• Sitendes Dejos



    RENCANA BISNIS USAHA KULINER
    Siomay Ikan Tengiri dan Es Degan Jos( Sitendes Dejos)






    1.                  RINGKASAN EKSEKUTIF
    Siomay merupakan merupakan salah satu jajanan favorit setiap orang, karena rasanya yang sangat lezat dan mantap untuk disantap. Siapa yang tidak kenal siomay ?siomay juga terkenal makanan khas dari kota Bandung. Siomay termasuk makanan yang banyak digemari setiap kalangan. Bumbu yang paling khas dari siomay ini adalah  taburan bumbu kacang yang sangat lezat dan nikmat. Siomay juga semakin nikmat apabila disantap dengan sambal pedas, sehingga membuat berselera ketika memakannya.

    Es kelapa muda merupakan minuman sejuta umat.Selain dikenal luas, peminatnya tidak bisa dianggap remeh. Sajiannya sangat sederhana, namun menjadi pelepas dahaga yang sangat diminati hampir semua kalangan atau usia.Situs Wikipedia sendiri mengatakan bahwa minuman ini berasal dari Indonesia.Bahkan pada tahun 2011 CNN pernah memasukkannya kedalam 50 minuman terenak di dunia dan es kelapa muda ini menduduki peringkat ke-19. Masih menganggap remeh es satu ini ?


    Meninjau dari keterangan diatas, saya begitu tertarik membuat usaha siomay tengiri dan es degan. Namun, saya ingin ada sebuah inovasi dari produk ini sehingga para konsumen akan merasa tidak bosan. Saya akan membuat Inovasi dengan sambal kacang yang khas dan menambahkan taburan bawang merah goreng yang gurih beserta tahu, kentag dan telur yang akan melengkapi sajian, mengenai es degan saya juga akan memberikan rasa yang khas yaitu dengan adanya  gula gendis dan berbagai rasa seperti dicampur sirup, gula putih, original bahkan susu, kami juga menyediakan es degan gelondongan, gelas, original bahkan beli degannya saja juga boleh. Sehingga konsumen akan merasakan betapa nikmatnya rasa khas dari siomay dan es degan yang kami sajikan, konsumenpun dapat memilih sendiri siomay dan es degan yang akan disajikan dengan berbagai varian.



    2.                 LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
    2.1.            CONTOH DATA PERUSAHAAN
    1.Nama Perusahaan
    Sitendes Dejos

    2.Bidang Usaha
    Kuliner

    3.Jenis Produk / Jasa
    Makanan dan Minuman

    4.Alamat Perusahaan
    Jalan Raya Sedayu-Weleri, RT 01 RW 01
    Kec. Ringinarum, Kab. Kendal

    5.Nomor Telepon/Fax
    089-854-155-59

    6.Alamat Fb
    Sitendesdejos

    7.Bank Perusahaan
    Bank BRI

    8.Bentuk Badan Hukum
    Perseorangan                                    

    9.Nomor Akte Pendirian
    -

    10.N P W P
    -

    11.Mulai Berdiri
    02November 2016

    2.2.            BIODATA PEMILIK
    1.         Nama
    Jarrot

    2.         Jabatan
    Pemilik

    3.         Tempat dan Tanggal Lahir
    Kendal, 25 Mei 1996

    4.         Alamat Rumah
    Jl. Mangga Rt 03/ 02 Ngawensari Kec. Ringinarum Kab. Kendal 51356

    5.         Nomor Telepon
    08995415559

    6.         Nomor Fax
    -

    7.         Alamat E-mail
    Jarrot69@gmail.com

    8.         Pendidikan Terakhir
    SMA

    9.         Pengalaman Kerja
    Toko Sendal Sepatu, Jualan siomay dan  Es Degan

    2.3.             STRUKTUR ORGANISASI







    2.4.             SUSUNAN PEMILIK
    Nama
    Jabatan
    Jarrot
    Pemilik Usaha
    Abdul Rozak
    Pemilik Kios
    Firmansyah
    Supplier Barang


    3.                 ANALISIS PASAR
    3.1.            Produk/Jasa Yang Dihasilkan

    Produk yang kami hasilkan adalah siomay dan es degan, yang mana siomay berbahan baku dari daging ikan tengiri, bertambahan bahan sayur kol, tahu, telor, dicampurkan sambal kacang dan ditaburkan bawang merah goreng.  Kamudian es degan yang berbahan bakudegan yang masih segar yang juga menyesuaikan konsumen akan dicampurkan susu, sirup, gula gendis ataupun original. Yang semua produk kami harganya terjangkau agar mampu menembus kalangan masyarakat,baik siswa SD, SMP, SMA, Mahasiswa maupun masyarakat biasa.
    Siomay ikan tengiri ini disajikan diatas dipiring maupun di bungkus dalam plastic perkilogram, untuk es degan di sajikan dalam gelas, plastic maupun masih utuh dalam bentuk degan yang dikepras yang mana mempunyai kesan indah dan khas.Dalam penyajian produk kami menyesuaikan keinginan pelanggan.Bisnis ini kami kembangkan tidak hanya untuk mencari penghasilan saja tetapi juga mempunyai manfaat untuk pelanggan.Diantaranya :

    Dari manfaat siomay, Daging ikan tengiri adalah protein yang tinggi dan omega 3 yang bermanfaat buatkesehatan, Sayur kol memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga vitami A,B1, B2, B6, E, dan nutrisi lainnya termasuk kalsium K, zat besi, kalium, tiamin, riboflavin,magnesium dan asam folat. Hal ini juga kaya akan kandungan serat makanan.Sayur kol tidak mengandung lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Satu cangkir sayur kol cincang(89gram) akan memiliki kolesterol 0%, lemak 0%, vitamin A 3%, vitamin C 47%, zat besi 2%, kalsium 4%, dan sekitar 15 kalori.Bahan utama pembuat tahu adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung kadar protein yang tinggi dan lechitin. Protein sendiri berguna untukpembentukan sel otot sedang lechitin bisa membangun kecerdasan dan daya ingat sangatbermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak, kentahng juga mempunyai manfaat : a. Tinggi serat : bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. b. Dapat membantumengurangi resiko penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker rahim.c. Membantu mengurangi kadar kolesterol. d. Baik untuk otak .e. Membantu mengurangi peradangan. f. Baik untuk kesehatan kulit . g. Baik bagi penderita batu ginjal. h. Meredakan listrik.Beberapa manfaat telor :a.Telur menghilangkan jerawat. b. Kesehatan mata. c. Lebih banyakmineral.d. Menjaga berat badan agar tetap sehat. e. Telur membantu kesehatan rambu dan kuku. f.  Membantu dalam kehamilan.

    Dari manfaat es degan sendiri bagi kesehatan diantaranya  : Dapat meningkatkan trombosit, Dapat mencegah dehidrasi dan melenyapkan dahaga, Sebagai infus alternatif,  Mampu membuang racun dalam tubuh, Dapat memperbaiki alat pencernaan, Dapatmenormalkan kadar gula, Dapat mengobati penyakit Eksim, Membantu proses pembakaranlemak, Dapat menyehatkan kulit wajah pria dan wanita, Dapat menyembuhkan peradangan,  Dapat melancarkan air seni, Dapat mengobati peradangan, Sangat baik bagi kesehatan ibuhamil, Dapat mencegah cacingan pada anak-anak, Dapat menghancurkan batu ginjal, Dapatmelangsingkan tubuh, Dapat melawan radikal bebas (sebagai antioksidan yang kuat), Mampumemperbaiki jaringan kolagen, Dapat menyembuhkan muntah dan mual, Dapat mencegah dan mengobati gejala tifus
    KEUNGGULAN PRODUK KAMI
    ” Siomay ikan tengiri dan Es Degan” bukan usaha yang pertama, melainkan usaha follower yang mengikuti usaha sejenis lainnya yang sudah lebih dulu ada. Keunggulan kompetitif produk kami antara lain :
    a.       Bahan baku berkualitas.
    b.      Rasa yang sangat khas dari pembuatan bumbu untuk siomay dan tambahan rasa untuk es degan.
    c.       Tanpa pengawet dan bahan kimia berbahaya.
    d.      Kesegaran dari siomay maupun sayurannya dan kesegaran dari degan.
    e.       Kemasan yang ramah lingkungan.
    f.       Harga yang terjangkau untuk produk ini.
    g.      Terjamin kehalalannya.
    h.      Terjamin kehigienisannya.

    3.2.            GAMBARAN PASAR

    Target pasar yang dituju adalah semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Keberadaan dari penjualan siomay ikan tengiri dan es degan ini di jalan sedayu menuju weleri kabupaten Kendal. Walaupun usaha ini ada namun snagat jarang dan didaerah ini hanya ini usaha yang belum ada.Disamping itu, melihat dariletak tempat yang akan didirikan didaerah strategis dan mampu dijangkau oleh masyarakat setempat yang hendak mau berpergian maupun siswa-siswi yang pulang sekolah ataupun lainnya.Yang otomatis lelah, lapar dan kehausan, ditambah lagi siomay dan es degan sangat disukai oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa, selain itu dengan varian rasa yang ada membuat pemasaran dalam pemproduksian makanan dan minuman ini sangat berkembang dengan baik. Dari segi rasa tersebut disesuaikan dengan pemesanan yang ditawarkan. Jadi, pemesanan dan pembelian dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat produksi langsung atau dengan menghubungi melalui contac person.

    KEGIATAN PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN

    Ø  Mulut ke Mulut
    Kegiatan pemasaran ini (promosi) merupakan kegiatan promosi yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya mahal dalam melakukannya. Cukup dengan menggunakan relasi dari kerabat terdekat untuk mempromosikan siomay dan es degan kami ke orang banyak secara personal yaitu mulut ke mulut.
    Ø  Penyebaran Brosur
    Untuk mendukung rencana promosi, kami juga membuat brosur yang akan kami tempelkan di tempat-tempat keramaian dan membagikan secara langsung ke konsumen. Selain itu menyebarkan ke masyarakat, perumahan, sekolah, dan kampus.
    Ø  Akun Social Media
    Kami juga melakukan promosi dengan membuat beberapa akun sosial media untuk menambah kedekatan dan untuk mengetahui minat pasar secara berkala melalui pemasaran dengan media sosial seperti FB, IG dan media social lainnya.
    Ø  Penjualan Langsung
    Menjual langsung Kriyik Jamur ke semua kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan masyarakat sekitar Kota Kendal.

    3.3.            TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

    GAMBARAN KARAKTERISIK PEMBELI / KONSUMEN
    Target atau segmen pasar yang kami tuju adalah pusat keramaian sekitar jalan Sedayu - Weleri. Dalam hal ini, pusat keramaian termasuk lokasi yang sangat baik untuk mengundang banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli makanan kami. Pembeli atau masyarakt yang lewat atau berada disekitar daerah akan beranggapan bahwa siomay dan es degan cocok untuk mengisi perut untuk menghilangkan lapar dan dahaga dengan harga terjnagkau, selain itu produk inipun mempunyai manfaat dan gizi banyak untuk kesehatan. Disamping itu tempat yang berada di jalan raya yang agak besar banyak dilewati pengendara yang cocok untuk bersinggah dan beristirahat sejenak, dengan begitu masyarakat dari daerah lain dapat mengerti produk kami.
    .
    Segmen pasar terdiri dari 3 faktor:
    a.       Faktor geografis    : Pusat keramaian sekitar jalan Sedayu- Weleri
    b.      Fakor Demografis :
    -          Usia                 : Semua usia
    -          Jenis kelamin   : pria dan wanita
    -          Agama             : semua agama
    -          Profesi             : semua profesi
    c.       Faktor kebutuhan
    Produk kami cocok untuk memenuhi kebutuhan Jalan Sedayu- Weleri yang ramai jarang sepi pengendara maupun orang lewat.tersebut apalagi dengan harga yang terjangkau cocok untuk masyarakat.

    3.4.            TREND PERKEMBANGAN PASAR

    PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN
     




    Untuk perkiraan jumlah rata-rata produk per tahun, permintaan akan semakin berkembang dan naik. Karena semakin lama produk kami akan lebih dikenal oleh masyarakat bahkan kami bisa membuka cabang ditempat yang lain jika permintaan terus naik. Selain itu kami akan membuat inovasi-inovasi baru dan menjaga cita rasa dari produk kami. Untuk melihat permintaan produk pertahun, misalnya dalam sehari dapat laku siomay dan es degan sebanyak 150 porsi/hari, jika perbulan maka 4500/bulan (150x30). Sehingga pertahun sebanyak  25. 200 porsi (x12). Yang diharapkan setiap tahunnya meningkat sehingga menjadi 54.000 porsi/tahun ( 70 porsi/hari x 30 harix 12 bulan) dan akan terus meningkat.


    3.5.            PROYEKSI PENJUALAN


    Text Box: Jumlah Produk


    Keterangan : Berdasarkan proyeksi penjualan “Siomay dan Es Degan” perkiraan dari jumlah permintaan pada Tahun 1 sebanyak 4.500 porsi perbulan dengan angka pembanding 1, dan akan naik terus setiap tahunnya. Karena semakin tahunakan semakin dikenal dan maju.
    3.6.            STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK

    Siomay dan Es Degan  memang telah banyak dijumpai di berbagai daerah. Namun kami memberikan rasa yang beraneka ragam serta menyesuiakan keinginan konsumen dan pelayanan yang terbaik sehingga menarik pelanggan. Siomay ikan tengiri dan Es Degan ini meliki inovasi rasa dan bentuk sehingga akan membuming didunia kuliner.
    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN

    Area pemasaran utama adalah Dijalan Sedayu-Weleri yang ramai pemukiman serta akan orang lewat baik siswa-siswi maupun pengendara lain yang akan bepergian melewati jalan ini. Jika sudah berkembang kami akan membuka cabang di dekat tempat-tempat pariwisata.
    KEGIATAN PROMOSI
    Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya, kami juga menempelkan brosur-brosur ditempat yang ramai maupun membagikannya.
    STRATEGI PENETAPAN HARGA
    Harga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan mebandingkan dengan harga bahan pokok dan produksi:

    No
    Nama Menu
    Ukuran
    Harga
    1.
    Siomay Ikan Tengiri
    1 porsi/perpiring
    Rp.5.000,-
    2.
    Es Degan
    1 gelas
    Rp.4.000,-
    3.
    Es Degan Original
    1 gelas
    Rp.5.000,-
    4.
    Es Degan Gelondongan
    1 gelondong
    Rp.9.000,-
    5.
    Siomay dan Es Degan
    Ukuran menyesuaikan
    Harga menyesuaikan keinginan konsumen



    3.7.            ANALISIS PESAING

    PESAING
    KEUNGGULAN
    KELEMAHAN
    Ayam Goreng
    Lebih Mengenyangkandan disukai
    Harga relatif mahal
    Gorengan
    Lebih populer
    Tidak ada varian rasa
    Jus
    Lebih disukai dan Populer
    Harganya relatif mahal
    Es Buah
    Lebih Varian Bahan
    Harganya relatif mahal

    3.8.            SALURAN DISTRIBUSI

    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
    a.       Wilayah Pemasaran

    Jalan Sedayu-Weleri yang Strategis, ramai pemukiman dan pengendara
    b.      Alamat Penjualan (Milik Perusahaan)

    Jalan Raya Sedayu-Weleri, RT 01 RW 01 Kec. Ringinarum, Kab. Kendal 51356
    WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
    a.)    Wilayah Pemasaran
    Seluruh wilayah Kecamatan Ringinarum dan Kota Kendal
    b.)   Rencana lokasi / counter penjualan

    1.      Dekat SMP N 02 Gemuh
    2.      Sekitar Kantor Kecamatan Ringinarum
    3.      Dekat MA 25 Ringinarum
    4.      Di sekitar Alun-alun Kota Kendal
    5.      Depan Pabrik Gula Cepiring
    6.      Dekat Pasar Pegandon
    7.      Dekat Pasar Ringinarum
    8.      Dekat Pasar Weleri
    9.      Dekat Taman Kota Weleri
    10.  Sekitar Pantai Cahaya

    4.            ANALISIS PRODUKSI
    4.1.            PROSES PRODUKSI

    Pembuatan Siomay Bahan / Bumbu

    Ø  Bahan Utama
    -          500 gram Ikan tengiri
    -          Garam secukupnya
    -          200 gram tepung kanji
    -          ½ tepung terigu
    -          150 cc air
    -          3 siung bawang putih haluskan
    -          2 barang daun bawang,iris
    Ø  Bahan untuk pengkap
    -          Telur rebus secukupnya
    -          Kol rebus, digulung
    -          Tahu
    -          Kentang rebus
    Ø  Bahan membuat Sambal Kacang
    -          3 siung bawang putih
    -          Cabai merah seculkupnya
    -          200 gram kaang tanah goreng
    -          Santan cair
    -          50 gram kentang rebus haluskan
    -          Garam sesuai selera
    Ø  Cara membuat sambal Kacang
    -          Pertama haluskan bahan-bahan sambal kacang terlebih dahulu
    -          Apabila sudah dihaluskan masak diwajan dengan api kecil sampai bumbu kacang mengeluarkan minyak
    -          Setelah matang angkat dan sisihkan
    Ø  Cara memasak
    -          Pertama campurkan tepung kanji, terigu dan bahan lainnya yang telah dihaluskan, kemudian aduk sampai adonan kalis
    -          Setelah adonan kalis dan tercampur merata maka anda bisa membentuk adonan bulat atau sesuai keinginan
    -          Rebus air secukupnya kemudian rebus siomay sampai matang
    -          Rebus telur sampai matang
    -          Rebus kol hingga layu kemudian angkat yang gulung sesuaikan
    -          Rebus kentang dan kupas kentang
    -          Jika sudah matang kukus bersama telur , kol, seta kentang yang sudah siap
    -          Sajikan ke piring bersama bahan lainnya


    Pembuatan Es Degan :
    Ø  Sebelum siap
    -          Pilih degan yang sudah siap
    -          Siapkan dua tremos
    -          Patik degan dan saring air ke tremos
    -          Belah degan yang sudah diambil airnya
    -          Kerok kecil-kecil dan campurkan ke salah satu tremos yang terisi air degan
    -          Kasih air es secukupnya ke satu tremos
    Ø  Sajian gelas
    -          Ambil dari tremos melalui sedok tuangkan kegelas secukupnya
    -          Kasih bahan pelengkap sesuai keinginan konsumen
    -          Kasih sendok dan sedotan dan sajikan dengan membawa penampan
    Ø  Sajian Gelondongan
    -          Pilih degan yang ingin dipatik/ tawarkan konsumen memilih
    -          Patik bagian atas dan bawah, kemudian potong  buka sesuai dengan bentuk tutup sesuai keinginan
    -          Kerok degan bagian dalam degan dan tutup degan
    -          Siapkan piring dari tanah liat
    -          Sajikan diatas piring tanah liat
    -          Ambil sendok, sedotan sertan kasih bahan pelengkap sesuai keinginan


    4.2.            BAHAN BAKU DAN PENGGUNAAN

    Bahan Siomay Ikan Tengiri

    Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan bahan baku dan penggunaan untuk pembuatan Siomay Ikan tengiri dengan Ukuran Bahan Jadi 3 Kg, diasumsikan bahan mentah 4 Kg, karena biasanya setelah melalui penggorengan bahan akan menyusut.

    URAIAN BAHAN
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Daginng ikan tengiri
    1 Kg
    Rp.100.000,-
    Rp.100.000,-
    Pasar
    Kacang tanah (goreng)
    0,5Kg
    Rp.15.000,-
    Rp.15.000,-
    Pasar
    Tepung Terigu
    1 Kg
    Rp.6.500,-
    Rp.6.500,-
    Pasar
    Tepung kanji
    1 Kg
    Rp.7.000,-
    Rp.7000,-
    Pasar
    Telur
    2 Kg
    Rp. 20.000,-
    Rp.40.000,-
    Pasar
    Minyak Goreng
    0,5 Kg
    Rp. 11.000,-
    Rp.11.000,-
    Pasar
    Bawang Putih
    0,5 Kg
    Rp. 20.000
    Rp.10.000,-
    Pasar
    Taburan Bawang Merah
    0,5 Kg
    Rp. 20.000,-
    Rp.10.000,-
    Pasar
    Garam
    1 Pcs
    Rp. 1.500,-
    Rp. 1.500,-
    Pasar
    Santan
    1Pcs
    Rp. 2.000,-
    Rp. 2.000,-
    Pasar
    Tahu
    1 Kg
    Rp. 8.000,-
    Rp. 8.000,-
    Pasar
    Kentang
    1 Kg
    Rp. 10.000,-
    Rp. 10.000,-
    Pasar
    Sayur Kol
    1 kg
    Rp. 12.500,-
    Rp. 12. 500,-
    Pasar
    Saos & kecap
    6 Botol
    Rp. 10.000,-
    Rp. 60.000
    Pasar
    JUMLAH
    Rp. 293.500,-




    Bahan Es Degan


    URAIAN BAHAN
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Degan
    40 gelondong
    Rp. 5.000,-
    Rp. 200.000,-
    supplier
    GulaMerah
    1 Kg
    Rp. 15.000,-
    Rp. 15.000,-
    Pasar
    Es kristal
    2kantonggede
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30.000,-
    Pasar
    Susu
    2Kaleng
    Rp. 9.000,-
    Rp. 18.000,-
    Pasar
    Sirup
    2botol
    Rp. 20.000,-
    Rp. 40.000,-
    Pasar
    Gula Putih
    2 Kg
    Rp. 12.500,-
    Rp. 25.000,-
    Pasar
    Daun Pandan
    2 lembar
    Rp.500
    Rp. 1.000,-
    Pasar
    JUMLAH
    Rp. 233.500,-






    Alat Untuk Pembuatan Serta Penyajian Siomay Ikan tengiri dan ES Degan


    URAIAN ALAT
    JUMLAH
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    SUMBER
    Kompor gas
    1
    Rp. 400.000,-
    Rp. 400.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Gas LPG 12 Kg
    1
    Rp. 120.000,-
    Rp. 120. 000,-
    Dealer Resmi
    Nampan
    2
    Rp. 10.000,-
    Rp. 20.000,-
    Pasar
    Pisau
    2
    Rp. 5.000,-
    Rp. 10.000,-
    Pasar
    Wajan ukuran 30 cm
    1
    Rp. 50.000,-
    Rp. 50.000,-
    Toko peralatan masak
    Baskom ukuran 58 cm
    2
    Rp. 38.000,-
    Rp. 76.000,-
    Toko peralatan masak

    Pengemas plastik
    2
    Rp. 10.000,-
    Rp. 20. 000,-
    Toko plastik
    Ember
    2
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30.000,-
    Toko peralatan Mandi
    Kalo
    1
    Rp. 10.000,-
    Rp. 10.000
    Pasar
    Gerobak
    1
    Rp. 800.000,-
    Rp.800.000
    pemesanan
    Panci Siomay
    1
    Rp. 70.000,-
    Rp. 70.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Panci Biasa
    2
    Rp. 50.000,-
    Rp. 50.000
    Toko Peralatan Masak
    Toples
    2
    Rp. 5.000,-
    Rp. 10.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Sendok biasa & garpu
    2 lusin
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30.000
    Toko Peralatan Masak
    Piring
    2 lusin
    Rp. 24.000,-
    Rp. 48.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Gelas
    3 pak
    Rp. 20.000,-
    Rp. 60.000,-
    Toko Peralatan Dapur
    Piring tanah liat
    2 lusin
    RP. 25.000,-
    Rp. 50.000,-
    Toko Peralatan Dapur
    Golok
    2
    Rp.50.000,-
    Rp. 100.000,-
    Toko Peralatan Dapur
    Tremos es
    2
    Rp. 80.000,-
    Rp. 160.000,-
    Pemesanan
    Sedok Besar
    2
    Rp. 8.000,-
    Rp. 16.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Sedok kecil
    1
    Rp.5.000,-
    Rp.5000,-
    Toko Peralatan Masak
    Sedotan
    2
    Rp. 15.000,-
    Rp. 30. 000,-
    Toko plastik
    Irus
    2
    Rp. 5.000,-
    Rp.10.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Cowek & mutu
    1
    Rp.25.000,-
    Rp.25.000,-
    Pedagang kaki Lima
    Tempat Sendok
    6
    Rp. 2.500,-
    Rp. 15.000,-
    Toko Peralatan Masak
    Sewa kios
    1tahun
    Rp. 4.000.000,-
    Rp. 4.000.000,-
    Pemilik
    JUMLAH
    Rp. 6. 200.000,-


    4.3.             KAPASITAS PRODUKSI
     Dalam tabel ini disajikan data kebutuhan untuk kapasitas produksi perbulan :



    KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
    4500 porsi

    URAIAN
    JUMLAH/HARI
    HARGA SATUAN
    JUMLAH HARGA
    Pengemas Plastik
    2 paket
    Rp. 10.000,-
    Rp. 600.000,-
    Pembuatan siomay
    50
    Rp. 5.000,-
    Rp. 250.000,-
    Es Degan Gelas
    50
    Rp. 4.000,-
    Rp. 200.000,-
    Es Degan original
    30
    Rp. 5.000,-
    Rp. 150.000,-
    Es Degan Gelondong
    20
    Rp. 9000,-
    Rp. 180.000




    JUMLAH
    Rp. 1.380.000,-


    4.4.            RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

    Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
    a.       Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya siomay ikan tengiri dan minuman es degan.
    b.      Menemukan dan menciptakan inovasi bar uterus menerus dalam membuat siomay dan es degan.
    c.       Memperluas berbagai cita rasa.
    d.      Meningkatkan produksi.
    e.         Membuka Cabang.



    5.                  ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
    5.1.            ANALISIS KOMPETENSI SDM
    -          Ahli akunting dalam pembukuan dan keuangan
    -          Ahli dalam promosi/penjualan
    -          Ahli dalam mengolah pengelolaan
    -          Ahli dalam menginofasi
    -          Ahli dalam memberikan ide-ide baru



    6.                 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    6.1.            RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
    STRATEGI PEMASARAN
    a.       Menyebar brosur tentang produk diwilayah kecamatan Ringinarum dan di kota kendal.
    b.      Menawarkan langsung kepada konsumen.
    c.       Membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Situs, Web, dll.

    STRATEGI PRODUKSI
    a.       Menggunakan alat dan perlengkapan yang bersih dan higienis.
    b.      Proses pengolahan oleh karyawan ahli..
    c.       Menjaga citarasa agar terjaga kenikmataannya.
    d.      Menyajikan dengan keadaan segar.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
    a.       Pemberian peraturan dan perjanian bekerja oleh peimilik kepada tenaga kerja
    b.      Penjelasan sistem pekerjssn
    c.       Penjelasan sistem pemasaran
    d.      Menjelaskan pembukuan keuangan harian, bulanan, dan tahunan

    STRATEGI KEUANGAN
    a.       Menulis setiap pemasukan harian, bulanan, dan tahunan
    b.      Menulis setiap pengeluaran harian, bulanan, dan tahunan
    c.       Menulis setiap  keuntungan harian, bulanan, dan tahunan

    6.2.            TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
    Pada pengembangan usaha kami merencanakan tahap-tahapnya sebagai berikut:
    1.      Melakukan penawaran promosi  secara terus-menerus, agar masyarakat lebih mengenal produk kami. Bahkan masyarakat kalangan luar bisa mengenal produk kami.
    2.      Menjaga cita rasa kenikmatan yang khas dari produk kami , Pelayanan yang ramah dalam melayani pelanggan, sehingga konsumen yang pernah datang ke tempat kami akan puas dan menyalurkannya ke teman-teman, kerabat ataupun masyarakat lainnya.
    3.      Jika masyarakat sudah mengenal dan percaya pada produk kami, maka masyarakat selaku konsumen/ pelanggan pasti akan rajin mampir ke kios kami. Dengan demikian permintaan akan produk kami pasti menjadi meningkat dan berkembang. Yang kemudian dapat memperbesar dengan membuka cabang dan melengkapi bahkan mempercantik kios.
    ANALISIS KEUANGAN
    6.3.            RENCANA PERMODALAN/ Hari

    Siomay                        Rp. 293.000 ,-/ hari
    Es degan                     Rp. 233.000,-/ hari
    Plastic  (2 paket)          Rp. 20.000,-
                                        Rp. 546.000,-
    Target penjualan/ pengembalian Modal
    Siomay                                                5000x50 = Rp. 250.000,-
    Es degan biasa                                    4000x50= Rp. 200.000,-
    Original                                               5000x30= Rp. 150.000,-
    Gelondong                                          9000x20= Rp. 180.000,-
    Hasil Penjualan                                   Rp. 780.000–Rp. 546.000 = Rp. 234.000 ,- Laba/hari


    Dari hasil diatas dapat di ketahui permodalan untuk pembuatan siomay dan Es degan yang bermodalkan Rp. 666.000,- dan hasil penjualan Rp. 780.000,- yang mendapatkan hasil laba Rp.114.000,- perhari

    6.4.            BIAYA PEMBUATAN
    1.      Pembuatan 1 Gerobak                         : Rp. 800.000
    2.      Pembuatan Seluruh Produk                : Rp. 666.000

    3.      Target penjualan 4500 porsi/bulan
    4.      Biaya per bulan = (modal bahan baku x 26 hari )
      = Rp. 546.000 x 26 hari produksi
      = Rp. 14.196.000,- + gas satu kali beli dalam sebulan Rp.110.000,-
    = Rp. 14. 306.000,-

    6.5.            ANALISIS KEUNTUNGAN
    -          Tempat
    Kami menyewa tempat khususnya untuk lokasi kios karena kami tidak mempunyai bangunan kios sendiri, namun kios yang kami sewa ini juga merupakan kios warung. Jadi, ada beberapa perlengkapanyang sudah ada seperti satu gerobak, meja kursi dan lainsebagainya.Biaya yang kami keluarkan untuk sewa kios dan perbaikan :
    Sewa tempat ( beserta isinya)  =          Rp. 4.000.000,-
    Cat tembok                  =          Rp. 100.000,-
    Perbaikan lainnya        =          Rp.200.000,-

    -          Waktu berjualan yaitu:
    Untuk kios kami buka hari sabtu sampai kamis, karena jumat libur.Meringankan karyawan juga untuk istirahat.Jika hari minggu malah ramai pengunjung Karena hari libur.

    -          Penjualan(150 porsi per hari).

    -          Target penjualan/ pengembalian Modal
    -          Siomay                                                5000x50 = Rp. 250.000,-
    -          Es degan biasa                                     4000x50= Rp. 200.000,-
    -          Original                                               5000x30= Rp. 150.000,-
    -          Gelondong                                          9000x20= Rp. 180.000,-


    -          Hasil Penjualan- Modal pembuatan    Rp. 780.000–Rp. 546.000 = Rp. 234.000 ,- Laba/hari

    Didapatkan pendapatan kotor per hari sebanyak Rp. 234..000,-
    Maka untuk pendapatan kotor perbulan didapatkan
    ( Pendapatan per hari x 26 hari ) = Rp. 234.000,- x 26 hari
    = Rp. 6.084.000,- - Rp. 110.000 (gas seali beli/bulan)
    =Rp. 5.974.000,-

    6.6.            ANALISIS LABA RUGI

    JUMLAH MODAL AWAL  DAN KESELURUHAN                    =          Rp. 7.000.000,-


    ESTIMASI KEUNTUNGAN                      =          Rp. 5.974.000,-

    ESTIMASI PEMBAYARANBULAN KE – 1

    a.       Karyawan (Rp.1.000.000,- x 1 orang)           =Rp. 1.000.000,- / 26 hari
    b.      Bagian Promosi( Rp.1000.000.- x1 orang)=  Rp. 1.000.000
    c.       Sewa Tempat 1 tahun Rp.4.000.000 : 12 = Rp. 334.000
    d.      Membeli gerobak 1 unit Rp. 800.000

    Sehingga didapatkan keuntungan bersih (bulan ke 1)          =Rp. 2.340.000



    ESTIMASI KEUNTUNGAN                                  =          Rp. 5.974.000,-

    ESTIMASI PEMBAYARANBULAN KE – 2
    Dan seterusnya

    a.       Karyawan (Rp.1.000.000,- x 1 orang)           =          Rp. 1.000.000,- / 26 hari
    b.      Bagian Promosi( Rp.1000.000.- x1 orang)       =          Rp. 1.000.000
    Sehingga didapatkan keuntungan bersih (bulan ke 2)
    Dan seterusnya                                                                =         Rp. 3.474.000,-




    7.                  ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

    7.1.            ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS (SWOT)

    FAKTOR INTERNAL
    STRENGTH (Kekuatan)

    Produk Siomay Ikan Tengiri dan Es Degan ini masih jarang didaerah kami sehingga berkemingkinan besar bahwa usaha ini akan berkembang dan maju, apa lagi dengan adanya berbagai inovasi dab kreatifitas dalam menciptakan produk. Tentunya dengan tempat yang strategis pula menjadi salah satu faktor pendukung utama.

    WEAKNESS(Kelemahan)
    Produk ini mudah biasanya musiman untuk bahan baku dari ikan tengiri terkadang dagingnya jarang, juga mengenai degan yang kadang supplier hanya bisa menyediakan sedikit karena susahnya barang. Kemudian mengenai SDM nya yang kurang begitu ahli.

    FAKTOR EKSTERNAL
    OPPORTUNITY(Peluang)
    Produk ini sangat digemari masyarakat yang mana mempunyai rasa yang khas dan cocok sekali dengan kantong masyarakat dikalangan menengah kebawah.mengenai es degannya pun sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan organ tubuh.

    TREATH(Ancaman)
    Banyaknya usaha lain yang namanya sudah terkenal, menjadi ancaman bagi usaha kami, kemudian untuk harga barang yang berubah-ubah. Untuk masyarakat kalangan menengah yang kadang meremehkan produk kami.



    7.2.            DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
    Produk kami tidak berdampak buruk bagi lingkungan hanya saja berdampak pada masyarakatnya.

    7.3.            ANALISIS RESIKO USAHA
    Pada awal-awal dibukanya kios ini akan mengalami resiko sepi pelanggan karena kios yang baru kurang terdengan terkenal atau bisda disebut kurang ternama. Banyaknya usaha lain yang menjadi pesaing kami yang sudah mempunyai nama.

    7.4.            ANTISIPASI RESIKO USAHA
    Untuk mengantisipasi kerugian pada awal-awal buka kami akan melakukan promosi terus-menerus, kami juga akan menyewa pembeli bayaran agar dapat menarik pelanggan. Kami juga akan memperlakukan sebaik mungkin pelanggan yang datang setiap harinya.


    LAMPIRAN
    A.    LOKASI
    10
     
    Text Box: UText Box: 9Text Box: 8Text Box: 7Text Box: 6Text Box: 5Text Box: 4Text Box: 1Text Box: 2Text Box: 3

    Keterangan:
    1.      Smp Muhammadiyah
    2.      MI caruban
    3.      Balaidesa Caruban
    4.      Rumah warga
    5.      BANK BRI Unit Ringinarum
    6.      Kios Kami
    7.      Toko Sendal sepatu dan tas
    8.      Rumah warga
    9.      Rumah warga
    10.  Masjid
    11.  Dari Arah Weleri ke Weleri  (       )

    B.                 Miniatur Rencana Tempat Usaha (Tata Ruang)

    Text Box: Tempat MencuciText Box: Rak Pemajangan produkText Box: GerobakText Box: KasirText Box: GerobakText Box: PintuText Box: Meja dan kursi

Text Box: Meja dan kursi

Text Box: Meja dan kursi

Text Box: Meja dan kursi

Text Box: Meja dan kursi

Text Box: Meja dan kursiText Box: Pintu belakang






    C.                FOTO PRODUK










     


  • 0 comments:

    Post a Comment

    Blogger templates

    Popular Posts