bahan untuk pengkap
-
Telur rebus
secukupnya
-
Kol rebus,
digulung
-
Tahu
-
Kentang rebus
Ø Bahan membuat Sambal Kacang
-
3 siung bawang
putih
-
Cabai merah
seculkupnya
-
200 gram kaang
tanah goreng
-
Santan cair
-
50 gram kentang
rebus haluskan
-
Garam sesuai
selera
Ø Cara membuat sambal Kacang
-
Pertama haluskan
bahan-bahan sambal kacang terlebih dahulu
-
Apabila sudah
dihaluskan masak diwajan dengan api kecil sampai bumbu kacang mengeluarkan
minyak
-
Setelah matang
angkat dan sisihkan
Ø Cara memasak
-
Pertama
campurkan tepung kanji, terigu dan bahan lainnya yang telah dihaluskan,
kemudian aduk sampai adonan kalis
-
Setelah adonan
kalis dan tercampur merata maka anda bisa membentuk adonan bulat atau sesuai
keinginan
-
Rebus air
secukupnya kemudian rebus siomay sampai matang
-
Rebus telur
sampai matang
-
Rebus kol hingga
layu kemudian angkat yang gulung sesuaikan
-
Rebus kentang
dan kupas kentang
-
Jika sudah
matang kukus bersama telur , kol, seta kentang yang sudah siap
-
Sajikan ke
piring bersama bahan lainnya
Pembuatan Es Degan :
Ø Sebelum siap
-
Pilih degan yang
sudah siap
-
Siapkan dua
tremos
-
Patik degan dan
saring air ke tremos
-
Belah degan yang
sudah diambil airnya
-
Kerok kecil-kecil
dan campurkan ke salah satu tremos yang terisi air degan
-
Kasih air es
secukupnya ke satu tremos
Ø Sajian gelas
-
Ambil dari
tremos melalui sedok tuangkan kegelas secukupnya
-
Kasih bahan
pelengkap sesuai keinginan konsumen
-
Kasih sendok dan
sedotan dan sajikan dengan membawa penampan
Ø Sajian Gelondongan
-
Pilih degan yang
ingin dipatik/ tawarkan konsumen memilih
-
Patik bagian
atas dan bawah, kemudian potong buka
sesuai dengan bentuk tutup sesuai keinginan
-
Kerok degan
bagian dalam degan dan tutup degan
-
Siapkan piring
dari tanah liat
-
Sajikan diatas
piring tanah liat
-
Ambil sendok,
sedotan sertan kasih bahan pelengkap sesuai keinginan
4.2.
BAHAN
BAKU DAN PENGGUNAAN
Bahan Siomay Ikan Tengiri
Dalam tabel ini
disajikan data kebutuhan bahan baku dan penggunaan untuk pembuatan Siomay Ikan tengiri
dengan Ukuran Bahan Jadi 3
Kg, diasumsikan bahan mentah 4
Kg, karena biasanya setelah melalui penggorengan bahan akan menyusut.
URAIAN BAHAN
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
SUMBER
|
Daginng ikan
tengiri
|
1
Kg
|
Rp.100.000,-
|
Rp.100.000,-
|
Pasar
|
Kacang tanah
(goreng)
|
0,5Kg
|
Rp.15.000,-
|
Rp.15.000,-
|
Pasar
|
Tepung Terigu
|
1 Kg
|
Rp.6.500,-
|
Rp.6.500,-
|
Pasar
|
Tepung kanji
|
1 Kg
|
Rp.7.000,-
|
Rp.7000,-
|
Pasar
|
Telur
|
2
Kg
|
Rp. 20.000,-
|
Rp.40.000,-
|
Pasar
|
Minyak Goreng
|
0,5
Kg
|
Rp. 11.000,-
|
Rp.11.000,-
|
Pasar
|
Bawang Putih
|
0,5
Kg
|
Rp. 20.000
|
Rp.10.000,-
|
Pasar
|
Taburan Bawang
Merah
|
0,5 Kg
|
Rp. 20.000,-
|
Rp.10.000,-
|
Pasar
|
Garam
|
1 Pcs
|
Rp. 1.500,-
|
Rp. 1.500,-
|
Pasar
|
Santan
|
1Pcs
|
Rp. 2.000,-
|
Rp. 2.000,-
|
Pasar
|
Tahu
|
1
Kg
|
Rp. 8.000,-
|
Rp. 8.000,-
|
Pasar
|
Kentang
|
1 Kg
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 10.000,-
|
Pasar
|
Sayur Kol
|
1 kg
|
Rp. 12.500,-
|
Rp. 12. 500,-
|
Pasar
|
Saos &
kecap
|
6 Botol
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 60.000
|
Pasar
|
JUMLAH
|
Rp. 293.500,-
|
|
Bahan Es
Degan
URAIAN BAHAN
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
SUMBER
|
Degan
|
40 gelondong
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 200.000,-
|
supplier
|
GulaMerah
|
1 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 15.000,-
|
Pasar
|
Es kristal
|
2kantonggede
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30.000,-
|
Pasar
|
Susu
|
2Kaleng
|
Rp. 9.000,-
|
Rp. 18.000,-
|
Pasar
|
Sirup
|
2botol
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 40.000,-
|
Pasar
|
Gula Putih
|
2
Kg
|
Rp. 12.500,-
|
Rp. 25.000,-
|
Pasar
|
Daun Pandan
|
2 lembar
|
Rp.500
|
Rp. 1.000,-
|
Pasar
|
JUMLAH
|
Rp. 233.500,-
|
|
Alat Untuk
Pembuatan Serta Penyajian Siomay Ikan tengiri dan ES Degan
URAIAN ALAT
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
SUMBER
|
Kompor gas
|
1
|
Rp. 400.000,-
|
Rp. 400.000,-
|
Toko Peralatan Masak
|
Gas LPG 12 Kg
|
1
|
Rp. 120.000,-
|
Rp. 120. 000,-
|
Dealer Resmi
|
Nampan
|
2
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 20.000,-
|
Pasar
|
Pisau
|
2
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 10.000,-
|
Pasar
|
Wajan ukuran 30 cm
|
1
|
Rp. 50.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Baskom ukuran 58 cm
|
2
|
Rp. 38.000,-
|
Rp. 76.000,-
|
Toko peralatan masak
|
Pengemas plastik
|
2
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 20. 000,-
|
Toko plastik
|
Ember
|
2
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30.000,-
|
Toko peralatan
Mandi
|
Kalo
|
1
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 10.000
|
Pasar
|
Gerobak
|
1
|
Rp. 800.000,-
|
Rp.800.000
|
pemesanan
|
Panci Siomay
|
1
|
Rp. 70.000,-
|
Rp. 70.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Panci Biasa
|
2
|
Rp. 50.000,-
|
Rp. 50.000
|
Toko Peralatan
Masak
|
Toples
|
2
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 10.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Sendok biasa
& garpu
|
2 lusin
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30.000
|
Toko Peralatan
Masak
|
Piring
|
2 lusin
|
Rp. 24.000,-
|
Rp. 48.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Gelas
|
3 pak
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 60.000,-
|
Toko Peralatan
Dapur
|
Piring tanah
liat
|
2 lusin
|
RP. 25.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
Toko Peralatan
Dapur
|
Golok
|
2
|
Rp.50.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
Toko Peralatan
Dapur
|
Tremos es
|
2
|
Rp. 80.000,-
|
Rp. 160.000,-
|
Pemesanan
|
Sedok Besar
|
2
|
Rp. 8.000,-
|
Rp. 16.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Sedok kecil
|
1
|
Rp.5.000,-
|
Rp.5000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Sedotan
|
2
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 30. 000,-
|
Toko plastik
|
Irus
|
2
|
Rp. 5.000,-
|
Rp.10.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Cowek &
mutu
|
1
|
Rp.25.000,-
|
Rp.25.000,-
|
Pedagang kaki
Lima
|
Tempat Sendok
|
6
|
Rp. 2.500,-
|
Rp. 15.000,-
|
Toko Peralatan
Masak
|
Sewa kios
|
1tahun
|
Rp. 4.000.000,-
|
Rp. 4.000.000,-
|
Pemilik
|
JUMLAH
|
Rp. 6. 200.000,-
|
|
4.3.
KAPASITAS PRODUKSI
Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan untuk
kapasitas produksi perbulan :
KAPASITAS
PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
|
4500 porsi
|
URAIAN
|
JUMLAH/HARI
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
Pengemas Plastik
|
2 paket
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
Pembuatan siomay
|
50
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 250.000,-
|
Es Degan Gelas
|
50
|
Rp. 4.000,-
|
Rp. 200.000,-
|
Es Degan
original
|
30
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 150.000,-
|
Es Degan
Gelondong
|
20
|
Rp. 9000,-
|
Rp. 180.000
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
Rp. 1.380.000,-
|
4.4.
RENCANA
PENGEMBANGAN PRODUKSI
Rencana-rencana
pengembangan produksi kami antara lain:
a. Memperluas
wawasan dibidang makanan khususnya siomay ikan
tengiri dan minuman es degan.
b. Menemukan
dan menciptakan inovasi bar uterus menerus dalam membuat siomay dan es degan.
c. Memperluas
berbagai cita rasa.
d. Meningkatkan
produksi.
e. Membuka Cabang.
5.
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
5.1.
ANALISIS KOMPETENSI SDM
-
Ahli akunting dalam pembukuan dan
keuangan
-
Ahli dalam promosi/penjualan
-
Ahli dalam mengolah pengelolaan
-
Ahli dalam menginofasi
-
Ahli dalam memberikan ide-ide baru
|
6.
RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
6.1.
RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI
PEMASARAN
a.
Menyebar brosur tentang produk
diwilayah kecamatan Ringinarum dan di kota kendal.
b.
Menawarkan langsung kepada konsumen.
c.
Membuat akun media sosial seperti
Facebook, Twitter, Situs, Web, dll.
|
STRATEGI
PRODUKSI
a.
Menggunakan alat dan perlengkapan yang bersih dan higienis.
b.
Proses pengolahan oleh karyawan ahli..
c.
Menjaga citarasa agar terjaga
kenikmataannya.
d.
Menyajikan dengan keadaan
segar.
|
STRATEGI
ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
a.
Pemberian peraturan dan perjanian
bekerja oleh peimilik kepada tenaga kerja
b.
Penjelasan sistem pekerjssn
c.
Penjelasan sistem pemasaran
d.
Menjelaskan pembukuan keuangan harian,
bulanan, dan tahunan
|
STRATEGI
KEUANGAN
a.
Menulis setiap pemasukan
harian, bulanan, dan tahunan
b.
Menulis setiap pengeluaran
harian, bulanan, dan tahunan
c.
Menulis setiap
keuntungan harian, bulanan, dan tahunan
|
6.2.
TAHAP-TAHAP
PENGEMBANGAN USAHA
Pada pengembangan usaha
kami merencanakan tahap-tahapnya sebagai berikut:
1. Melakukan
penawaran promosi secara terus-menerus, agar masyarakat lebih mengenal produk kami. Bahkan
masyarakat kalangan luar bisa mengenal produk kami.
2. Menjaga
cita rasa kenikmatan yang khas dari
produk kami , Pelayanan yang ramah dalam melayani pelanggan, sehingga konsumen yang
pernah datang ke tempat kami akan puas dan menyalurkannya ke teman-teman,
kerabat ataupun masyarakat lainnya.
3. Jika masyarakat sudah mengenal dan percaya pada produk kami, maka
masyarakat selaku konsumen/ pelanggan pasti akan rajin mampir ke kios kami. Dengan demikian
permintaan akan produk kami pasti menjadi meningkat dan berkembang. Yang kemudian dapat memperbesar dengan membuka cabang
dan melengkapi bahkan mempercantik kios.
ANALISIS
KEUANGAN
6.3.
RENCANA
PERMODALAN/ Hari
Siomay Rp.
293.000 ,-/ hari
Es degan Rp.
233.000,-/ hari
Plastic (2 paket) Rp. 20.000,-
Rp. 546.000,-
Target
penjualan/ pengembalian Modal
Siomay 5000x50
= Rp. 250.000,-
Es degan
biasa 4000x50= Rp. 200.000,-
Original 5000x30= Rp. 150.000,-
Gelondong
9000x20= Rp. 180.000,-
Hasil
Penjualan Rp.
780.000–Rp. 546.000 = Rp. 234.000 ,- Laba/hari
Dari hasil
diatas dapat di ketahui permodalan untuk pembuatan siomay dan Es degan yang
bermodalkan Rp. 666.000,- dan hasil penjualan Rp. 780.000,- yang mendapatkan
hasil laba Rp.114.000,- perhari
|
6.4.
BIAYA
PEMBUATAN
1. Pembuatan 1 Gerobak : Rp. 800.000
2. Pembuatan Seluruh Produk : Rp. 666.000
3. Target
penjualan 4500 porsi/bulan
4. Biaya
per bulan = (modal bahan baku x 26 hari )
= Rp.
546.000 x 26 hari produksi
= Rp. 14.196.000,- + gas satu kali beli dalam sebulan Rp.110.000,-
= Rp. 14. 306.000,-
6.5.
ANALISIS
KEUNTUNGAN
-
Tempat
Kami
menyewa tempat khususnya untuk lokasi kios
karena kami tidak mempunyai bangunan kios sendiri, namun
kios yang kami sewa ini juga merupakan kios warung. Jadi, ada beberapa
perlengkapanyang sudah ada seperti satu gerobak, meja kursi dan
lainsebagainya.Biaya yang kami keluarkan untuk sewa kios dan perbaikan :
Sewa tempat ( beserta isinya) = Rp.
4.000.000,-
Cat
tembok = Rp. 100.000,-
Perbaikan
lainnya = Rp.200.000,-
-
Waktu
berjualan yaitu:
Untuk kios kami buka hari sabtu sampai kamis, karena
jumat libur.Meringankan karyawan juga untuk istirahat.Jika hari minggu malah
ramai pengunjung Karena hari libur.
-
Penjualan(150 porsi per hari).
-
Target
penjualan/ pengembalian Modal
-
Siomay 5000x50
= Rp. 250.000,-
-
Es degan biasa 4000x50= Rp. 200.000,-
-
Original 5000x30= Rp. 150.000,-
-
Gelondong 9000x20= Rp. 180.000,-
-
Hasil Penjualan-
Modal pembuatan Rp. 780.000–Rp. 546.000 = Rp. 234.000 ,- Laba/hari
Didapatkan
pendapatan kotor per hari sebanyak Rp. 234..000,-
Maka
untuk pendapatan kotor perbulan didapatkan
( Pendapatan per
hari x 26 hari ) = Rp. 234.000,- x 26 hari
= Rp. 6.084.000,- - Rp.
110.000 (gas seali beli/bulan)
=Rp.
5.974.000,-
6.6.
ANALISIS
LABA RUGI
JUMLAH
MODAL AWAL DAN KESELURUHAN = Rp.
7.000.000,-
ESTIMASI
KEUNTUNGAN = Rp. 5.974.000,-
ESTIMASI PEMBAYARANBULAN KE – 1
a.
Karyawan (Rp.1.000.000,- x 1 orang) =Rp. 1.000.000,- /
26 hari
b. Bagian Promosi( Rp.1000.000.- x1 orang)= Rp. 1.000.000
c. Sewa Tempat 1 tahun Rp.4.000.000 : 12 = Rp. 334.000
d. Membeli gerobak 1 unit Rp. 800.000
![]() ![]()
ESTIMASI
KEUNTUNGAN = Rp.
5.974.000,-
ESTIMASI PEMBAYARANBULAN KE – 2
Dan seterusnya
a.
Karyawan (Rp.1.000.000,- x 1 orang) = Rp.
1.000.000,- / 26 hari
b. Bagian Promosi( Rp.1000.000.- x1 orang) = Rp. 1.000.000
![]() ![]()
Dan seterusnya
= Rp.
3.474.000,-
|
7.
ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
7.1.
ANALISIS
LINGKUNGAN BISNIS (SWOT)
FAKTOR INTERNAL
STRENGTH (Kekuatan)
Produk Siomay Ikan Tengiri dan Es Degan ini masih jarang didaerah kami
sehingga berkemingkinan besar bahwa usaha ini akan berkembang dan maju, apa
lagi dengan adanya berbagai inovasi dab kreatifitas dalam menciptakan produk.
Tentunya dengan tempat yang strategis pula menjadi salah satu faktor
pendukung utama.
WEAKNESS(Kelemahan)
Produk ini mudah biasanya musiman untuk bahan baku
dari ikan tengiri terkadang dagingnya jarang, juga mengenai degan yang kadang
supplier hanya bisa menyediakan sedikit karena susahnya barang. Kemudian
mengenai SDM nya yang kurang begitu ahli.
FAKTOR EKSTERNAL
OPPORTUNITY(Peluang)
Produk ini sangat digemari masyarakat yang mana
mempunyai rasa yang khas dan cocok sekali dengan kantong masyarakat
dikalangan menengah kebawah.mengenai es degannya pun sangat banyak sekali
manfaatnya bagi kesehatan organ tubuh.
TREATH(Ancaman)
Banyaknya usaha lain yang namanya sudah terkenal,
menjadi ancaman bagi usaha kami, kemudian untuk harga barang yang
berubah-ubah. Untuk masyarakat kalangan menengah yang kadang meremehkan
produk kami.
|
|
7.2.
DAMPAK
TERHADAP LINGKUNGAN
Produk kami tidak berdampak buruk bagi lingkungan
hanya saja berdampak pada masyarakatnya.
7.3.
ANALISIS
RESIKO USAHA
Pada awal-awal dibukanya kios ini akan mengalami resiko sepi pelanggan
karena kios yang baru kurang terdengan terkenal atau bisda disebut kurang
ternama. Banyaknya usaha lain yang menjadi pesaing kami yang sudah mempunyai
nama.
|
7.4.
ANTISIPASI
RESIKO USAHA
Untuk
mengantisipasi kerugian pada awal-awal buka kami akan melakukan promosi
terus-menerus, kami juga akan menyewa pembeli bayaran agar dapat menarik
pelanggan. Kami juga akan memperlakukan sebaik mungkin pelanggan yang datang setiap
harinya.
|
LAMPIRAN
A.
LOKASI
![]() ![]() ![]() ![]()
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Keterangan:
1. Smp Muhammadiyah
2. MI
caruban
3. Balaidesa Caruban
4. Rumah warga
5. BANK
BRI Unit Ringinarum
6. Kios Kami
7. Toko Sendal sepatu dan tas
8. Rumah warga
9. Rumah warga
10. Masjid
11.
Dari
Arah Weleri ke Weleri (
)

B.
Miniatur
Rencana Tempat Usaha (Tata Ruang)
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
C.
FOTO
PRODUK
![]() |
![]() |
|||
![]() |
![]() |
0 comments:
Post a Comment