Jasa Bengkel Motor
“Bengkel Motor Banter”
RINGKASAN EKSEKUTIF
Diferensiasi produk merupakan
salah satu cara perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan dunia usaha.
Diferensiasi produk yang ditawarkan oleh bengkel ini berawal dari kebutuhan
pelnggan yang tidak dipenuhi oleh bengkel-bengkel pada umumnya. Waktu tunggu,
kebosanan dan keengganan pelanggan untuk berada di tempat perbengkelan diatasi
dengan pemeberian fasilitas ruang tunggu yang nyaman dan menawarkan beragam
manfaat. Bengkel ini memiliki keunggulan saing dengan adanya fasilitas cafe dan
ruang baca.
Bisnis
ini mengutamakan kepuasan konsumen sehingga kami akan memberikan pelayanan
berbasis kekeluargaan. Bisnis ini akan memberikan pelayanan yang ramah dan bersahabat sehingga konsumen
bisa terbuka, dalam memberikan kritik dan saran.
Keunggulan utama dari bisnis ini berbasis pada konsumen. Bisnis ini akan
memberikan pelayanan yang secara maksimal dan tata ruang menarik sehingga konsumen
akan merasa nyaman dan tidak akan
merasa bosan dalam menunggu service selesai
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
CONTOH Biodata Perusahaan
1.
Nama Perusahaan
|
Bengkel Motor Banter
|
2.
Bidang Usaha
|
Otomotif
|
3.
Jenis Produk / Jasa
|
Jasa Perbaikan Motor
|
4.
Alamat Perusahaan
|
Jalan Taman Siswa Kel. Banaran, Kec. Gunungpati Kota
Semarang
|
5.
Nomor Telepon/Fax
|
082221355764
|
6.
Alamat E-mail
|
oto.motor@gmail.com
|
7.
Bank Perusahaan
|
Bank BNI dan BRI
|
8.
Bentuk Badan Hukum
|
Perseorangan
|
9.
Nomor Akte Pendirian
|
-
|
10. N
P W P
|
-
|
11. Mulai
Berdiri
|
1 Januari 2016
|
Biodata Pemilik
1.
Nama
|
Anas
|
2.
Jabatan
|
Pemilik
|
3.
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Semarang, 4 Mei 1996
|
4.
Alamat Rumah
|
Jalan Tlogo Mas No. 158 Kel. Palebon, Kec. Pedurungan Kota
Semarang
|
5.
Nomor Telepon
|
082221355764
|
6.
Nomor Fax
|
-
|
7.
Alamat E-mail
|
Anaz28@gmail.com
|
8.
Pendidikan Terakhir
|
SMA
|
9.
Pengalaman Kerja
|
-
|
Struktur Organisasi
ANALISIS USAHA
Nama Usaha:
“BENGKEL MOTOR BANTER”
Deskripsi Usaha:
Bisnis ini berupa penawaran
jasa services sepeda motor dan menjual spare part sepeda motor. Pelayanan service sepeda motor dilakukan dengan membuka sebuah bengkel
dengan sistem pelayanan konsumen yang ramah dan juga dilengkapi ruang tunggu
yang nyaman serta cafe. Usaha ini rencananya akan didirikan di sekitar daerah.
Misi Perushaan:
Memberikkan pelayanan terbaik dan
produk yang berkualitas bagi konsumen secara maksimal serta berusaha
melakukan pengembangan dibidang usaha.
Bentuk Kepemilikan:
Bentuk
kepemilikan bisnis ini adalah individual (personal).
Kelebihan Perusahaan
Konsumen akan
menggunakan jasa service di bengkel ini karena pelayanan yang cepat, ramah dan
memuaskan. Selain itu dengan adanya ruang tunggu dan sebuah café akan membuat
para pelanggan lebih nyaman dalam menunggu proses service selesai.
Ethical issues
- Bersaing secara sehat dengan menunjukkan keunggulan bisnis
- Memberikan pelayanan yang ramah dan cepat
- Memberikan motivasi pada karyawan guna meningkatkan semanggat kerja dan dedikasi.
Manajemen Operasional
Perusahaan yang efektif dan efisien
tidak hanya menggunakan tenaga kerja yang terampil dan berpendidikan tetapi
juga tenaga kerja yang mampu bekerja dalam sebuah tim dalam mewujudkan tujuan
perusahaan dan tentunya juga memiliki visi dan misi yang sama dengan
perusahaan.
Dalam
bengkel “Bengkel Motor Banter” ini, sangat dibutuhkan tenaga-tenaga yang
terampil, loyal dan kompeten di bidangnya, mengingat bahwa usaha ini merupakan
usaha yang baru terbentuk dan masih harus menciptakan image baik di masyarakat
dalam rangka meraih dan merebut pasar yang ada.
Pada
bengkel “Bengkel Motor Banter” ini tenaga kerja
yang diperlukan ada 20 orang. Dengan klasifikasi dan rincian sebagai berikut:
Divisi
|
Pekerjaan/jabatan
|
Spesifikasi
|
Deskripsi Kerja
|
Jumlah
|
Manajer Umum
|
Pimpinan/manajer
|
S1 Teknik Industri
|
1.
bertangggungjawab atas jalannya seluruh usaha.
2.
menjalin kerjasama, dengann pihak lain ynag
berhubungan dengan usaha.
|
1 orang
|
Bagian Bengkel
|
Ka.Bag Bengkel
|
S1 Teknik Mesin
|
1. bertanggung
jawab atas kinerja divisi bengkel.
2. membuat
laporan kemajuan usaha kepada pemilik secara berkala.
|
1 orang
|
Ka.Div Mekanik
|
Min D3 Teknik Mesin (sudah berpengalaman bekerja selama
3tahun)
|
1. mengkoordinasi
para mekanik dalam kerja
2. menyelenggarakan
training dan pelatihan secara berkala.
|
1 orang
|
|
Ka.Div
Inventori
|
Min SMK
|
1. bertanggung
jawab atas kelengkapan inventori.
|
1 orang
|
|
Ka.Div administrasi
|
Min D3 akuntansi (berpengalaman min 1 tahun kerja)
|
1. bertanggung
jawab atas administrasi perusahaan
2. membuat
laporan keuangan secara berkala
|
1 orang
|
|
Staff. Div Mekanik
|
Min SMK
|
1. mengerjakan order yang diberikan oleh
konsumen
|
10 orang
|
|
Staff Div
Administrasi
|
Min SMEA
|
1.
membantu KaDiv Administrasi melakukan tugas
|
1 orang
|
|
Penjaga malam
|
Min SMP
|
1.
menjaga keamanan tempat usaha
|
1 orang
|
|
Bagian Café
|
Staff café
|
Min SMK
|
1.
mengelola jalannya café
|
3 orang
|
Total 20 orang
ANALISIS PASAR
Customer Profil
Bengkel Motor
Banter adalah usaha bengkel
baru yang melakukan diversifikasi produk layanan bengkel dengan fasilitas cafe
dan ruang baca. Berdasarkan
survei, didapatkan data bahwa
hampir 85% konsumen tetap berada di dalam bengkel untuk menunggui kendaraanya
yang direparasi. Sementara itu 95% responden menjawab bahwa mereka tidak
melakukan aktifitas yang berarti atau
ditunjukan di dalam polling dengan pilihan “diam saja”. Dari dua pernyataan
tersebut dapat ditarik pernyataan bahwa pelanggan tetap memilih untuk menunggu
kendaraannya di reparasi walaupun dengan konsekuensi tidak melakukan aktifitas
yang cukup berarti menurut konsumen.
dari uraian tersebut menggambarkan perilaku konsumen sebagai berikut :
v Konsumen tetap memilih untuk tinggal di
dalam bengkel saat men-service sepeda
motornya walaupun harus kehilangan waktu tanpa sebuah aktivitas yang menurut
konsumen bernilai tambah.
v Konsumen menganggap kondisi di atas
sebagai kekurangan dalam sebuah bengkel dan memiliki harapan untuk dapat
membuat waktu tunggu tersebut bernilai tambah
Segmen Pasar
Jumlah
sepeda motor di Sekitar Kecamatan Gunung Pati khususnya di daerah Sekaran,
banaran, dan Patemon. Komposisi terbesar pemakai sepeda motor di kawasan
tersebut adalah mahasiswa. Angka kepadatan sepeda motor berada di wilayah
kampus UNNES.
Dalam penentuan jumlah konsumen
potensial, dilakukan penghitungan angka kepadatan ( Traffic Counting ) sepeda motor di jalan mana tempat dimana usaha
usaha akan didirikan, yaitu JL. Taman Siswa. dari besarnya kepadatan lalu
lintas ( sepeda motor ) di titik tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pasar dari
usaha ini adalah penduduk ( mahasiswa dan masayarakat ) yang tinggal di sekitar
kampus UNNES.
ANALISIS PEMASARAN
Periklanan:
Dalam
perencanaan, proporsi media iklan yang akan digunakan adalah sebagai berikut : leaflet 50%, radio 30%, pamflet 10%,
surat kabar 10%.
Berikut ini adalah biaya yang diperlukan untuk
periklanan
Media
|
Satuan
|
Harga Persatuan
|
Jumlah Satuan/tayang
|
Total
|
Iklan baris Koran
(selama 2 bulan )
|
kolom/
minggu
|
Rp 50.000
|
8
|
Rp
400.000
|
Papan Neon
|
Unit
|
Rp 500.000
|
2
|
Rp 1.000.000
|
iklan radio
(1 bulan)
|
paket/
6 hari
|
Rp 200.000
|
5
|
Rp 1.000.000
|
Leaflet
|
Rim
|
Rp 100.000
|
4 rim
|
Rp
400.000
|
Pamflet
|
Rim
|
Rp 100.000
|
2 rim
|
Rp
200.000
|
TOTAL
|
Rp 3.000.000
|
ANALISIS PROSES PRODUKSI
Service:
Stasiun kerja yang ada dalam bengkel ini adalah :
Stasiun Kerja
|
Petugas
|
Aktivitas Utama
|
Kasir bengkel
|
Petugas kasir
|
§ menerima order perbaikan dan permintaan
lainnya dari pelanggan untuk diteruskan pada mekanik
§ melakukan transaksi pembayaran atas jasa
bengkel atau pembelian spare part dengan pelanggan
|
Pos reparasi / mekanik
|
Mekanik
|
melakukan aktivitas perbengkelan /
mekanik pada sepeda motor sesuai dengan kartu instruksi
|
Etalase / stock spare part
|
Pelayan
|
melayani pelanggan untuk mencarikan
spare part, aksesori, oli atau produk lainnya
|
Kasir kafe
|
Petugas kasir
|
§ menerima order makanan dan minuman dari
pelanggan untuk diteruskan pada juru masak
§ melakukan transaksi pembayaran
§ menyajikan makanan dan minuman pesanan
pelanggan
|
Dapur kafe
|
Juru masak
|
menyiapkan makanan dan minuman sesuai
dengan nota pesanan
|
Desain Bengkel
Komponen/fasilitas yang diperhitungkan
dalam perancangan tata letak fasilitas bengkel adalah sebagai berikut :
§ ruang reparasi
§ ruang kasir dan etalase
§ tempat penyimpanan inventori suku cadang
dan produk lainnya
§ tempat alat mekanik khusus
§ ruang tunggu di dekat kasir
§ ruang duduk di dalam kafe
§ toilet
§ rak buku
§ kasir kafe dan dapur
Secara mendasar bengkel ini dapat dibagi menjadi
dua buah bagian yaitu fasilitas perbengkelan dan fasilitas kafe. Dalam
merancang tata letak fasilitas perlu diperhatikan konsep dan prinsip dasar masing-masing
fasilitas. Keberadaan keduanya dalam satu tempat tentu saja akan menghasilkan
banyak pertentangan.
Arahan dalam perancangan fasilitas kafe adalah
menjadikan fasilitas tersebut tetap berfungsi selayaknya kafe tanpa terganggu
oleh aktivitas perbengkelan. Sehingga dalam perancangan fasilitas kafe perlu
diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Kebisingan yang ditmbulkan oleh aktivitas perbengkelan
- Debu atau kotoran yang dihasilkan oleh aktifitas perbengkelan
Faktor
diatas disiasati dengan pemasangan sekat antara tempat kafe dan ruang
perbengkelan. Dalam perancangan kafe, diusahakan akses masuk ke dalam kafe bisa
langsung dari luar ( tidak harus melalui ruang perbengkelan atau kasir bengkel
). Sehingga, kafe bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yang tidak memakai jasa
reparasi bengkel.

Kapasitas Produksi:
Sekali
proses operasi reparasi dibutuhkan waktu rata-rata 30 menit. Dengan 7 jam kerja
dalam satu hari, diperoleh 14 motor untuk satu workstation. Jika direncanakan
ada 5 workstation kerja, maka dalam satu hari bisa dilakukan pengerjaan 70
motor.
Diperkirakan ada sekitar 5000
sepeda motor yang menjadi target pasar. Jika satu sepeda motor mengalami
perbengkelan dua bulan
sekali, maka perharinya akan ada sekitar 80 motor yang memakai jasa bengkel.
Jika
dalam rencana bisnisnya Garasi Motor Sport menghendaki dapat menguasai market
share sebesar 50%, maka Garasi Motor Sport akan melayani sekitar 40 motor perharinya.
.
BIAYA PERALATAN DAN PENGGUNAAN
Peralatan utama yang digunakan dalam perbengkelan adalah:
Perlengkapan Bengkel
Nama Alat
|
Harga perunit
|
Jumlah unit
|
Total biaya
|
Kompresor
|
1.200.000
|
2
|
2.400.000
|
Spray
|
200.000
|
6
|
1.200.000
|
Dongkrak
|
250.000
|
5
|
1.250.000
|
Kunci per Set
|
700.000
|
6
|
4.200.000
|
Etalase
|
500.000
|
2
|
1.000.000
|
Komputer
|
3.500.000
|
2
|
7.000.000
|
Meja
|
100.000
|
2
|
200.000
|
Kursi petugas kasir
|
75.000
|
2
|
150.000
|
Kursi tunggu pelanggan
|
40.000
|
5
|
200.000
|
Pemadam kebakaran
|
400.000
|
1
|
400.000
|
TOTAL
|
Rp
|
18.000.000
|
Perlengkapan Café |
|||
Nama
|
Harga perunit
|
Jumlah unit
|
Total Biaya
|
Meja tamu
|
200.000
|
4
|
400.000
|
Kursi tamu
|
75.000
|
16
|
800.000
|
Kursi panjang
|
90.000
|
2
|
180.000
|
Rak buku
|
60.000
|
4
|
240.000
|
TV
|
1.500.000
|
1
|
1.500.000
|
AC
|
3.000.000
|
1
|
3.000.000
|
Alat dapur
|
500.000
|
1
|
500.000
|
Kitchen Set
|
1.500.000
|
1
|
1.500.000
|
Pengadaan buku
|
4.000.000
|
1
|
4.000.000
|
alat makan
|
800.000
|
1
|
800.000
|
Total
|
Rp
|
12.920.000
|
Pendirian Fasilitas
Nama Alat
|
Harga perunit
|
Jumlah unit
|
Total biaya
|
Ijin Usaha
|
5.000.000
|
1
|
5.000.000
|
Sewa Bangunan
|
60.000.000
|
1
|
60.000.000
|
Renovasi Gedung
|
30.000.000
|
1
|
30.000.000
|
TOTAL
|
Rp
|
95.000.000
|
Jadi beban biaya yang harus dikeluarkan
perusahaan, pada saat pendirian
Rp 115.920.000,-
Administrasi bulanan
|
Perkiraan Biaya Pengadaan Spare Part
diadakan tiap sepuluh (10) hari sekali
HONDA
Grand
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas rem depan cakram
|
|||
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas kopling
|
35000
|
10
|
350000
|
saringan udara
|
10000
|
5
|
50000
|
rantai roda
|
40000
|
10
|
400000
|
rantai keteng
|
30000
|
4
|
120000
|
Piston
|
50000
|
5
|
250000
|
ring piston
|
27500
|
5
|
137500
|
kabel gas
|
10000
|
15
|
150000
|
kabel rem/ kopling
|
10000
|
20
|
200000
|
sokbreker belakang/set
|
200000
|
4
|
800000
|
CDI
|
200000
|
4
|
800000
|
Total
|
3657500
|
Supra (fit,X)
& Kharisma
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
25000
|
10
|
250000
|
kampas rem depan cakram
|
35000
|
10
|
350000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas kopling
|
35000
|
10
|
350000
|
saringan udara
|
10000
|
5
|
50000
|
rantai roda
|
40000
|
10
|
400000
|
rantai keteng
|
30000
|
4
|
120000
|
Piston
|
80000
|
5
|
400000
|
ring piston
|
40000
|
5
|
200000
|
kabel gas
|
15000
|
15
|
225000
|
kabel rem/ kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
4
|
1000000
|
CDI
|
275000
|
4
|
1100000
|
Total
|
4645000
|
Revo
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas rem depan cakram
|
30000
|
10
|
300000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas kopling
|
32500
|
10
|
325000
|
saringan udara
|
12500
|
5
|
62500
|
rantai roda
|
35000
|
10
|
350000
|
rantai keteng
|
25000
|
4
|
100000
|
Piston
|
45000
|
5
|
225000
|
ring piston
|
37500
|
5
|
187500
|
kabel gas
|
15000
|
15
|
225000
|
kabel rem/ kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
225000
|
4
|
900000
|
CDI
|
225000
|
4
|
900000
|
Total
|
3975000
|
Megapro
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
70000
|
5
|
350000
|
kampas rem depan cakram
|
40000
|
5
|
200000
|
kampas rem belakang
|
21500
|
5
|
107500
|
kampas kopling
|
79800
|
5
|
399000
|
saringan udara
|
37500
|
3
|
112500
|
rantai roda
|
100000
|
5
|
500000
|
rantai keteng
|
300000
|
2
|
600000
|
Piston
|
200000
|
3
|
600000
|
ring piston
|
67500
|
3
|
202500
|
kabel gas
|
28000
|
10
|
280000
|
kabel rem/ kopling
|
19000
|
10
|
190000
|
sokbreker belakang/set
|
350000
|
2
|
700000
|
CDI
|
40000
|
2
|
300000
|
Total
|
4541500
|
Tiger
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
75000
|
5
|
375000
|
kampas rem depan cakram
|
42500
|
5
|
212500
|
kampas rem belakang
|
22500
|
5
|
112500
|
kampas kopling
|
85000
|
5
|
425000
|
saringan udara
|
40000
|
3
|
120000
|
rantai roda
|
700000
|
5
|
3500000
|
rantai keteng
|
350000
|
2
|
700000
|
Piston
|
210000
|
3
|
630000
|
ring piston
|
75000
|
3
|
225000
|
kabel gas
|
35000
|
10
|
350000
|
kabel rem/ kopling
|
25000
|
15
|
375000
|
sokbreker belakang/set
|
500000
|
2
|
1000000
|
CDI
|
350000
|
2
|
700000
|
Total
|
8725000
|
Vario
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
25000
|
10
|
250000
|
kampas rem depan cakram
|
35000
|
10
|
350000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas kopling
|
|||
saringan udara
|
10000
|
5
|
50000
|
rantai roda
|
40000
|
10
|
400000
|
rantai keteng
|
30000
|
4
|
120000
|
Piston
|
80000
|
5
|
400000
|
ring piston
|
40000
|
5
|
200000
|
kabel gas
|
15000
|
10
|
150000
|
kabel rem/ kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
2
|
500000
|
CDI
|
275000
|
2
|
550000
|
Total
|
3170000
|
YAMAHA
Vega/Krypton
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
17000
|
10
|
170000
|
kampas rem depan cakram
|
25000
|
10
|
250000
|
kampas rem belakang
|
17000
|
10
|
170000
|
kampas kopling
|
21000
|
10
|
210000
|
saringan udara
|
10200
|
5
|
51000
|
rantai roda
|
20700
|
10
|
207000
|
rantai keteng
|
33500
|
4
|
134000
|
Piston
|
58000
|
5
|
290000
|
ring piston
|
23500
|
5
|
117500
|
kabel gas
|
10000
|
15
|
150000
|
kabel kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
4
|
1000000
|
CDI
|
300000
|
4
|
1200000
|
Total
|
3949500
|
F1Z
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
17000
|
5
|
85000
|
kampas rem depan cakram
|
25000
|
5
|
125000
|
kampas rem belakang
|
17000
|
5
|
85000
|
kampas kopling
|
21000
|
5
|
105000
|
saringan udara
|
10200
|
3
|
30600
|
rantai roda
|
20700
|
5
|
103500
|
rantai keteng
|
33500
|
2
|
67000
|
Piston
|
60000
|
3
|
180000
|
ring piston
|
45000
|
3
|
135000
|
kabel gas
|
10000
|
8
|
80000
|
kabel kopling
|
10000
|
10
|
100000
|
sokbreker belakang/set
|
250000
|
2
|
500000
|
CDI
|
300000
|
2
|
600000
|
Total
|
2196100
|
Jupiter
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas rem depan cakram
|
25000
|
10
|
250000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
kampas kopling
|
25000
|
10
|
250000
|
saringan udara
|
12500
|
5
|
62500
|
rantai roda
|
21500
|
10
|
215000
|
rantai keteng
|
33500
|
4
|
134000
|
Piston
|
75000
|
5
|
375000
|
ring piston
|
50000
|
5
|
250000
|
kabel gas
|
10000
|
15
|
150000
|
kabel kopling
|
0
|
||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
4
|
1000000
|
CDI
|
300000
|
4
|
1200000
|
Total
|
4286500
|
Vixion
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
25000
|
4
|
100000
|
kampas rem depan cakram
|
35000
|
4
|
140000
|
kampas rem belakang
|
35000
|
4
|
140000
|
kampas kopling
|
31000
|
4
|
124000
|
saringan udara
|
15000
|
4
|
60000
|
rantai roda
|
28500
|
4
|
114000
|
rantai keteng
|
46000
|
2
|
92000
|
Piston
|
80000
|
2
|
160000
|
ring piston
|
60000
|
2
|
120000
|
kabel gas
|
10000
|
5
|
50000
|
kabel kopling
|
10000
|
5
|
50000
|
sokbreker belakang/set
|
500000
|
1
|
500000
|
CDI
|
300000
|
1
|
300000
|
Total
|
1950000
|
Mio
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
25000
|
15
|
375000
|
kampas rem depan cakram
|
35000
|
15
|
525000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
15
|
300000
|
kampas kopling
|
|||
saringan udara
|
10000
|
10
|
100000
|
rantai roda
|
40000
|
15
|
600000
|
rantai keteng
|
30000
|
8
|
240000
|
Piston
|
80000
|
5
|
400000
|
ring piston
|
40000
|
5
|
200000
|
kabel gas
|
15000
|
15
|
225000
|
kabel rem/ kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
5
|
1250000
|
CDI
|
275000
|
5
|
1375000
|
Total
|
5590000
|
SUZUKI
Smash
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
17000
|
10
|
170000
|
kampas rem depan cakram
|
25000
|
10
|
250000
|
kampas rem belakang
|
17000
|
10
|
170000
|
kampas kopling
|
21000
|
10
|
210000
|
saringan udara
|
10200
|
5
|
51000
|
rantai roda
|
20700
|
10
|
207000
|
rantai keteng
|
33500
|
4
|
134000
|
Piston
|
58000
|
5
|
290000
|
ring piston
|
23500
|
5
|
117500
|
kabel gas
|
10000
|
15
|
150000
|
kabel kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
4
|
1000000
|
CDI
|
300000
|
4
|
1200000
|
Total
|
3949500
|
Shogun
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
||||
kampas rem depan
|
20000
|
10
|
200000
|
||||
kampas rem depan cakram
|
25000
|
10
|
250000
|
||||
kampas rem belakang
|
20000
|
10
|
200000
|
||||
kampas kopling
|
30000
|
10
|
300000
|
||||
saringan udara
|
15000
|
5
|
75000
|
||||
rantai roda
|
24000
|
10
|
240000
|
||||
rantai keteng
|
29500
|
4
|
118000
|
||||
Piston
|
60000
|
5
|
300000
|
||||
ring piston
|
35000
|
5
|
175000
|
||||
kabel gas
|
10000
|
15
|
150000
|
||||
kabel kopling
|
|||||||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
4
|
1000000
|
||||
CDI
|
300000
|
4
|
1200000
|
||||
Total
|
4208000
|
||||||
Thunder
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
||||
kampas rem depan
|
70000
|
4
|
280000
|
||||
kampas rem depan cakram
|
40000
|
4
|
160000
|
||||
kampas rem belakang
|
21500
|
4
|
86000
|
||||
kampas kopling
|
79800
|
4
|
319200
|
||||
saringan udara
|
37500
|
4
|
150000
|
||||
rantai roda
|
100000
|
4
|
400000
|
||||
rantai keteng
|
300000
|
2
|
600000
|
||||
Piston
|
200000
|
2
|
400000
|
||||
ring piston
|
67500
|
2
|
135000
|
||||
kabel gas
|
28000
|
5
|
140000
|
||||
kabel kopling
|
19000
|
5
|
95000
|
||||
sokbreker belakang/set
|
350000
|
1
|
350000
|
||||
CDI
|
40000
|
1
|
40000
|
||||
Total
|
3155200
|
||||||
Spin
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
25000
|
5
|
125000
|
kampas rem depan cakram
|
35000
|
5
|
175000
|
kampas rem belakang
|
20000
|
5
|
100000
|
kampas kopling
|
|||
saringan udara
|
10000
|
3
|
30000
|
rantai roda
|
40000
|
3
|
120000
|
rantai keteng
|
30000
|
3
|
90000
|
Piston
|
80000
|
3
|
240000
|
ring piston
|
40000
|
3
|
120000
|
kabel gas
|
15000
|
5
|
75000
|
kabel rem/ kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
1
|
250000
|
CDI
|
275000
|
1
|
275000
|
Total
|
1600000
|
KAWASAKI
Kawasaki ZX
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
kampas rem depan
|
18000
|
5
|
90000
|
kampas rem depan cakram
|
25000
|
5
|
125000
|
kampas rem belakang
|
18000
|
5
|
90000
|
kampas kopling
|
20000
|
5
|
100000
|
saringan udara
|
10000
|
3
|
30000
|
rantai roda
|
20000
|
5
|
100000
|
rantai keteng
|
30000
|
2
|
60000
|
Piston
|
50000
|
3
|
150000
|
ring piston
|
35000
|
3
|
105000
|
kabel gas
|
10000
|
10
|
100000
|
kabel kopling
|
|||
sokbreker belakang/set
|
250000
|
2
|
500000
|
CDI
|
300000
|
2
|
600000
|
Total
|
2050000
|
Lain-Lain
Nama
|
Harga Satuan
|
Inventory
|
Total Biaya
|
bohlam lampu depan
|
30000
|
10
|
300000
|
bohlam lampu belakang
|
12000
|
10
|
120000
|
bohlam lampu sein
|
10000
|
10
|
100000
|
bohlam lampu indicator
|
80000
|
10
|
800000
|
oli mesran prima
|
27500
|
20
|
550000
|
oli mesran xp
|
30000
|
20
|
600000
|
oli top 1
|
40000
|
20
|
800000
|
oli enduro 4t
|
37500
|
20
|
750000
|
oli agip
|
35000
|
20
|
700000
|
oli shell
|
39000
|
20
|
780000
|
oli yamalube
|
41000
|
20
|
820000
|
oli Castrol
|
42500
|
20
|
850000
|
Total
|
7170000
|
ANALISIS KEUANGAN
Total biaya yang harus dikeluarkan
perusahaan untuk inventori per 10 hari Rp. 61.688.600,- sehingga pengeluaran untuk satu bulan adalah Rp.
246.754.400,-
Dengan keuntungan dari pembelian consumen terhadap spare part yang perusahaan jual per
item barang adalah 20% maka perbulan perusahaan diharapkan akan mendapat
keuntungan sebesar Rp. 49.350.880,-
Biaya service yang akan
diterapkan dalam perusahaan ini adalah Rp. 15.000,- dengan jumlah konsumen 40 motor / hari sehingga dalam 1 bulan ( 25
hari kerja ) akan didapatkan Rp 15.000.000,-
Dari Café,
Diharapkan
pembelian para konsumen yang datang ke café per harinya sebesar Rp. 5.000 x 40 x 25 = Rp. 5.000.000,-
Biaya perawatan
perbulan adalah sebesar Rp. 500.000,-
Pendapatan 1
bulan
Spare part
|
Rp. 295.505.280
|
Café
|
Rp. 5.000.000
|
Jasa service
|
Rp. 15.000.000
|
Jumlah
|
Rp.315.505.280
|
Pengeluaran bulanan
Perawatan
|
Rp. 500.000
|
Administrasi
|
Rp. 850.000
|
spare part
|
Rp.
246.754.400
|
Café
|
Rp. 2.500.000
|
gaji pegawai
|
Rp. 20.000.000
|
listrik, air, gas
|
Rp. 200.000
|
telfon
|
Rp. 400.000
|
Jumlah
|
Rp. 271.204.400
|
Perhitungan:
§
investasi awal = Pendirian,sewa gedung,instalasi +
pengeluaran pada bulan 1
= Rp. 318.174.400,-
§
Pendapatan bulanan = Rp. 315.505.280,-
§
Pengeluaran bulanan = Rp. 271.204.400,-
§
Pengeluaran untuk sewa gedung (per bulan) = Rp. 5.000.000,-
§
Pengeluaran perawatan mesin = Rp. 2.500.000,-
§
Laba bulanan =
Rp. 36.800.880,-
§ Break
Even Point = 318.174.400 /
36.800.880 + 1 bulan
=10 bulan
“Bengkel Motor Banter” merupakan
sebuah usaha yang menawarkan jasa service kendaraan bermotor yang dikhususkan
pada sepeda motor dan juga melayani pembelian spare part dari kendaraan
tersebut.
Dengan modal
usaha Rp. 318.174.400,- yang dapat diperoleh dengan pinjaman bank, dan dengan
penghasilan perbulan Rp. 315.505.280,-, sementara laba bersih perbulannya adalahRp.36.800.880,-,
0 comments:
Post a Comment